Mohon tunggu...
ida parida
ida parida Mohon Tunggu... Guru - guru

pembelajar, menulis dan menjadi inspirator

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ekstrakulikuler Klub Sains sebagai bentuk Aksi Nyata Calon Guru Penggerak

26 Oktober 2022   18:55 Diperbarui: 26 Oktober 2022   19:43 369
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Latar Belakang 

Ketertarikan siswa di bidang sains dikalangan siswa sangat tinggi namun terkadang pembelajaran sains yang saat ini bernama IPA belum dapat mewadahi secara maksimal untuk siswa yang mempunyai minat dan bakat lebih di bidang sains hal ini karna keterbatasan jam belajar IPA di kelas dan materi IPA yang harus dituntaskan dalam tahun pelajaran sehingga tidak semua konsep dapat dipraktikan atau dibuktikan oleh siswa di kelasnya sehingga untuk siswa yang mempunyai minat dan bakat yang tinggi terhadap ilmu sains menjadi dirasa kurang terpenuhi, untuk itu klub sains hadir sebagai wadah dan fasilitas untuk siswa yang memiliki minat dan bakat lebih dibandingkan teman lainnya terhadap ilmu sains. Tujuan dari ekstrakulikuler klub sains adalah sebagai tempat menyalurkan dan mengembangkan minta dan bakat siswa di bidang sains yang dapat mengasah ketrampilan dan sikap ilmiah siswa. Adanya klub sains ini menjadi solusi bagi siswa yang mengikutin kegiatan ini dampak yang terasa adalah pengetahuan siswa terhadap sains meningkat hal ini juga membawa dampak untuk prestasi sains di KBM sehingga semakin hari minat siswa untuk mengikuti kegiatan klub sains semakin bertambah. Diharapkan kedepannya klub sains mampu bekerjasama denagn pihak-pihak ekskul sejenis sehingga semakin memperkaya kegiatan yang dilaksanakan dan menjadi tempat yang dapat menghasilkan bibit-bibit siswa berprestasi di bidang sains untuk lomba-lomba di tingkat Kota maupun Nasional.

Pembelajaran IPA terdiri dari kompetensi pengetahuan dan ketrampilan, dan untuk memenuhi kompetensi ketrampilan biasanya guru memberikan praktik atas konsep pengetahuan yang didapat siswa agar pengetahuan yang dimiliki didukung dengan siswa melakukan praktik langsung terhadap konsep yang diketahuinya. Banyaknya materi yang disampaikan terkadang tidak semua dapat dipraktikan langsung oleh siswa dalam membuktikan konsep yang dipelajarinya sedangkan praktik yang harus dilakukan sangatlah penting dalam mengasah sikap dan ketrampilan ilmiah siswa hal ini dikarenakan lagi akan sempitnya waktu jika semua praktik dilakukan di KBM regular karna terbatas dengan agenda lain dan materi yang harus dituntaskan. Kondisi yang terbatas ini membuat sebagian siswa yang mempunyai minat dan bakat lebih terhadap ilmu sains menjadi tidak tersalurkan dan tidak terfasilitasi untuk itu diharapkan ada wadah dan tempat siswa mengembangkan minat dan bakatnya terhadap ilmu sains agar semakin bertambah pengetahuan serta terasah sikap dan ketrampilan ilmiahnya. Munculnya klub sains diharapkan mampu menjadi solusi untuk siswa yang mempunyai minat dan bakat lebih dibandingkan teman lainnya dalam ilmu sains dan menjadi wadah siswa memperdalam pengetahuan serta ketrampilan ilmiahnya dibidang sains.

Tujuan 

  • Menjadi wadah siswa yang memiliki minat dan bakat di ilmu sains
  • Mengasah ketrampilan dan sikap ilmiah siswa
  • Memfasilitasi percobaan-percobaan yang tidak bisa dilakukan di KBM regular dapat dilakukan di klub sains
  •  Mengembangkan pengetahuan siswa terhadap ilmu sain

Pelaksanaan Praktik Baik

Pelaksanaan dari kegiatan ektrakulikuler klub sains dilakukan luar jam sekolah karena merupakan kegiatan ektrakulikuler, klub sains merupakan salah satu dari 17 ekstrakulikuler yang ada di SDIT Aliya. Pendirian klub sains ini menjawab keresahan dan ketidakpuasan anak-anak yang memiliki minat dan bakat di pelajaran IPA untuk mengekplorasi ilmu IPA di KBM regular karena keterbatasan waktu dan ketuntasan materi yang harus dilaksanakan, antuasias anak-anak terhadap klub saisn terus bertambah hal ini karena kegiatan yang di lakukan diklub sains menyenangkan untuk anak-anak. Adapun metode pembelajaran yang dilakukan di klub sains ini adalah :

a. metode studi kasus

Metode studi kasus atau case study  dapat digunakan dalam pembelajaran aktif. Metode ini memanfaatkan situasi atau kasus tertentu yang dapat memberikan siswa pembelajaran bermakna dan bermanfaat. Instruktur dapat memberikan sebuah cerita tentang tema atau konsep yang akan akan dipelajari di bidang saisn. Setelah itu, siswa dapat berdiskusi untuk melakukan analisa, sintesisa, dan evaluasi berdasarkan kasus atau masalah yang sedang dipelajari. Kasus yang diangkat adalah yang bersifat kontektual saat ini berkenaan dengan ilmu sains contohnya tentang pemanasan global, kurangnya daerah resapan air, masalah sampah ditinjau dari ilmu sainsnya dan juga kasus yang lainnya

