**SOSIALISASI LITERASI DIGITAL: MEMANFAATKAN POSTER BARCODE UNTUK PENINGKATAN PENGURUSAN BERKAS DI BALAI DESA KEPUHARUM OLEH KELAS PENGABDIAN MASYARAKAT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG**
*Malang, Jawa Timur - [5 Januari 2024]*
Universitas Muhammadiyah Malang, melalui Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), kembali menyelenggarakan kegiatan inovatif yang bertujuan meningkatkan literasi digital di Desa Kepuharum, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Dalam program ini, kelompok 48 Gelombang 4 PMM mengusung dua judul kegiatan, yaitu "Sosialisasi Literasi Digital Menggunakan Poster Barcode tentang Tata Cara Pengurusan Berkas di Balai Desa Kepuharum" dan "Sosialisasi Pentingnya Memanfaatkan Digital untuk Kemajuan Masyarakat Desa Kepuharum."
Kelompok 48 Gelombang 4 PMM terdiri dari mahasiswa yang penuh semangat dan berkomitmen untuk memberikan dampak positif pada masyarakat Desa Kepuharum:
1. M. Ridho Abidin -
2. M. Aufangga Adis Sanjaya -
3. Ida Melianawati -
4. Laily Dian Sasmita -
5. Tegar Saputri Mega Kusuma -
**DETAIL KEGIATAN:**
*Judul Kegiatan 1: Sosialisasi Literasi Digital Menggunakan Poster Barcode tentang Tata Cara Pengurusan Berkas di Balai Desa Kepuharum*
- **Sasaran:** Seluruh masyarakat Desa Kepuharum.
- **Langkah-langkah Pelaksanaan:**
 1. Melakukan koordinasi bersama kelompok.
 2. Meminta izin kepada pihak desa/perangkat desa.
 3. Meminta izin kepada ketua yayasan dan guru.
 4. Melaksanakan kegiatan sosialisasi literasi digital menggunakan poster barcode tentang tata cara pengurusan berkas di Balai Desa Kepuharum.
**TANTANGAN DAN PEMECAHANNYA:**
*Kendala:*
- Banyak anak-anak yang masih kurang dalam literasi.
- Sulit menentukan jadwal kegiatan.
- Anak-anak terlalu tergantung pada bantuan, mengurangi kemandirian.
- Tempat belajar terkadang tidak kondusif.
- Kesulitan mengatasi anak-anak yang tidak bersemangat belajar.
*Upaya Pemecahan:*
- Meningkatkan pemahaman literasi anak-anak dengan pendekatan yang kreatif.
- Penjadwalan kegiatan yang lebih terstruktur.
- Menggalakkan kegiatan mandiri untuk anak-anak.
- Menyediakan lingkungan belajar yang lebih kondusif.
- Melibatkan metode pembelajaran yang menarik dan partisipatif.
**FAKTOR PENDUKUNG DAN HAMBATAN:**
*Pendukung:*
- Dukungan positif dari orang tua dalam peningkatan kemampuan literasi belajar anak.
Â
*Hambatan:*
- Waktu terbatas untuk kegiatan.
- Sulitnya koordinasi dalam waktu yang singkat.
**HASIL YANG DICAPAI:**
Kegiatan Peningkatan Kemampuan Literasi Belajar Anak mendapatkan sambutan antusias dari orang tua dan anak-anak. Mereka menunjukkan peningkatan motivasi dan semangat belajar, menggambarkan hasil positif dari upaya kelompok 48 Gelombang 4 PMM.
**PENJELASAN LEBIH LANJUT DAN DEDIKASI KE DEPAN:**
Program ini membuka jendela baru dalam literasi digital, mengajak masyarakat Desa Kepuharum untuk memahami dan memanfaatkan teknologi secara lebih efektif. Kelompok 48 Gelombang 4 PMM berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan masyarakat dengan kegiatan yang bermanfaat dan memberdayakan.
*Dengan keberhasilan ini, PMM Universitas Muhammadiyah Malang terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan literasi dan kesejahteraan masyarakat.*
*Informasi lebih lanjut:*
[instagram :@pmm_umm__kepuharum]
### Tentang Universitas Muhammadiyah Malang:
Universitas Muhammadiyah Malang merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berkomitmen pada pengembangan akademik dan sosial di masyarakat.
### Tentang PMM:
Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) adalah inisiatif Universitas Muhammadiyah Malang untuk membantu masyarakat melalui kegiatan nyata yang dilakukan oleh mahasiswa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H