Generasi Z, itulah sebutan yang cocok untuk kita yang lahir di era canggih dimana internet sudah muncul. Di Indonesia sendiri, Internet masuk pada era 90-an dan muncul layanan komersilnya pada tahun 1994. Maka bisa dikatakan Generasi Z di Indonesia adalah mereka yang lahir di tahun 1990-an hingga tahun 2000-an.
Generasi Z yang lahir dikala internet sudah muncul, bisa disebut sebagai generasi yang canggih. Mereka tumbuh di era dimana teknologi berkembang dengan sangat pesat. Generasi canggih ini juga sudah sangat akrab dengan teknologi di kehidupan mereka, misalnya smartphone, computer, layanan pembayaran via internet atau e-wallet dan teknologi penunjang aktivitas keseharian yang lainnya.
Keakraban mereka dengan teknologi tentunya mempunyai banyak sekali peluang untuk diri mereka terutama dalam berkarir. Salah satu peluang yang mereka miliki adalah berkarir dibidang Advertising.
Perkembangan internet saat ini membuat segala hal yang memungkinkan, mengadopsi teknologi tersebut tidak terkecuali dunia periklanan. Dunia periklanan saat ini berkembang sangat dinamis mengikuti jaman, salah satu buktinya dengan adanya iklan-iklan berbasis online.
Kita sering menjumpai iklan-iklan yang muncul saat kita mengunjungi sebuah website. Tidak hanya website bahkan sosial media seperti Instagram dan YouTube juga menjadi sasaran untuk tempat beriklan.
Keberadaan media-media yang tersedia untuk iklan kian banyak, tentunya ini juga berbanding lurus dengan permintaan produksi iklan yang terus ada. Dalam kondisi ini biro iklan memiliki peluang yang sangat besar untuk melayani setiap permintaan yang bermunculan.
Hal ini juga menyebabkan dibutuhkannya man power dalam memproduksi sebuah iklan, disini merupakan letak kesempatan sang "Generasi Canggih" untuk ambil bagian dan berkembang.
Saat ini banyak sekali perusahaan biro iklan di Indonesia, mulai dari yang berskala besar bahkan yang digerakkan secara personal atau mandiri.Â
Dilansir oleh undercover.co.id di Jakarta saja terdapat 60 top agensi iklan, itu hanya yang ngetop saja belum lagi yang tidak tercantum, atau belum lagi yang berada di wilayah luar Jakarta. Dari situ kita bisa melihat peluang yang besar untuk generasi z ini bergerak dibidang advertising.
Selain itu pekerjaan yang terdapat di dunia iklan khususnya di dalam biro iklan bisa dibilang sangat sesuai dengan karakter generasi z ini. Menurut data yang disajikan oleh Mckinsey&Company bahwa generasi z ini memiliki karakter social network, yang dimana generasi ini memang sudah biasa untuk saling terhubung satu sama lain.
Karakter ini sangat cocok ketika mereka menempatkan diri mereka sebagai Account Executive yang juga memiliki peran sangat penting dalam biro iklan. Atau dengan karakter mereka yang mudah bosan atau suka dengan hal baru, ini sangat cocok sekali untuk mereka menempatkan diri merekaa di bagian creative misalnya dalam sebuah biro iklan.
Selain karakter yang dimiliki keunggulan utama generasi z ini untuk bergerak di bidang periklanan adalah kedekatan mereka dengan teknologi. Hal ini sangat mendukung sekali perlembangan sebuah biro iklan, ketik sebuah biro iklan memiliki man power yang mengenal teknologi dengan baik dan bisa beradaptasi maka sudah dapat dipastikan satu dari sekian hal yang diperlukan sebuah biro iklan untuk berkambang sudah terjamin.
Tidak hanya hal-hal diatas yang ada di dunia periklanan, masih banyak sekali peluang-peluang yang bisa dikembangkan. Atau bahkan mungkin kamu mau membuat biro iklan mu sendiri?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H