Kemudahan menjadi content creator membuat siapa pun kini memiliki kepercayaan diri untuk menampilkan kreasi digitalnya di ruang siber. Tak peduli apa profesinya di dunia nyata, bisa menuangkan ide maupun ilmunya ke dalam sebuah karya untuk dinikmati orang lain.
Bahkan, bisa sekaligus untuk mempromosikan produk atau mendapat tawaran kerjasama dari brand, yang ujung-ujungnya akan menghasilkan keuntungan. Cukup bermodal smartphone serta internet provider yang stabil serta lancar.
TikTok, Platform Online Pilihan Berjuta Kreator
Untuk membagikan karyanya, content creator selain butuh sambungan internet juga butuh platform online sebagai wadah. TikTok merupakan salah satu platform tersebut, yang kini sedang sangat digemari oleh para pembuat konten di seluruh dunia. Tipikalnya "ramah" untuk semua kalangan, sehingga orang lebih memilihnya untuk mengunggah konten yang dimiliki.
Di TikTok, semua penggunanya memiliki peluang menjadi viral, termasuk bagi yang belum memiliki banyak followers. Video yang diunggah juga tidak harus memiliki kualitas gambar yang bagus, atau teknik pengeditan yang mumpuni. Kuncinya, jika kontenmu ingin dinaikkan oleh TikTok ke dalam FYP (For Your Page), buatlah video yang tidak bertele-tele, namun tetap memiliki nilai informatif atau menghibur. Intinya, harus relate dengan banyak orang.
Tema Kuliner Sangat Berpeluang Menjadi FYP di Tiktok
Video tentang makanan atau kuliner menjadi tema yang banyak dipilih oleh para kreator. Jenisnya bisa bermacam-macam, dari sekadar jajan hingga yang benar-benar digarap serius dengan melibatkan beberapa pihak. Berikut contoh ide konten yang berkaitan dengan makan. Berdasarkan pengalaman, dijamin bisa menjadi FYP TikTok asalkan tidak melupakam kuncinya.
1. Video Unboxing Jajanan
Proses membuka kemasan memang selalu menarik dan memiliki penonton tersendiri.
Misalnya saja, unboxing snack buatan pabrik hingga jajanan pasar yang dikemas secara tradisional, sangat disukai oleh pengguna usia anak-anak hingga dewasa.
2. Video Penjual Menyiapkan atau Membungkus Pesanan
Banyak orang yang betah melihat video semacam ini, karena ada rasa penasaran dan senang.
Terkadang, juga menimbulkan perasaan ingin ikut membeli. Jadilah, selain videonya yang ramai, penjual pun diuntungkan karena mendapat promosi gratis.
3. Video Makan atau Mukbang
Bagi para kreator yang tak canggung di depan kamera, video sedang makan bisa menjadi pilihan yang "mudah" untuk dilakukan.
Penonton pun merasa seolah ikut menikmati, apalagi kalau si kreator ekspresif serta informatif memberikan review makanan yang sedang disantap.
Berkonten Ria di TikTok Tanpa Hambatan Berkat IndiHome
Tak sekadar bisa membuat video, kreator TikTok yang telah memiliki 1000 followers dapat melakukan siaran live ketika melakukan tiga jenis kegiatan di atas. Apa keuntungannya? Tentu saja kalau banyak penontonnya dan banyak yang tertarik, otomatis akan follow. Mereka juga dengan senang hati memberikan like atau gift yang bisa ditukarkan uang.
Didukung sinyal kencang dari IndiHome yang jangkauannya luas ke berbagai penjuru di tanah air, sekarang kreator yang berada di daerah-daerah juga bisa berkonten ria di TikTok tanpa hambatan. Sudah menjadi komitmen Telkom Indonesia sebagai perusahan pemilik IndiHome, terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internet terbaik bagi masyarakat agar mereka bisa terus beraktivitas tanpa batas di dunia digital.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H