Salam dan Bahagia!
Pada modul 2 Pendidikan Guru Penggerak, Calon Guru Penggerak mempelajari materi berkaitan dengan Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid. Modul ini terdiri dari 3 modul yaitu modul 2.1, modul 2.2, dan modul 2.3.
Pada refleksi mingguan kali ini, saya akan merefleksikan proses pembelajaran pada modul 2.1 yaitu tentang Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid. Berikut adalah refleksi modul 2.1 tentang Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid.
1. Fact
Pada awal pembelajaran modul 2.1, Calon Guru Penggerak diminta untuk menyelesaikan soal-soal pada asesmen awal. Kemudian CGP memulai aktivitas modul 2.1 dengan beberapa proses diskusi di dalam mulai dari diri. Kemudian, CGP melanjutkan aktivitas eksplorasi konsep tentang profil, kebutuhan, gaya dan minat belajar murid. Selanjutnya, aktivitas dilanjutkan dengan ruang kolaborasi. Di sini CGP dibagi ke dalam grup dan berdiskusi terkait topik yang dipelajari. Setelah itu, aktivitas dilanjutkan dengan demonstrasi kontekstual, dimana CGP diminta untuk mendemonstrasikan dan mengkontekstualisasikan materi yang telah dipelajari. Kemudian, pada bagian elaborasi pemahaman, CGP diminta untuk mengeksplor dan mengelaborasi kembali pemahaman akan materi yang dipelajari melalui kegiatan video conference dengan fasilitator. Selanjutnya, pada tahap koneksi antar materi, CGP akan menghubungkan keterkaitan materi yang telah dipelajari pada modul sebelumnya dengan materi yang telah dipelajari di modul 2.1. Pada akhirnya, CGP diminta untuk melakukan aksi nyata terkait materi pada modul 2.1 yaitu pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi kebutuhan belajar murid.
2. Feeling
Pada awal mempelajari modul 2.1 ini, saya tidak terlalu asing dikarenakan materi ini sudah saya peroleh dari Program Sekolah Penggerak. Oleh karena itu, saya sangat senang sekali dengan materi pada modul 2.1 ini dikarenakan adanya keterkaitan dengan program sekolah kami.
3. Finding
Adapun dalam proses pembelajaran, saya menemui hal-hal menarik dan bermakna. Hal-hal tersebut antara lain bagaimana kita sebagai CGP harus mampu mempunyai paradigma berpikir yang berhamba pada murid dengan mengidentifikasi, memetakan serta mengaplikasikan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan, minat, gaya, dan profil belajar murid.
4. Future
Kemudian, setelah mempelajari modul 2.1 tentang embelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid, saya berharap dapat mengaplikasikan lebih lanjut dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris di kelas maupun di luar kelas.
Pada akhirnya, melalui refleksi ini, saya berharap dapat merefleksikan dan melakukan tindak lanjut terkait proses pembelajaran yang saya alami dalam Pendidikan Guru Penggerak ini. Sehingga, pada akhirnya saya dapat menjadi salah satu motor penggerak perubahan di lingkungan belajar di sekolah saya.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H