Menurut Robbins (1994) organisasi ialah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja untuk mencapai suatu tujuan bersama.Â
Menurut James D. Mooney pengertian organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mewujudkan tujuan bersama. Organisasi juga merupakan sebuah wadah untuk mencapai tujuan. Ada beberapa ciri-ciri organisasi, diantaranya:
1. Adanya komponen (atasan dan bawahan), yang dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu: komponen makro dan komponen mikro.
komponen makro meliputi: struktur organisasi, lingkungan organisasi, strategi organisasi, budaya  organisasi. Komponen makro meliputi: perilaku individu,  motivasi, kepemimpinan, kekuasaan, konflik, komunikasi.
2. Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
3. Adanya tujuan, suatu organisasi pasti memiliki tujuan bersama yang akan dicapai. Tujuan dalam berorganisasi juga tidak hanya tujuan untuk kepentingan individu, akan tetapi tujuan bersama. Tujuan Organisasi biasanya juga bukan hanya satu, tujuannya akan terstruktur seperti dilakukan pembagian lagi, yaitu: jangka pendek (tujuan operasional) yang akan menjadi acuan tujuan lainnya, jangka menengah yang waktu pencapaiannya sekitar 1-3 tahun, jangka panjang yang periode waktunya 3-5 tahun.
4. Adanya sasaran, mampu berkontribusi bagi semua orang atau masyarakat.
5. Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
6. Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
Bentuk-bentuk organisasi:
-organisasi politik
-organisasi sosial
-organisasi mahasiswa
-organisasi olahraga
-organisasi sekolah
-organisasi negara
-organisasi pemuda
-organisasi agama
FUNGSI ORGANISASI
1. Planning(perencanaan), dalam hal ini ada beberapa faktor yang harus digaris bawahi yaitu harus SMART (Spesifik, Measurable, Achievable, Realistic, Time).
2. Organizing, untuk mencapai tujuan dibutuhkan pengorganisasian dalam bentuk organisasi yang tiap jabatannya memiliki tugas, tanggung jawab, wewenang dan uraian jabatan (job deskription). Dengan pembagian ini tugas akan menjadi lebih ringan.
3. Actuating, perencanaan dan pengorganisasian harus diikuti dengan pelaksanaan kerja. bekerja keras dan optimal agar hasil sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. setiap orang yang berada dalam organisasi melaksanakan tugas, fungsi, peran, keahlian, dan kompetensi masing-masing agar optimal.
4. Controlling, pengontrolan dibutuhkan dalam sebuah pekerjaan agar pelaksanaan sesuai dengan visi, misi, dan program kerja yang sudah direncanakan.
MANFAAT ORGANISASI
1. Memudahkan tercapainya tujuan bersama
2. Melatih mental seseorang agar lebih baik
3. Memudahkan pemecahan masalah
4. Melatih kepemimpinan seseorang
5. Pergaulan menjadi lebih luas
6. Menambah wawasan
7. Membentuk karakter
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H