*DESAINÂ DEEP LEARNING YANG MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MENGUATKAN LITERASI DAN NUMERASI*
Oleh: IDRIS APANDI
(Praktisi Pendidikan)
Saat ini pembahasan terkait pembelajaran mendalam (deep learning) sedang menjadi trending topic dan hot issue di kalangan pendidik dan tenaga kependidikan. Hal ini tidak lepas dari wacana dan rencana Kemendikdasmen untuk mengimplementasikan deep learning dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.
Deep learning adalah pendekatan pembelajaran yang mengarahkan murid bukan hanya menghapal materi, tetapi juga mampu memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, sampai membuat sebuah produk atau karya melalui pembelajaran kontekstual dengan menggunakan beragam model serta metode yang pembejaran yang relevan. Dengan kata lain, deep learning berorientasi kepada proses pembelajaran yang membangun kemampuan berpikir kritis dan berpikir tingkat tinggi melalui pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik dengan ditopang oleh tiga pilar, yaitu mindful learning (pembelajaran berkesadaran), meaningful (pembelajaran bermakna), dan enjoyful (pembelajaran menyenangkan). Pengalaman belajar yang diharapkan didapatkan oleh murid mulai dari memahami, mengaplikasikan, hingga merefleksikan materi yang telah dipelajarinya.
Untuk melaksanakan proses pembelajaran yang mencerminkan deep learning, hal yang pertama perlu dilakukan oleh guru adalah mendesain pembelajarannya. Oleh karena itu, saya mencoba membuat contoh desain pembelajaran deep learning yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggai menguatkan literasi dan numerasi.
-Contoh Materi:
Buah Jeruk dan Manfaatnya dalam Kehidupan.
-Capaian Pembelajaran:
Murid dapat mengenal dan memahami ciri-ciri, jenis, manfaat buah jeruk dalam kehidupan. Murid dapat mengolah buah jeruk menjadi makanan atau minuman. Murid dapat membuat produk dari tema buah jeruk dan memanfaatkan sampah dari kulit buah jeruk.
-Tujuan Pembelajaran:
1.Murid dapat mengenal ciri-ciri dan bagian-bagian buah jeruk.
2.Murid dapat mengetahui dan membedakan jenis-jenis/nama-nama buah jeruk.
3.Murid dapat menjelaskan kandungan gizi manfaat buah jeruk untuk tubuh.
4.Murid dapat menyebutkan/ memberikan contoh jenis-jenis makanan dan minuman olahan dari buah jeruk.
5.Murid dapat membuat makanan atau minuman olahan dari buah jeruk.
6.Murid dapat membuat produk, kerajinan/ prakarya dengan tema buah jeruk atau sampah kulit buat jeruk.
Murid mengetahui dan mempraktikkan cara menanam jeruk.
-Media:
Gambar/video buah jeruk, model buah jeruk, atau buah jeruk asli.
-Sumber belajar:
Buku, artikel, gambar, video terkait buah jeruk, dan lingkungan sekitar sekolah/ tempat tinggal murid.
-Metode:
Ceramah, tanya jawab, diskusi, observasi, praktik, pemodelan, bermain peran, dan proyek.