Mohon tunggu...
Ibrahim Rabbani
Ibrahim Rabbani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Jakarta

PENDIDIKAN SOSIOLOGI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sigmund Freud

18 November 2022   20:03 Diperbarui: 18 November 2022   20:07 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sigmund Freud

Lahir di Freiberg, Moravia, Kekaisaran Austria (saat ini Pbor, Republik Ceko) pada 6 Mei 1856, Sigmund Freud adalah seorang ahli saraf Austria dan bapak psikoanalisis. Dia meninggal di London, Inggris, pada tanggal 23 September 1939. Edisi ke-13 dari Encyclopaedia Britannica menampilkan sebuah artikel oleh Sigmund Freud tentang psikoanalisis. 

Freud mungkin secara sah disebut sebagai legislator intelektual paling penting di generasinya. Perkembangan psikoanalisisnya berfungsi sebagai teori jiwa manusia, pengobatan untuk masalahnya, dan lensa untuk melihat budaya dan masyarakat. 

Meskipun karya Freud telah berulang kali dikritik, dibantah, dan dikualifikasikan, pengaruhnya bertahan lama setelah kematiannya dan di bidang yang tidak terkait erat dengan psikologi. Jika, seperti pendapat sosiolog Amerika Philip Rieff, "manusia psikologis" menggantikan ide-ide awal tentang manusia politik, agama, atau ekonomi sebagai citra diri yang dominan di abad ke-20, itu sebagian besar karena kekuatan visi Freud. dan warisan intelektual yang tampaknya tak ada habisnya yang dia tinggalkan.

Psychoanalytic theory of Sigmund Freud

Sebelum menemukan metode asosiasi bebas satu dekade kemudian, Freud, yang masih bergantung pada pendekatan hipnotis Charcot, tidak sepenuhnya memahami pentingnya pengalaman Breuer.

Teknik inovatif ini diperkenalkan di Studien ber Hysterie, sebuah buku yang ditulis bersama oleh Freud dan Breuer pada tahun 1895. Ini sebagian merupakan perluasan dari teknik penulisan otomatis yang dianjurkan oleh penulis Yahudi Jerman Ludwig Brne seabad sebelumnya dan sebagian hasil dari penelitian klinis Freud sendiri. interaksi dengan histeris lainnya (Studi di Hysteria). 

Teknik ini bekerja dengan mendorong pasien untuk mengungkapkan pemikiran yang tampaknya tidak berhubungan yang muncul di benak secara asosiatif untuk menggali informasi yang sebelumnya tidak terucapkan dari area jiwa yang oleh Freud, mengikuti tradisi panjang, disebut sebagai ketidaksadaran.

Informasi ini biasanya disembunyikan, dilupakan, atau tidak tersedia untuk kontemplasi sadar karena ketidaksesuaiannya dengan ide-ide sadar atau berbenturan dengan yang tidak disadari lainnya. 

Keheningan tiba-tiba, gagap, atau kesulitan lain dengan asosiasi bebas menyarankan kepada Freud pentingnya materi yang sulit diungkapkan serta kekuatan dari apa yang disebutnya pertahanan pasien terhadap ekspresi itu. Freud menyebut penghalang ini sebagai perlawanan, yang perlu diatasi untuk mengungkap ketegangan yang mendasarinya. 

Berlawanan dengan Charcot dan Breuer, Freud sampai pada pendapat bahwa sumber materi penolakan yang paling gigih adalah yang bersifat seksual sebagai hasil dari pekerjaan terapeutiknya dengan histeris wanita. Lebih penting lagi, dia membuat hubungan antara perjuangan antara dorongan atau perasaan seksual dan pertahanan psikis terhadapnya dan etiologi gejala neurotik. 

Dia beralasan untuk meringankan gejala, yang paling baik dipahami sebagai formasi kompromi tanpa disadari antara keinginan dan pertahanan, seseorang harus mampu membawa konflik itu ke kesadaran melalui asosiasi bebas dan kemudian menyelidiki implikasinya.

Toward a general theory of Sigmund Freud

Baik sejarah pelembagaannya yang sulit dan kecenderungan pendirinya untuk mengekstrapolasi penemuan klinisnya menjadi teori umum yang lebih ambisius membantu meragukan psikoanalisis di beberapa kalangan. "Saya sama sekali bukan orang sains," katanya kepada Fliess pada tahun 1900.

"Saya hanyalah seorang penakluk karena watak, seorang petualang." Apa yang disebut metapsikologi Freud segera menjadi dasar bagi berbagai teori tentang fenomena antropologis, artistik, sosial, dan budaya. Metapsikologi dikembangkan dalam serangkaian 12 makalah yang ditulis Freud selama Perang Dunia I, hanya beberapa di antaranya yang diterbitkan selama hidupnya. 

Makalah ini mencakup campuran elemen ekonomi, dinamis, dan topografi yang kompleks dan sering direvisi. Kesimpulan umum mereka diterbitkan dalam dua buku pada tahun 1920-an: Das Ich und das Es dan Jenseits des Lustprinzips (1920; Beyond the Pleasure Principle).

Dalam tulisan-tulisan ini, Freud berusaha untuk menjelaskan bagaimana klasifikasi struktural jiwanya yang kemudian menjadi id, ego, dan superego terkait dengan pembagian topografi pikirannya sebelumnya menjadi alam bawah sadar, prasadar, dan sadar. Kebutuhan pemenuhan yang paling mendasar pada masa bayi, yang dikendalikan oleh keinginan akan kesenangan melalui pelepasan ketegangan dan cathexis energi, digunakan untuk mengidentifikasi id. 

Id dikendalikan oleh apa yang disebut Freud sebagai proses primer yang secara langsung mengekspresikan naluri yang dihasilkan secara somatis. Itu tidak tunduk pada hukum logika apa pun, tidak dibatasi oleh tuntutan kemanfaatan, atau dikendalikan oleh penolakan realitas eksternal. 

Bayi belajar menyesuaikan diri dengan tuntutan realitas melalui pengalaman frustrasi yang tak terhindarkan. Proses sekunder berikutnya mempromosikan perkembangan ego, yang disebut Freud sebagai prinsip realitas berbeda dengan prinsip kesenangan yang mengatur id. 

Untuk menghindari kecemasan yang disebabkan oleh keinginan yang tidak terpenuhi, perlahan-lahan dipelajari di sini bahwa kepuasan perlu ditunda demi kepentingan kelangsungan hidup seseorang. Ego mengembangkan apa yang disebut Freud sebagai mekanisme pertahanan untuk menghadapi konflik semacam itu. 

Yang paling mendasar adalah represi, meskipun Freud juga mengusulkan berbagai macam yang lain, seperti pembentukan reaksi, isolasi, penghancuran, penyangkalan, perpindahan, dan rasionalisasi.

Penyelesaian kompleks Oedipus menyebabkan bagian terakhir dari trikotomi Freud, superego, muncul sebagai hasil dari internalisasi aturan moral masyarakat melalui identifikasi dengan aturan orang tua. Superego, yang hanya sadar sebagian, mengambil sebagian dari kekuatan penghukumannya dari aspek-aspek d yang agresif, yang kemudian diarahkan ke dalam menuju ego dan menghasilkan emosi rasa bersalah. 

Namun, internalisasi norma sosial memainkan peran penting dalam pembentukan superego, dan psikoanalisis dicegah dari mengkonseptualisasikan jiwa dalam istilah yang semata-mata bersifat biologis atau individualistis oleh pengakuan ini.

Selama karirnya, persepsi Freud tentang proses dasar mengalami perubahan yang signifikan. Dia awalnya membandingkan dorongan mempertahankan diri dengan tujuan bertahan hidup dengan dorongan libidinal yang mencari kesenangan seksual. 

Namun, pada tahun 1914, saat meneliti fenomena narsistik, dia mulai memikirkan naluri terakhir hanya sebagai bagian dari yang pertama. Freud mencari pengganti dualistik baru karena dia tidak dapat menerima teori penggerak monistik semacam itu.

Dia sampai pada kesimpulan hipotetis bahwa ada bawaan, dorongan regresif untuk stasis dalam jiwa yang berusaha melepaskan ketegangan hidup yang tak terelakkan. Berbeda dengan insting kehidupan, atau Eros, yang dapat ia gantikan dengan mempertahankan diri, ia menyebut perjuangan untuk beristirahat ini sebagai prinsip Nirvana dan dorongan yang mendasarinya sebagai insting kematian, atau Thanatos.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun