Hasil pembelajaran siswa selama satu semester hendaknya dilaporkan oleh guru kepada orang tua. Pelaporan hasil belajar dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar siswa, yang disusun berdasarkan pengolahan hasil belajar selama satu semester. Laporan hasil belajar memuat informasi mengenai perkembangan dan kompetensi yang dicapai peserta didik selama satu semester.Â
Satuan pendidikan membuat laporan hasil belajar dalam bentuk rapot. Laporan ditampilkan dalam bentuk sederhana namun informatif, berupa angka dan deskriptif  dengan melihat rapot yang didapat orang tua mendapat gambaran bagaimana perkembangan dan kompetensi anaknya yang dicapai selama satu semester.Â
Laporan disajikan dalam bentuk data kuantitatif maupun kualitatif. Selain pencapaian hasil belajar, rapot juga memuat informasi lainnya seperti ekskul yang dilakukan siswa, data tinggi badan, kesehatan siswa juga kehadiran selama satu semester.Â
Laporan hasil belajar ini juga dapat disikapi sebagai data untuk dapat ditindaklanjuti oleh guru, peserta didik maupun orang tua. Dengan adanya rapot ini guru, orang tua dan siswa dapat menyusun strategi pembelajaran untuk di semester 2, guru juga dapat mengevaluasi media, metode pembelajaran yang dapat dilakukan nantinya dan memperbaiki kekurang selama di semester sebelumnya.Â
Untuk melengkapi pelaporan ke orang tua, satuan pendidikan dapat juga menambah bentuk laporan lainnya seperti portofolio, diskusi/konferensi, pameran karya dan skill raport. SD Islam Terpadu menyajikan pelaporan hasil belajar siswa tidak hanya bentuk rapot namun juga bentuk pameran hasil belajar. Dalam pelaksanaan pameran hasil belajar, siswa menampilkan hasil belajarnya selama satu semester berupa produk karya yang telah dilakukannya berupa gambar, kerajinan, selain karya terdapat pula portofolio LKPD yang dikerjakan selama satu semester.Â
Semua hasil belajar ditampilkan di stand masing-masing kelas dengan penampilan yang menarik pengunjung ke standnya. Pengunjung yang datang  mulai dari direktur, pengawas, guru baik guru internal maupun diluar Aliya juga terdapat peserta didik lainnya.Â
Saat berkunjung di masing-masing stand terdapat petugas yang berasal dari murid yang menjelaskan semua kegiatan pembelajaran yang dilalui dalam bentuk produk-produk yang dipajang serta penjelasan kegiatan pembelajaran yang dilakukannya. Â
Selain pameran terdapat juga penampilan-penampilan pentas seni yang berupa seni tari, musik yang dilakukannya dalam KBM semster satu kemarin. Pengunjung juga dapat melihat langsung penampilan yang disajikan bersanmaan dengan pameran yang digelar.Â
Dengan adanya pameran hasil belajar ini orang tua mendapat gambaran dan penjelasan langsung atas semua aktivitas pembelajaran yang dilakukan anaknya, selama ini orang tua hanya mendapatkan rapot hasil belajar hanya berupa hasil akhir dan berupa angka dan deskripi singkat saja, namun saat ini orang tua juga turut puas atas laporan hasil belajar yang ditampilkannya. Besar harapan pelaksanaan hasil belajar ini bisa rutin dilakukan di akhir semester sebagai bagian dari bentuk pelaporan ke orang tua.Â
Pameran hasil belajar yang dilakukan anak-anak mulai dari persiapan, maupun pelaksanaannya dapat mengembangkan karakter dan kepribadiannya anak sesuai denga profil pelajar pancasila.Â
Dimensi Gotong royong, mandiri tercermin dari aktivitas yang dilakukan siswa mulai dari persiapan maupun pelaksanaannya. Karna semua siswa yang langsung membuat, maka siswa bahu membahu dan bergotong royong dengan teman-temannya untuk membuat ornamen-ornamen pameran.Â
Kemandirian siswa juga diperlihatkan dengan tidak adanya keterlibatan orang tua dalam menyiapkan pameran hal ini dikarnakan guru ingin siswa merasa memiliki acara ini dengan menyiapkan dan menampilkan langsung karya yang telah dibuatnya.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H