Mohon tunggu...
radiah sindikia maharani
radiah sindikia maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

10 Pengusaha Sukses dan Faktor-Faktor yang Membuat Seseorang Sukses Jadi Pengusaha

25 Oktober 2024   23:57 Diperbarui: 25 Oktober 2024   23:59 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengusaha sukses tidak lahir begitu saja, mereka adalah hasil dari kombinasi berbagai faktor yang mempengaruhi perjalanan hidup dan karier mereka.

Memulai usaha seringkali menjadi sesuatu yang sulit dan menakutkan. Keadaan dan rintangan yang dihadapi masing-masing individu untuk membangun usahanya pun bervariasi dan datang secara tiba-tiba.

Di saat-saat kekhawatiran seperti ini muncul, Anda perlu motivasi serta dorongan ekstra dari diri sendiri dan orang lain.

Untuk mendapatkan hal motivasi dan semangat lebih dalam merintis usaha, yuk simak sosok 10 pengusaha sukses dengan kisah inspiratif perjalanan usahanya.

  • pengusaha sukses dari luar negri

1. Jan Koum, pendiri aplikasi WhatsApp

Lahir dari keluarga berlatar belakang ekonomi rendah tidak memutuskan semangat belajar Jan Koum. Ia adalah pendiri aplikasi chat WhatsApp yang lahir di desa kecil dekat Kiev di Ukraina.

Ia pindah ke California bersama ibunya dan mulai memiliki ketertarikan di bidang ilmu komputer saat itu. Berkat talentanya, ia ditawari untuk kerja di Yahoo! sebagai insinyur infrastruktur pada tahun 1997 dan memutuskan untuk berhenti kuliah.

Setelah satu dekade bekerja, ia melihat peluang bisnis di ranah aplikasi dan mulai mengembangkan WhatsApp pada tahun 2009 hingga akhir 2017 jumlah pengguna aktifnya mencapai 1.5 triliun orang di seluruh dunia dan menjadikannya salah satu pengusaha paling sukses di dunia. 

2. Leah Goldglantz, pendiri blog Leah's Plate

Terlepas dari kesulitan ekonomi yang dialaminya dalam menjalani kehidupan setelah kuliah, Leah Goldglantz menguatkan dirinya untuk mengubah hidupnya dan memulai lembaran baru di South Florida. Leah's Plate merupakan buah dari komitmen dan kegigihan Leah dalam menjalani kehidupan sehat dan hobinya membuat posting blog.

Selepas menjalani hidup sehat, ia merasakan perubahan baik yang signifikan dalam dirinya dan termotivasi untuk menyebarkan kebaikan tersebut melalui blog dan akun Instagram-nya.

Kini, ia rutin membagikan resep makanan dan minuman sehat yang mudah diolah dan ingin membuktikan bahwa kita bisa tetap menekuni sibuknya kehidupan tanpa mengorbankan gaya hidup sehat.

3. Ingvar Kamprad, pendiri IKEA

Selama tumbuh besar di daerah perkampungan Sweden, mendiang Ingvar Kamprad sudah terbiasa dengan berbagai kegiatan bisnis kecil-kecilan.

Ia dikenal sebagai orang yang suka berjualan di daerah perumahannya, baik itu berjualan pulpen, dekorasi Hari Natal, sampai berjualan ikan.

Latar belakang ekonomi dan kesulitan yang ia alami tidak menghalangi dirinya untuk tumbuh jadi pengusaha sukses.

Ketekunan dan kebiasaan berbisnisnya ini membuat ia terus menerapkan ilmu serta pelajaran yang ia dapat sampai mampu mengembangkan IKEA hingga memiliki kekayaan bersih $ 58,7 miliar pada Januari 2018 lalu.

4. Cashmere Nicole, pendiri dan CEO Beauty Bakerie

Cashmere Nicole merintis Beauty Bakerie saat berjuang sebagai single mother yang berusaha mengimbangkan waktu untuk bekerja, keluarga, sekaligus melawan kanker payudara yang diidapnya. Beauty Bakerie merupakan usaha kosmetik dan kecantikan cruelty free yang peracikannya berawal dari dapur rumah Cashmere.

Berkat ketangguhan dan kesungguhannya dalam menjalani bisnis sampingan tersebut, Cashmere berhasil menjadi pengusaha sukses yang hingga saat ini produk-produknya sudah terjual ke 100 negara di mancanegara.