b. Metode demonstrasi

Siswa diberikan kesempatakan untuk bersentuhan langsung dengan materi yang dipelajari kemudian mereka memeperagakannya di depan kelas. Metode pembelajaran ini dapat menunjukkan bagaimana siswa melakukan sesuatu yang kemudian diamati dan dibahas di depan kelas. Metode ini biasanya kolaboratif dengan metode eksperimen setelah siswa membuat suatu alat atau percobaan setelah itu siswa memperagakan alat yang di buatnyadi depan kelas dan hadapan teman-teman lainnya.

c. Metode discovery

Metode discovery mendorong siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan atau konsep baru. Kegiatan ini dilakukan isntruktur memotivasi bagaimana siswa menyimpulkan sendiri konsep atau formula yang sedang dipelajari, yang dilakukan dengan mengarahkan siswa menemukan sendiri konsep yang mereka ketahui, kegiatan ini biasanya dengan cara siswa mengeksplorasi lingkungan sekitar sekolah untuk membuktikan konsep sains yang diketahuinya. Misalnya, Guru pintar meminta siswa mengamati berbagai bentuk pertulangan daun pada tumbuhan yang ada di sekitar sekolah. Kemudian mereka dapat menyimpulkan ada berbagai jenis pertulangan daun pada tumbuhan.

d. Diskusi kelompok

Metode diskusi kelompok merupakan metode yang memungkinkan terjadi interaksi dan saling tukar pendapat, pengalaman, dan informasi. Metode ini juga dilakukan di klub saisn dengan cara biasanya bersamaan dengan metode lainnya misalkan dengan studi kasus ataupun kegiatan pembahasan setelah eksperimen. Karna hamper setiap kegiatan klub sains dilakukan berkelompok.  Metode pembelajaran ini menarik karena dapat mendorong siswa untuk berinteraksi dan saling membantu memahami pendapat berbeda yang mungkin muncul selama kegiatan berlangsung. Selain memahami pelajaran, intruktur juga dapat melatih siswa bagaimana menghargai pendapat orang lain melalui metode diskusi kelompok ini.

e. Tugas proyek

Metode tugas proyek adalah metode pembelajaran yang sangat menantang. Siswa harus melakukan riset, eksperimen, dan tak jarang harus langsung terjun ke lapangan untuk melakukan pengamatan. Metode ini menghendaki siswa untuk menghasilkan sebuah produk tertentu dalam waktu yang telah ditentukan. Siswa dapat melakukan tugas proyek secara kelompok. Kegiatan ini melatih siswa untuk berpikir kritis dan kreatif. Proyek yang dilakukan di klub sains seperti pembuatan alat peraga kerja paru-paru, pembuatan alat peraga kerja kincir air dll.

f. Kunjungan edukasi

Kegiatan ini dengan melakukan fieldtrip ke tempat-tempat yang berkaitan dengan ilmu sasin, kegiatan ini dilakukan di akhir semester seperti kunjungan ke rumah potong hewan, ke pabrik tempe, pabrik kerupuk atau tempat pengembangan tanaman.

 Hasil yang dicapai 

              Hasil yang dicapai dari adanya klub sains ini adalah kegiatan ektrakulikuler ini menjadi kegiatan rutin seminggu sekali yang dilakukan oleh siswa-siswa yang bergabung di klub sains, hal ini karna keberminat anak-anak terhadap ekskul ini sangat tinggi, hal ini dilihat dari siswa yang bergabung semakin bertambah.

Hasil yang dicapai siswa dapat terlihat dari pengetahuan terhadap ilmu sains yang lebih berkembang, siswa yang tergabung dalam klub sains memliki pengetahuan tentang sasin lebih banyak dibandingkan siswa lainnya hal ini diungkapkan oleh para pengajar IPA di kelas dan siswa klub sains lebih terasah ketrampilan dan sikap ilmiahnya mendonrong siswanya bernalar kritis dan berani percaya diri untuk tampil di depan kelas mempresentasikan atau memaparkan hasil tugas yang dikerjakannya.  Untuk anak-anak klub sains juga sering dikirim sebagai duta sekolah untuk lomba-lomba bidang sains di tingkat Kota maupun Nasional. Orang tua yang anaknya tergabung dalam klub sains juga mengatakan hal yang sama bahwa anaknya sekarang menyukai membaca terutama buku tentang ilmu pengetahuan Alam dan ketertarikan pada percobaan-percobaan di klub sains, tidak jarang siswa yang mempraktikan di sekolah kemudian mempraktikan lagi di rumah.

20220202-110925-63591fefa198755aab6cac62.jpg
20220202-110925-63591fefa198755aab6cac62.jpg
cs-34-6359202e29f19e2fbe370053.jpg
cs-34-6359202e29f19e2fbe370053.jpg

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun