Mohon tunggu...
Ibnu Sudarmadi
Ibnu Sudarmadi Mohon Tunggu... Guru - Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMK Negeri 7 Sijunjung

Saya sebagai guru mendukung program literasi dengan mengembangkan diri untuk menulis artikel dan buku terkait dengan pelajaran yang saya ajarkan di sekolah, saya juga gemar dalam berdiskusi dan bertukar pendapat dengan orang lain serta berbagi wawasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Motivasi Belajar Siswa dengan Metode Discovery Learning

5 Juli 2023   07:33 Diperbarui: 5 Juli 2023   07:40 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KIAT MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING By Ibnu Sudarmadi, S.T, M.Kom (Guru SMKN 7 Sijunjung) 04 Juni 2023

Siswa ke sekolah memiliki alasan yang berbeda beda, ada yang semangat ke sekolah untuk menambah ilmu pengetahuan untuk bekal hidup di masa depan, namun tidak semua siswa yang ke sekolah dengan semangat seperti itu, banyak juga siswa ke sekolah hanya sekedar ingin bermain main dengan teman sebayanya, karena ketika di rumah dia tidak punya teman dan tidak ada pekerjaan, dan ada juga siswa yang berangkat sekolah karena paksaan orang tua yang menginginkan anaknya tetap sekolah agar tidak mengganggungnya dalam bekerja, dan yang lebih parah lagi ada siswa yang ke sekolah karena ingin menganggu teman yang lainnya, hal ini karena sifatnya memang suka jahil pada teman temannya.

Siswa dengan tingkatan berbeda, akan memiliki permasalahan yang berbeda juga, permasalahan pada anak sekolah dasar tidak bisa disamakan dengan siswa sekolah menengah pertama, dan berbeda lagi dengan siswa yang sudah berada di tingkat sekolah menengah atas, siswa sekolah menengah atas bisa kita golongkan pada remaja, dan tentu masalah yang ada pada siswa sekolah menengah atas dapat kita kategorikan pada permasalahan anak remaja, remaja memiliki permasalahan diantaranya adalah :

  • Memiliki kecenderungan ketertarikan pada lawan jenis yang sudah berkembang.
  • Keinginan untuk bebas dari aturan aturan yang mengikatnya.
  •  Tidak suka dengan kalimat kalimat perintah atas dirinya
  • Lebih suka dengan arahan dibandingkan dengan perintah
  • Cenderung suka dengan pujian atas diri dan tingkah lakunya
  • Suka dengan hal hal yang bersifat kompetisi

Dengan hal hal tersebut di atas, bisa menjadi pertimbangan dalam menyajikan pembelajaran di kelas.

Pada Era pendidikan sebelum pembelakukan kurikulum baru (Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka), bisa kita lihat, sebagian permasalahan guru mengajar di kelas diantaranya adalah :

  • Guru menerangkan dengan menggunakan metode ceramah untuk waktu yang lama
  • Guru memerintah siswa untuk mencatat di buku pelajarannya mengikuti siswa lainnya yang mencatat di depan berdasarkan buku paket pelajaran
  • Guru sebagai satu satunya sumber belajar pada materi yang diajarnya
  • Guru sebagai pusat pembelajaran di kelas
  • Guru mendominasi seluruh pembelajaran di kelas
  • Guru kurang mempersiapkan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan di kelas
  • Tidak ada rencana tertulis yang baik pada proses belajar mengajar yang akan dilakukan di kelas

Permasalahan di atas memang tidak terjadi pada semua guru, akan tetapi hal tersebut baik untuk menjadi pertimbangan kita ketika kita akan mengajar di kelas, sebagai guru maka sudah seharusnya memanajemen dengan baik proses belajar mengajar di kelas agar bisa tercapai tujuan pembelajaran.

Dikutip dari hasil PTK Ibnu dengan judul Upaya Meningkatkan Kemampuan Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Kelas XI TKJ Dengan Metode Discovery Di Smk Negeri 7 Sijunjung Tahun 2022, Metode pembelajaran discovery (penemuan) adalah metode mengajar yang mengatur pengajaran sedemikian rupa sehingga anak memperoleh pengetahuan yang sebelumnya belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan, sebagian atau seluruhnya ditemukan sendiri. Dalam pembelajaran discovery (penemuan) kegiatan atau pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga siswa dapat menemukan konsep-konsep dan prinsip-prinsip melalui proses mentalnya sendiri. Dalam menemukan konsep, siswa melakukan pengamatan, menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan, menarik kesimpulan dan sebagainya untuk menemukan beberapa konsep atau prinsip.

Dan sesuai juga dengan hasil PTK Ibnu dengan judul Upaya Meningkatkan Kemampuan Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Kelas XI TKJ Dengan Metode Discovery Di Smk Negeri 7 Sijunjung Tahun 2022 Metode Discovery diartikan sebagai prosedur mengajar yang mementingkan pengajaran perseorang, memanipulasi objek sebelum sampai pada generalisasi. Sedangkan Bruner (dalam Herdian)  menyatakan bahwa anak harus berperan aktif didalam belajar. Lebih lanjut dinyatakan, aktivitas itu perlu dilaksanakan melalui suatu cara yang disebut discovery. Discovery yang dilaksanakan siswa dalam proses belajarnya, diarahkan untuk menemukan suatu konsep atau prinsip.

Langkah-Langkah Pelaksanaan Model Pembelajaran Discovery Learning yang diungkap oleh Ibnu pada hasil PTK dengan judul Upaya Meningkatkan Kemampuan Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Kelas XI TKJ Dengan Metode Discovery Di Smk Negeri 7 Sijunjung Tahun 2022.

  • Menentukan tujuan pembelajaran yang diambil dari capaian pembelajaran
  • Melakukan identifikasi karakteristik siswa (kemampuan awal, minat, gaya belajar, dan sebagainya)
  • Menganalisa kemampuan awal siswa dan karakter siswa serta gaya belajar
  • Menyesuaikan materi pembelajarn dengan tujuan pembelajaran dan kemampuan awal
  • Mengeneralisasikan topik sesuai materi pembelajaran
  • Membuat berbagai media pembelajaran dari bahan ajar untuk memandu siswa dalam belajar secara mandiri
  • Dari materi yang sederhana menjadi materi yang komplek dan dari konkrek ke abstak
  • Kemudian yang terakhir kita lakukan assesmen pada proses dan hasil belajar sisw

Dan untuk melaksanakannya dilakukan beberapa langkah sebagai berikut :

a. Stimulation

Siswa akan diberi stimulasi agar menimbulkan rasa penasaran pada hal yang akan dipelajari, sehingga siswa akan berantusias memperhatikan betul untuk menjawab rasa penasarannya

b. Problem statement

Kemudian guru dan siswa melakukan identifikasi masalah terhadap materi yang ada, guru memberikan kesempatan untuk menganalisa permasalahan yang ada

c. Data collection

Kemudian pada tahap ini, siswa berexplorasi mengumpulkan data yang dipelajarinya, untuk menghasilkan sebuah kesimpulan kesimpullan semetara

d. Data Processing

Dari data yang didapat, maka ini akan diolah dan diproses yang kemudian akan menghasilkan sebuah informasi dalam bentuk suatu pengetahuan,.

e. Verification

Setelah kesimpulan didapat maka untuk memastikan bahwa kesimpulan ini tidak salah atau meleset maka dilakukan pembuktian atas kesimpulan tersebut, jika sudah benar dan dikuatkan oleh guru maka itu menjadi suatu ilmu pengetahuan yang harus diingat oleh siswa.

Berdasarkan hasil penerapan yang telah dilaksanakan oleh ibnu pada PTK ynag berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Kelas XI TKJ Dengan Metode Discovery Di SMK Negeri 7 Sijunjung dapat di simpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran produktif TKJ materi Administrasi Sistem Jaringan melalui metode discovery Learning di SMK Negeri 7 sijunjung ternyata dapat ditingkatkan”

Adapun kesimpulan khusus dapat dipaparkan sebagai berikut :

  • Perencanaan pelaksanaan pembelajaran Produktif materi Administrasi Sistem Jaringan melalui metode discovery learning di kelas XI SMK N 7 SIJUNJUNG dapat ditingkatkan yang ditunjukkan dengan hasil penilaian yang dilakukan oleh guru mitra yaitu pada siklus I sebesr 78,72 dan setelah siklus II meningkat menjadi 97,76
  • Pelaksanaan pembelajaran materi Administrasi Sistem Jaringan melalui metode discovery pada pembelajaran  Produktif di kelas XI SMK N 7 SIJUNJUNG dapat ditingkatkan yaitu pada siklus I dengan nilai 75 dan setelah melalui perbaikan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 95
  • Penerapan  metode  discovery  learning  pada  pembelajaran  Produktif  materi Administrasi Sistem Jaringan di kelas XI SMK N 7 SIJUNJUNG dapat meningkatkan hasil belajar 65,55 pada siklus I dan  setelah perbaikan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 75,55. Maka terjadi peningkatkan hasil belajar sebesar 10 %.

Untuk kedepannya, hal hal yang perlu diperhatikan ketika mengajar di kelas sebaiknya :

  • Metode discovery learning baik untuk diterapkan pada setiap materi pembelajaran sehingga siswa mampu meningkatkan pemahaman dan mengerti akan fungsi daun bagi kehidupan sehari hari
  • Perlu adanya upaya untuk mengembangkan metode pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran agar siswa lebih tertarik dan terangsang sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun