Mohon tunggu...
Ibnu Jamaludin
Ibnu Jamaludin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Perkenalkan nama saya Ibnu Jamaludin, dan hobby saya memancing

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Hakikat Perkembangan Peserta Didik

14 Juli 2024   10:26 Diperbarui: 14 Juli 2024   10:28 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

    Pendidikan merupakan proses yang tak terpisahkan dari perkembangan manusia. Dalam upaya mencapai tujuan pendidikan yang optimal, pemahaman mendalam tentang hakikat perkembangan peserta didik menjadi kunci utama bagi para pendidik dan pemangku kepentingan pendidikan. 

Konsep ini telah menjadi fokus kajian para ahli psikologi dan pendidikan sejak awal abad ke-20, dengan tokoh-tokoh seperti Jean Piaget, Lev Vygotsky, dan Erik Erikson memberikan kontribusi signifikan dalam pemahaman kita tentang bagaimana manusia berkembang dan belajar.
1. Definisi Perkembangan Peserta Didik

Perkembangan peserta didik dapat didefinisikan sebagai proses perubahan progresif yang terjadi sebagai hasil dari proses kematangan dan pengalaman. Proses ini meliputi aspek-aspek berikut:

a) Fisik: Pertumbuhan tubuh dan perkembangan kemampuan motorik.

b) Kognitif: Perkembangan kemampuan berpikir, memori, dan pemecahan masalah.

c) Sosial-emosional: Perkembangan kemampuan berinteraksi dan mengelola emosi.

d) Moral: Perkembangan nilai-nilai dan etika.

e) Bahasa: Perkembangan kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal.

2. Prinsip-prinsip Perkembangan Peserta Didik

Beberapa prinsip kunci dalam perkembangan peserta didik meliputi:

a) Perkembangan bersifat berkelanjutan dan kumulatif. 

b) Perkembangan mengikuti pola yang dapat diprediksi namun unik bagi setiap individu. 

c) Perkembangan dipengaruhi oleh faktor nature (bawaan) dan nurture (lingkungan). 

d) Terdapat periode kritis dalam perkembangan tertentu. 

e) Perkembangan bersifat holistik dan terintegrasi antar berbagai aspek. 

3. Teori-teori Perkembangan Utama

Beberapa teori yang berpengaruh dalam memahami perkembangan peserta didik antara lain:

a) Teori Perkembangan Kognitif Piaget. 

b) Teori Sosio-kultural Vygotsky. 

c) Teori Perkembangan Psikososial Erikson. 

d) Teori Ekologi Bronfenbrenner. 

4. Implikasi dalam Pendidikan

Pemahaman tentang hakikat perkembangan peserta didik memiliki implikasi penting dalam praktek pendidikan, termasuk:

a) Penyusunan kurikulum yang sesuai dengan tahap perkembangan. 

b) Pemilihan metode pengajaran yang efektif. 

c) Penciptaan lingkungan belajar yang mendukung. 

d) Penilaian yang mempertimbangkan aspek perkembangan individual. 

Kesimpulan

     Memahami hakikat perkembangan peserta didik merupakan fondasi penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang efektif dan bermakna. Dengan pengetahuan ini, para pendidik dapat merancang pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi setiap peserta didik, memfasilitasi perkembangan optimal dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Sebagai bidang yang terus berkembang, studi tentang perkembangan peserta didik akan terus memberikan wawasan baru yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di masa depan.

Daftar Pustaka

Berk, L. E. (2013). Child development (9th ed.). Pearson.

Bronfenbrenner, U. (1979). The ecology of human development: Experiments by nature and design. Harvard University

Erikson, E. H. (1950). Childhood and society. W. W. Norton & Company.

Fraser, B. J. (2015). Classroom learning environments. In Encyclopedia of Science Education (pp. 154-157). Springer.

Knudsen, E. I. (2004). Sensitive periods in the development of the brain and behavior. Journal of Cognitive Neuroscience, 16(8), 1412-1425.

 Papalia, D. E., & Martorell, G. (2015). Experience human development (13th ed.). McGraw-Hill Education.

 Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. International Universities Press.

Slavin, R. E. (2018). Educational psychology: Theory and practice (12th ed.). Pearson.

Santrock, J. W. (2021). Life-span development (18th ed.). McGraw-Hill Education.

Woolfolk, A. (2016). Educational psychology (13th ed.). Pearson.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes Harvard University Press.

Tyler, R. W. (2013). Basic principles of curriculum and instruction. University of Chicago Press.

Marzano, R. J. (2017). The new art and science of teaching. Solution Tree Press.

McMillan, J. H. (2017). Classroom assessment: Principles and practice for effective standards-based instruction (7th ed.). Pearson.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun