Mohon tunggu...
Ibnu Sudarmadi
Ibnu Sudarmadi Mohon Tunggu... Guru - Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMK Negeri 7 Sijunjung

Saya sebagai guru mendukung program literasi dengan mengembangkan diri untuk menulis artikel dan buku terkait dengan pelajaran yang saya ajarkan di sekolah, saya juga gemar dalam berdiskusi dan bertukar pendapat dengan orang lain serta berbagi wawasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

The Power of Canva

5 Juli 2023   05:42 Diperbarui: 5 Juli 2023   07:57 343
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

The Power  of Canva For Learning

By Ibnu Sudarmadi, S.T, M.Kom (SMKN 7 Sijunjung) 30 Juni 2023

Canva merupakan program atau aplikasi desain yang di luncurkan oleh perusahaan internasional yaitu google pada tahun 2013 yang kemudian banyak digunakan oleh para desainer karena memiliki berbagai kelebihan diantaranya adalah :

  • Mudah dalam penggunannya, sehingga pemula pun bisa menggunakan aplikasi ini
  • Menyediakan banyak template dari berbagai sumber yang bisa diakses dengan mudah
  • Memiliki kapasitas penyimpanan yang sangan besar karena tidak terbatas dengan besarnya memori handphone atau komputer kita karena diakses secara online.
  • Dapat melanjutkan desain kita dari manapun dan kapanpun tanpa harus menggunakan perangkat yang sama ketika kita mendesain dan tanpa harus memindahkan hasil desain yang pertama karena semua proses pembuatan desain tersimpan secara online
  • Seluruh dokumen desain yang kita upload bisa kita gunakan untuk desain lainnya tanpa harus mengupload ulang bahan tersebut.

Canva memiliki juga meyediakan berbagai template yang bisa kita gunakan untuk desain pada media social popular saat ini yaitu facebook dan Instagram, dimana ukuran layar dan pixelnya sudah sesuai dengan tampilan pada facebook dan Instagram, kita bisa membuatnya portrait atau landscape.

Kemudahan canva dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, hal itu dapat kita lihat banyak penjual online yang memanfaatkan canva untuk membuat iklan yang bisa tayang di media social dengan ukuran yang tepat, tidak perlu harus belajar seni bertahun tahun, tidak harus kuliah di desain grafis yang menghabiskan biaya banyak, cukup dengan meluangkan waktu 1 atau 2 jam untuk membaca buku canva ini maka kita bisa membuat desain layaknya seorang professional di bidang desain.

Canva juga banyak disukai oleh mahasiswa yang aktif dalam kegiatan, canva memudahkan mahasiswa untuk membuat berbagai iklan untuk merekrut mahasiswa lain agar mengikuti kegiatannya, misalnya kegiatan pentas seni, tampilan musik, konser, perlombaan, seminar, wokshop dan kegiatan lainnya, dengan canva tidak perlu meminta pada desainer untuk membuatkan berbagai media iklan untuk memberi tahu publik.

      Sekolah saat ini juga banyak mengajarkan siswanya menggunakan canva, tidak hanya sekolah yang memiliki jurusan Desain saja, bahkan sekolah menengah umum non kejuruan juga memberikan jam tambahan untuk belajar canva, karena canva mampu untuk membantu banyak hal bagi berbagai kegiatan siswa, dengan canva siswa dapat lebih mandiri untuk membuat berbagai desain menarik, mereka bisa bekerja sama untuk membuat desain dan setelah lulus pun siswa yang tidak mampu untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi telah  memiliki modal skill siap pakai untuk bekerja di dunia advertising.

Advertising merupakan usaha untuk mencoba menarik perhatikan public atas produk yang kita tawarkan, sehingga opini publik dapat terarah pada produk terebut, dan hal ini dilakukan dengan berbagai upaya, tidak hanya sekedar menyampaikan dengan kata kata, akan tetapi supaya lebih menarik dan menjangkau banyak orang, berbagai media dimanfaatkan dengan se optimal mungkin agar pesan yang disampaikan bisa ditangkap oleh publik, bahkan dibuat semenarik mungkin agar publik penasaran dan ingin segera mencoba pesan yang disampaikan tersebut.

Media yang digunakan pada Advertising merupakan media yang dapat menjangkau banyak orang, media tersebut diatanranya adalah :

  • Televsi
  • Radio
  • Internet
  • Majalah
  • Koran
  • Buku

Media media tersebut memiliki daya tarik dan jangkauan tersendiri, dan untuk membagikan informasi ke publik diperlukan media yang mampu menjangkau publik yang banyak.

            Selain media faktor penting lainnya adalah konten dari pesan yang akan kita sampaikan pada media tersebut, dengan konten yang menarik maka media advertising bisa lebih baik lagi, kriteria konten menarik sesuai dengan jenis konten tersebut, jenis konten terdiri dari :

  • Konten dalam bentuk Video
  • Konten dalam bentuk Audio
  • Konten dalam bentuk Teks
  • Kontek dalam bentuk Gambar
  • Konten dalam bentuk gabunan Audio, Video, Teks, Gambar.

Krtiteria penting  untuk membuat konten video yang menarik :

  • Tema yang dipilih harus menarik perhatikan publik, yang sedang viral dan sedang digemari banyak orang terutama sasaran dari pesan yang akan kita sampaikan, misal produk yang kita pasarkan adalah obat rematik, maka sasaran kita tentu orang dewasa, maka kita harus tahu tema apa yang sekarang disenangi oleh orang dewasa, misal tema tentang olah raga, maka kita bisa mengambil tema tentang olah raga, namun jika sasaran kita remaja, kita juga harus mengetahui tema apa yang sedang digemari oleh remaja, misal tema yang sedang digemari remaja adalah tentang remaja yang berpenampilan sederhana, maka kita bisa mengambil tema tentang kesederharaan hidup seorang remaja.


  • Durasi Video yang sesuai

Durasi atau lamanya video tampil pada media menjadi faktor penting untuk sebuah iklan dalam bentuk Video, kesalahan dalam menentukan durasi akan berakibat fatal pada video yang kita buat, jika kita ingin tampil video kita di internet maka kita juga harus memilih media sosial yang mana yang kita pilih, misal video akan kita unggah di tiktok, maka durasi video pada tiktok durasinya lebih pendek, jika kepanjangan maka pengguna tiktok akan bosan dan lansung di skip, dan ini berbeda jika kita ingin mengunggah video kita di Youtube, pada situs ini video yang kita unggah bisa dengan durasi yang lebih lama, namun saat ini juga Youtube menyediakan video dengan durasi pendek juga yang kita kenal dengan short video.

  • Kualitas Gambar pada Video

Kualitas Gambar pada Video dapat kita lihat pada kejernihan tampilan dari video tersebut, detail dari gambar akan terlihat jika video tersebut memiliki kualitas yang bagus, dan ketika kita zoom out atau kita perbesar maka video tetap akan menampilkan video yang bagus, akan tetapi jika kualitas video kurang bagus maka video akan pecah pecah dan tidak jelas gambar yang ditampilkannya, dan terkadang juga pencahayaannya kurang bagus sejingga gambar terlihat gelap.

  • Resolusi

Penyesuaian resolusi pada video harus disesuaikan juga pada media yang akan kita gunakan, misal video akan kita tampilkan di facebook maka resolusinya sebaiknya

  • 1280x720 Pixel dengan rasio 16:9 (Full Landscape),
  • 9:16 (Full Potrait), 2:3 (Potrait)
  • 4:5 (vertical)
  • 1:1 (square)

Sedangkan untuk Instagram kita bisa menggunakan resolusi

  • Square Video 600 x 600 Pixels (aspek ratio 1:1)
  • Horizontal Video 600 x 315 Pixels (aspek ratio 1.9:1)
  • Vertical Video 600 x 750 Pixels (aspek ratio 4:5)

Untuk Twitter resolusi yang dapat kita rekomendasikan agar sesuai dengan aplikasinya pada mode Vertikal adalah :

  • Untuk 256.000 bitrate maka dapat menggunakan resolusi 240x240 Pixel
  • Untuk 786.000 bitrate maka dapat menggunakan resolusi 480x480 Pixel
  • Untuk 2048.000 bitrate maka dapat menggunakan resolusi 640x640 Pixel

Untuk mode Horizontal adalah :

  • Untuk 256.000 bitrate maka dapat menggunakan resolusi 320x180 Pixel
  • Untuk 786.000 bitrate maka dapat menggunakan resolusi 640x360 Pixel
  • Untuk 2048.000 bitrate maka dapat menggunakan resolusi 1280x720 Pixel
  • Video Harus Informatif dan Menghibur

Kita pasti sering melihat video iklan lucu yang dibuat untuk menawarkan produk, seperti iklan Om Jin yang dulu pernah viral yang mengiklankan suatu produk tertentu, dan iklan iklan lainnya yang membuat kita tertawa akan lebih berkesan dan menarik untuk ditonton, bahkan penonton tidak hanya sekedar mau menonton sampai habis tapi mau menontonnya berulang ulang karena kelucuan dari video tersebut.

  • Perhatikan Angle dan Komposisi Video

Angle pada pengambilan gambar adalah sudut pengambilan gambar, hal ini harus diperhatikan betul

canva-64a4bef9e1a16775477b1d43.png
canva-64a4bef9e1a16775477b1d43.png

By Ibnu Sudarmadi, S.T, M.Kom (SMK Negeri 7 Sijunjung)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun