Keorganisasian adalah : suatu badan yang di mana di dalamnya terdiri dari beberapa orang yang mempunyai Visi dan Misi yang sama. Atau organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan.
Hidup kita banyak bergantung dan dipengaruhi oleh organisasi, sebab sebagian besar kebutuhan hidup kita dipenuhi melalui organisasi. Tujuan dari organisasi yaitu untuk mencapai suatu target yang ingin dicapai dan bermanfaat bagi anggotanya untuk menambah relasi juga pengalaman di dunia masyarakat.
Baca juga: Too Much Analyzing yang Mengganggu Konstelasi Organisasi
Komponen organisasi:
A. Makro
1.Struktur organisasi, Organisasi formal di masyarakat biasanya terdiri dari Ketua / ketua, bendahara, sekretaris, dan anggota.
2. Lingkungan (Environment)
Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh dalam suatu organisasi. Misalnya budaya sosial, kebijakan, anggaran, regulasi, dan kondisi ekonomi.
3.Strategi organisasi, menyusun program kerja yang akan dilaksanakan selama masa kepemimpinan tersebut secara baik dan terstruktur
4.Budaya organisasi, sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya.Sistem makna bersama ini adalah sekumpulan karakteristik kunci yang dijunjung tinggi oleh organisasi.
Baca juga: Budaya Organisasi Melahirkan Budaya Kreatif
B. Mikro
1. Personil (Man)
Ini adalah elemen paling penting dalam organisasi di mana setiap personel memiliki level dan fungsinya sendiri.
2. Kepemimpinan keorganisasian.
pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang berhasil memimpin anggotanya dan memberikan contoh kepada pemimpin selanjutnya, mampu menghandle
3. Kekuasaan
setiap orang yang sudah bpada pucuk kepemimpinan pada suatu organisasi atau ke pemimpinan lainnya, memiliki kekuasaan yang besar untuk mengatur orang di bawahnya. Sebagian pemimpin harus menggunakan kekuasaan dengan efektif, sehingga mampu menumbuhkan motivasi bawahan untuk bekerja dan melaksanakan tugas dengan lebih baik lagi
Baca juga: Dalam Organisasi, Merekrut Lebih Mudah daripada Memecat
4. Motivasi
organisasi membutuhkan motivasi untuk mengejar target yang ingin dicapai oleh suatu organisasi, baik dari segi prosedur, program, pola, hingga hasil akhir dari pekerjaan organisasi
5. Konflik
Jadi setiap proses pasti ada konflik yang akan menerpa, dan dalam berorganisasi kita diajarkan menyelesaikan masalah bersama dengan tujuan yang telah ditetapkan.
6. Komunikasi
Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan sarana dan prasarana dalam bentuk kelengkapan organisasi, seperti; kantor / bangunan, material, uang, sumber daya manusia, dan lainnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H