Mohon tunggu...
igiovani447gmailcom
igiovani447gmailcom Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

komunikasi organisasi yang sukses study kasus UD.tesco

7 Januari 2025   08:55 Diperbarui: 7 Januari 2025   08:55 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa yang dimaksud komunikasi serta study kasus UD.TESCO:

Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan /berinteraksi satu sama lain baik dalam kehidupan sehari hari di rumah tangga, instansi, masyarakat atau dimana saja manusia berada. Tidak ada manusia yang tidak terlibat dalam komunikasi. Pentingnya komunikasi tidak terbatas pada komunikasi personal tetapi juga dalam tatanan komunikasi organisasi. Dengan adanya komunikasi yang baik, suatu komunikasi dapat berjalan dengan lancar dan berhasil, serta begitu pula sebaliknya. Kurang atau tidak adanya komunikasi dalam suatu organisasi dapat mengakibatkan ketidak lancaran kegiatan organisasi itu sendiri. Dengan demikian, komunikasi dalam setiap organisasi mempunyai peranan sentral. Peneliti mendapatkan informasi tentang masalah komunikasi di UD. Tesco yang dapat dilihat dari sisi atasan terlebih dahulu. Komunikasi vertikal terhambat karena adanya perbedaan persepsi setiap orang. Perbedaan persepsi ini bisa menyebabkan kesalahpahaman sehingga informasi atau pesan yang disampaikan tidak tersampaikan dengan baik

 

Beberapa Presepsi tentang Komunikasi Organisasi:

-Redding dan Sanborn mengatakan bahwa komunikasi organisasi adalah pengirim dan penerimaan informasi dalam organisasi yang kompleks. Yang termasuk dalam bidang ini adalah komunikasi internal, hubungan manusia, hubungan persatuan pengelola, komunikasi downward atau komunikasi dari atasan kepada bawahan, komunikasi upward atau komunikasi dari bawahan kepada atasan, komunikasi horizontal atau komunikasi dari orang yang samatingkat/levelnya dalam organisasi, keterampilan berkomunikasi dan berbicara, mendengarkan, menulis, dan komunikasi evaluasi program.

- Dedy Mulyana menawarkan lingkup kajian komunikasi organisasi sebagai berikut: komunikasi organisasi terjadi dalam suatu jaringan yang lebih besar daripada komunikasi kelompok. Komunikasi organisasi seringkali melibatkan juga komunikasi diadik, dan kadang komunikasi publik. Komunikasi formal adalah komunikasi dalam struktur organisasi yakni komunikasi kebawah, komunikasi ke atas, dan komunikasi horizontal. Sedangkan komunikasi informal tidak bergantung pada struktur organisasi seperti komunikasi antar pekerja, termasuk gosip

Latar belakang dari UD.TESCO:

UD. Tesco beralamat di Jl. Ahmad Yani depan Taman Makam Pahlawan Brawidjaya Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Usaha ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Dimulai dari pemilik yang bernama Bahtiar Abadi atau yang lebih dikenal dengan Bapak Edy. Pak Edy sendiri mulai memasuki dunia garment pada tahun 1989. Dimulai dengan bekerja di konveksi milik pamannya. Pak Edy sebenarnya adalah seorang mahasiswa di salah satu Universitas di Surabaya kala itu. Karena untuk biaya hidup di Surabaya tergolong cukup tinggi, maka Pak Edy ini mencoba untuk mencari pekerjaan sampingan disela-sela waktu perkuliahan yang beliau tempuh.

 

Arah komikasi  dalam UD.TESCO

Arah komunikasi organisasi menurut Muhammad Arni (Fitriyani, 2013) terbagi menjadi dua yaitu sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun