Anthony Giddens lahir pada 18 Januari 1938 di Edmonton, London Utara. Ia lulus dari Universitas Hull pada tahun 1959. Tumbuh di London utara, ia mendukung Tottenham Hotspur dan menulis disertasi berjudul "Olahraga dan Masyarakat di Inggris Kontemporer" sambil belajar untuk gelar master di London School of Economics (LSE).
Dia menerima gelar PhD di Universitas Cambridge pada tahun 1974, dan sejak itu dia telah menerbitkan sekitar satu buku setahun dan telah menulis beberapa karya sosiologis yang paling berpengaruh. Faktanya, sosiologi adalah buku teks pengantar standar untuk banyak perguruan tinggi. Dia memulai karir kerjanya di Universitas Leicester, kemudian menghabiskan bertahun-tahun di Universitas Cambridge, di mana dia mengambil jabatan profesor penuh pada akhir 1980-an.
Baru-baru ini, dia adalah Dekan London School of Economics. Menariknya, pengangkatannya ke LSE bertepatan dengan pemilihan Buruh Baru dan Giddens segera menjadi penasihat pemerintahan Blair. Dia juga terlibat dalam diskusi antara Tony Blair dan Bill Clinton sejak 1997.
Sebagian karena hasil produktifnya, tetapi terutama karena pemahamannya yang tajam tentang hubungan antara struktur sosial yang kuat dan kebebasan bertindak individu, ia telah lama dianggap sebagai sosiolog dan ahli teori sosial terkemuka di Inggris.
Giddens sekarang menjadi rekan tetap di King's College, Cambridge dan profesor kehormatan di London School of Economics. Dia memegang lebih dari selusin gelar kehormatan dan baru-baru ini diangkat menjadi Ksatria Partai Buruh sebagai Baron Giddens dari Southgate.
Theoretical Development
Selama karir akademisnya yang panjang dan berpengaruh, Anthony Giddens telah menerbitkan lebih dari 30 buku dan 200 artikel, esai, dan ulasan. Hampir tak terelakkan, dengan tingkat output ini, ia mencakup berbagai masalah yang sangat luas dan dengan demikian memainkan peran penting dalam beberapa perkembangan terpenting dalam teori sosial modern.
Meskipun ia terutama dikenal sebagai sosiolog, karyanya lebih tepatnya mencakup seluruh disiplin ilmu sosial, termasuk psikologi, linguistik, ekonomi, studi budaya, dan ilmu politik. Dalam pengertian ini, pendekatan interdisiplinernya memungkinkan dia untuk mengomentari berbagai masalah yang sangat luas dan untuk memperkenalkan banyak model teoretis yang membantu menjelaskan aspek-aspek kunci dari pengembangan masyarakat di tingkat lokal, nasional dan global.
Mengenai gaya penulisannya, dapat dikatakan bahwa meskipun beberapa karyanya sangat abstrak dan kompleks, metode penulisannya membumi dan membuat karya-karyanya sangat mudah dipahami.
Meskipun ia telah menulis tentang berbagai subjek yang berbeda, beberapa tema yang berulang dapat diidentifikasi dalam karyanya. Konsepsi yang berlaku dari karyanya adalah bahwa itu secara kasar jatuh ke dalam tiga kategori.
Pertama, apa yang disebut "penyelidikan sosiologis" adalah pemeriksaan ulang terhadap peran sosiologi. Yang kedua, "teori struktural", menganalisis interaksi antara struktur sosial dan kebebasan bertindak masyarakat, yang juga dikenal sebagai "agensi" mereka. Tahap karyanya ini adalah di mana reputasinya sangat baik.
Dia berfokus pada interaksi antara diri dan masyarakat dalam kategori ketiga, yang sebagian besar didasarkan pada analisis tentang bagaimana individu mengembangkan rasa identitas mereka sendiri.
Giddens telah banyak menulis tentang berbagai aspek utama masyarakat selain tiga tahap utama ini, tetapi modernitas dan paradigma politik baru adalah dua bidang paling penting dari teori sosial yang telah disumbangkan oleh karya Giddens untuk membuatnya lebih mudah dipahami. Kelima segi karyanya masing-masing dibahas secara singkat dalam kalimat-kalimat berikut.
Sociological Inquiry & Structuration Theory
Giddens mulai membangun pandangan baru tentang fungsi sosiologi di awal karirnya. Fungsionalisme mendominasi bidang sosiologi pada waktu itu. Lebih khusus lagi, salah satu prinsip mendasar tentang bagaimana masyarakat harus dipelajari masih ditemukan dalam Aturan Metode Sosiologis Emile Durkheim (1895). Giddens, bagaimanapun, menyukai sikap yang agak lebih reflektif dan kritis terhadap apa yang seharusnya dilakukan oleh sosiolog.
Harus disebutkan bahwa ia juga menjunjung tinggi Karl Marx dan Max Weber sebagai dua tokoh pendiri sosiologi utama lainnya. Giddens memilih untuk lebih fokus pada banyak fungsi yang dimainkan kekuasaan selama pertumbuhan masyarakat industri kapitalis sebagai reaksi terhadap cara kekuasaan dikonseptualisasikan oleh ketiga pemikir ini.
Sebelum pertengahan 1970-an, karyanya memiliki sikap yang jauh lebih skeptis terhadap kesenjangan antara sosiologi makro, yang menempatkan fokus pada menggambarkan masyarakat secara luas, istilah kelembagaan, dan sosiologi mikro, yang menekankan pada tingkat yang lebih pribadi. Giddens suka menunjukkan bahwa teori atau model sosiologis yang komprehensif harus menggabungkan kedua pendekatan ini---makro dan mikro. Dia mungkin percaya bahwa mengetahui masyarakat seharusnya tidak terbatas pada upaya untuk menggambarkan gambaran besar. Sebenarnya, seharusnya tidak terbatas pada memeriksa kehidupan sehari-hari orang.
Menurut Giddens, sosiolog harus berusaha untuk memahami dunia sosial baik dari segi struktur utama dan bagaimana mereka kemudian dirasakan dan dimanfaatkan oleh penduduk. Di bidang karyanya ini, aktor sosial dipandang sebagai refleksif dan dapat beradaptasi secara sosial, sebagai lawan dari sepenuhnya dibentuk oleh lingkungan sosial mereka. Dia percaya bahwa sosiolog harus melihat struktur sosial dan individu yang hidup di dalamnya memiliki dampak langsung pada masyarakat.
Pertimbangan Giddens selanjutnya tentang cara yang saling mempengaruhi di mana struktur sosial dan agen masyarakat berinteraksi segera mengikuti dari karya ini tentang metodologi yang tepat untuk sosiologi. Dia terutama prihatin pada sejauh mana orang atau faktor masyarakat yang lebih besar berfungsi sebagai dasar untuk bagaimana masyarakat dibangun dan diubah dalam hal ini. Lebih jauh, dia telah membuat argumen bahwa meskipun jelas bahwa individu tidak memiliki kebebasan penuh untuk berperilaku seperti yang mereka pilih, mereka masih memiliki sejumlah kebebasan untuk melakukannya dengan cara yang mereproduksi dan memodifikasi struktur sosial yang menindas mereka.
Pendekatannya berbeda dari teori sosiologi konvensional dalam hal ini karena, bertentangan dengan apa yang biasanya diasumsikan, orang, bukan institusi besar, adalah kekuatan pendorong di balik perubahan sosial, menurut pandangannya. Dia juga berpendapat bahwa ahli teori sosial harus mengakui bahwa struktur dan agensi adalah komponen dari proses yang sama, yang mungkin lebih signifikan. Dengan kata lain, tidak masuk akal untuk membicarakan yang satu tanpa juga mempertimbangkan yang lain. Untuk meringkas ini, ia merancang frase "struktur dualitas," yang berpendapat bahwa agen membangun masyarakat sementara juga dikendalikan olehnya.
Modernity & Identity Theory
Anthony Giddens merilis dua volume tentang efek perubahan sosial pada awal 1990-an: Modernitas dan Identitas Diri dan Konsekuensi Modernitas. Perbedaan antara masyarakat pra-modern, modern, dan modern-akhir dibahas dalam keduanya. Meskipun dia tidak berpendapat bahwa salah satu dari mereka lebih baik daripada yang lain, dia fokus pada perbedaan antara budaya tradisional, yang juga dia sebut sebagai "pra-modern," dan masyarakat pasca-tradisional, yang juga dia sebut sebagai "modern" atau "modern akhir".
Menurut Giddens, orang-orang yang hidup dalam komunitas tradisional tidak perlu banyak memikirkan atau mempertimbangkan tindakan individu mereka. Alasan mendasar untuk ini adalah karena individu memiliki sedikit pilihan. Akan tetapi, budaya pasca-tradisional secara signifikan kurang menyempit dan memberi orang berbagai kemungkinan yang jauh lebih luas. Oleh karena itu, tindakan individu menuntut jauh lebih banyak pemikiran. Karena ada lebih banyak pilihan yang tersedia, individu harus menjadi jauh lebih refleksif. Lebih dari sebelumnya, kehidupan di akhir peradaban modern dan kontemporer merupakan proyek yang harus diselesaikan.
Giddens melanjutkan dengan menegaskan bahwa individu dalam budaya "pasca-tradisional" telah mulai mengembangkan perspektif yang sangat berbeda dari diri mereka sendiri daripada mereka yang hidup di masa sebelumnya. Saat ini, identitas diri didekati dengan cara yang jauh lebih reaktif, memberi orang kebebasan yang lebih besar untuk memutuskan apa yang ingin mereka lakukan dan ingin menjadi siapa.
Menariknya, dia juga percaya bahwa ini memiliki biaya, terutama mengingat fakta bahwa orang menjadi semakin bergantung pada "sistem pakar", di mana pengetahuan dipegang oleh orang-orang dan organisasi yang biasanya beroperasi terpisah dari kebanyakan orang tetapi masih memiliki pengaruh yang signifikan atas mereka.
Dia mengakui bahwa budaya yang lebih tua mungkin lebih penuh dengan ketidakadilan dan ketidaksetaraan sosial, tetapi mereka juga mungkin memiliki rasa percaya diri yang lebih besar tentang posisi seseorang dalam hierarki sosial. Giddens berpendapat bahwa kebebasan masyarakat pasca-tradisional datang dengan tekanan yang meningkat dan apa yang dia sebut sebagai "ketidakpastian yang dibuat-buat".
Contemporary Politics & Social Justice
Periode akhir/modernitas tinggi telah memungkinkan munculnya apa yang dia sebut sebagai "ekonomi pasca kelangkaan", di mana sebagian besar kebutuhan dasar kelangsungan hidup orang disediakan, di samping transformasi mendalam tentang bagaimana individu mengkonseptualisasikan identitas mereka sendiri. . Masyarakat umum kemudian dapat berkonsentrasi pada pembebasan dan pertumbuhan gerakan sosial baru sebagai akibat dari ini.
Dengan demikian Giddens agak berharap tentang struktur sosial dalam masyarakat semacam ini, sebagian karena dia berpikir bahwa apa yang dia sebut "jalan ketiga", yang tidak bergantung pada ideologi sayap kiri atau kanan konvensional, membantu dalam pembentukan sebuah struktur sosial yang lebih adil dan demokratis. Dia berpikir bahwa kapitalisme adalah satu-satunya alternatif yang layak dan komunisme adalah sesuatu dari masa lalu. Namun, perbedaan sosial modern lebih didorong oleh keputusan gaya hidup individu daripada oleh kelas historis. Ini menyiratkan bahwa kita sekarang memiliki lebih banyak ruang untuk bermanuver.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H