Langkah Mudah Mahir Social Media Marketing Bagi Pelaku UMKM
Social Media Marketing -Â Sadarkah Anda di era digitalisasi seperti saat ini para pelaku usaha di tuntut untuk berjualan secara online?Â
Dewasa ini, social media marketing telah menjadi salah satu cara optimalkan performa UMKM. Social media marketing merupakan jenis marketing yang saat ini banyak digunakan. Mudahnya, marketing jenis ini memanfaatkan media sosial dalam proses pemasarannya.Â
Sudah tidak sedikit perusahaan yang memanfaatkan marketing jenis ini karena lebih efisien dibandingkan dengan pemasaran konvensional.Â
Fenomena social media marketing ini mulai populer disebabkan karena perubahan kebutuhan konsumen. Kembali lagi dimana era digitalisasi ini mulai membawa masyarakat kearah yang lebih modern dan praktis. Tanpa sadar pula, era digitalisasi memaksa pelaku UMKM untuk memanfaatkan media sosial dalam pemasarannya.Â
Mengapa social media marketing kini begitu penting?Â
Lebih dari 3,2 miliar pengguna media sosial dewasa saat ini, membuktikan bahwa media sosial memang memiliki daya tarik tinggi. Adanya strategi social media marketing ini dapat membantu performa usaha Anda menjadi lebih optimal. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi UMKM untuk menerapkan jenis marketing seperti ini.
Selain jauh lebih praktis, social media marketing membantu Anda memahami konsumen dengan lebih mudah. Seperti apa yang mereka butuhkan, mereka minati hingga seperti apa kebiasaan mereka dalam berbelanja.
Namun, bagaimana jika Anda sendiri sebagai pemilik usaha belum memahami cara menerapkan social media marketing?Â
Eitss, tenang.
Anda bisa menerapkan 5 langkah mudah di bawah agar mahir social media marketing:
Pahami aktivitas konsumen di media sosial
Meskipun sudah hampir 4 miliar pengguna media sosial dewasa aktif, setidaknya mereka hanya menghabiskan waktu sekitar 3 jam saja menggunakan media sosial dengan tujuan apapun. Hal inilah yang menyebabkan mengapa UMKM perlu memperhatikan aktivitas konsumennya, memperhatikan waktu-waktu dimana konsumen aktif bermedia sosial. Di waktu tersebut, tidak menutup kemungkinan peluang besar konten social media marketing yang dibuat langsung menjangkau konsumen.Â
Interaksi dengan konsumen
Pengguna media sosial umumnya mengakses akun mereka untuk mencari hiburan dan informasi terbaru yang mereka butuhkan. Terkadang mereka juga kurang reseptif terhadap iklan yang dipaparkan secara langsung. Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa memasarkan disana. Konsumen akan lebih mudah menerima produk jika Anda banyak berinteraksi dengan konten yang menarik.Â
Dengan begitu, Anda bisa saja melakukan pemasaran secara halus dengan sisi yang berbeda dibandingkan dengan secara langsung menawarkan produk. Dan jika interaksi antara pemilik usaha dengan konsumen terbentuk, mendiskusikan kekhawatiran mereka terhadap produk UMKM yang dihasilkan melalui fitur fitur media sosial tidak menjadi hal yang rumit lagi. Â
Tingkatkan visibilitas merek
Melalui social media marketing, meningkatnya visibilitas dan pengakuan merek oleh konsumen tidak lagi hal yang mustahil didapatkan. Namun, konsumen jelas lebih tertarik dengan profil usaha yang jelas dan menarik. Yang tentunya menggambarkan kepribadian merek dan keprofesionalitasan perusahaan. Sehingga pengguna ataupun konsumen yang belum mengenali merek atau perusahaan Anda bisa memahami dengan mudah.
Terapkan word-of-mouth terluas ini dengan baik
Word-Of-Mouth merupakan salah satu media pemasaran yang paling ampuh untuk bisnis apapun termasuk UMKM. Dikarenakan konsumen lebih percaya dan akan memutuskan membeli setelah membaca atau mendengar ulasan dari orang yang telah membeli ataupun dari influencer yang diikuti. Dimedia ini juga konsumen dapat dengan mudah mengulas produk yang telah dibeli dan merekomendasikannya kepada orang lain secara luas.
Perbanyak jenis platform, tipe konsumen berbeda
Di media sosial banyak jenis platform dengan tipe konsumen yang berbeda, yang dengan sedikit analisis dan inovasi marketing, Anda dapat secara strategis mencapai target konsumen yang berbeda di setiap platformnya.
Dibandingkan hanya dengan mempublikasikan konten promosi di media yang sudah umum agar dapat dilihat orang, akankah lebih baik jika platform media sosial ini dimanfaatkan secara maksimal dan menjangkau target pasar yang sesuai dengan maksimal juga.
Anda bisa langsung saja membuat daftar tentang demografis konsumen produk anda yang mencakup jenis kelamin, usia, lokasi, minat, merek yang mereka ikuti, hobi dan lainnya. Semakin rinci, semakin baik.Â
Sehingga, Informasi ini akan memberikan lebih banyak pengetahuan tentang platform mana yang perlu dimaksimalkan guna menyesuaikan dengan konten yang dihasilkan di tiap platform.
Anda bisa belajar social media marketing secara mendalam melalui pelatihan-pelatihan yang saat ini banyak beredar, salah satunya pelatihan khusus social media marketing di AMD Academy yang bekerja sama dengan PT. Arkatama Multi Solusindo dan LSP Teknologi Digital.
Selain mendapatkan pelatihan eksklusif secara online, pelatihan ini juga menyediakan uji kompetensi bersertifikasi BNSP. Wah sangat menarik bukan?
So, jangan sampai ketinggalan ya!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H