Keberhasilan usahanya memberi inspirasi bagi kita semua bahwa dalam keadaan apapun, sukses bisa diraih dengan kemauan, usaha yang keras, dan tentunya memanfaatkan peluang yang ada.

5. Vicky Popat, pendiri toko online PlantOGram

Vicky mendapat inspirasi untuk membuat usaha PlantOGram saat ia masih bekerja sebagai seorang guru. Keinginan tersebut berawal dari hobi Vicky dan suaminya menanam tanaman buah eksotis dan melihat peluang bisnis untuk menjadikan tanaman ini sebagai inovasi kado unik yang ramah lingkungan.

Sebagai pasangan baru menikah dengan jam kerja sekitar 40-60 jam setiap minggunya, mereka hanya memiliki sedikit waktu untuk dihabiskan bersama. Akhirnya mereka memutuskan untuk berhenti bekerja dan fokus mengembangkan PlantOGram.

Setelah melalui berbagai rintangan dalam membangun usaha ini, Vicky dan suaminya percaya bahwa untuk menjadi pengusaha yang sukses, mereka perlu mengikuti passion dengan hati-hati dan tetap menghidupi diri dengan cukup.

  • pengusaha sukses dari dalam negeri

1. Nurhayati Subakat

Pengusaha sukses wanita tidak hanya ada saat masa digital. Para wanita tentu mengenal merek seperti Wardah, Putri, dan Make Over yang bisa kamu temui di berbagai gerai di Indonesia. Nurhayati Subakat adalah pengusaha sukses wanita yang berada di balik berdiri hingga suksesnya merek tersebut.

Beliau sendiri merupakan lulusan farmasi sehingga latar belakang pendidikannya sangat membantu dalam mendirikan bisnis kosmetik. Sejak tahun 1990, beliau sudah malang melintang di dunia kosmetik Indonesia. Bahkan, Wardah hingga saat ini terkenal sebagai salah satu produk kosmetik terbesar di Indonesia.

2. Susi Pudjiastuti

  • Asal Daerah: Pangandaran, Jawa Barat
  • Latar Belakang Keluarga: Susi berasal dari keluarga sederhana; ayahnya adalah seorang nelayan.
  • Pendidikan: Tidak menyelesaikan pendidikan formal di tingkat SMA, namun memiliki pendidikan yang kuat dalam bidang bisnis.
  • Pengalaman Hidup: Memulai usaha dari kecil dengan menjual ikan dan kini menjadi pemilik Susi Air.
  • Motivasi dan Faktor Sukses: Keberanian dan ketekunan, serta komitmen untuk memberdayakan nelayan lokal.

Pengusaha sukses wanita terakhir di daftar ini adalah seorang pengusaha yang kesuksesannya mampu membuatnya menjadi salah satu menteri paling dikenal di Indonesia, Susi Pudjiastuti. Dengan penampilan nyentriknya, tentu tidak sedikit orang yang kaget ketika beliau ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Penunjukkan tersebut juga tidak lepas dari pengalaman segudang yang dimiliki beliau dari bisnisnya.

Berawal dari menjadi pengepul ikan pada tahun 1983, saat ini beliau merupakan salah satu pengusaha eksportir hasil perikanan terbesar di Indonesia. Bisnisnya kemudian berkembang menjadi aviasi dan beliau mempunyai banyak pesawat saat ini. Beliau juga terkenal berkat sifatnya yang down to earth yang membuatnya masih dicintai masyarakat indonesia.

3. Nadiem Makarim

  • Asal Daerah: Jakarta
  • Latar Belakang Keluarga: Dari keluarga yang berpendidikan tinggi.
  • Pendidikan: Lulusan Harvard University.
  • Pengalaman Hidup: Mendirikan Gojek, yang mengubah cara orang bertransportasi.
  • Motivasi dan Faktor Sukses: Memperbaiki sistem transportasi dan meningkatkan pendapatan pengemudi.

Nadiem yang sekarang menjabat menjadi Menteri Pendidikan  merupakan mantan CEO dan pendiri dari perusahaan transportasi online terbesar di Indonesia yaitu Gojek. Perusahaan yang telah dibangunnya tidak hanya berfokus pada bidang transportasi saja, namun juga melakukan inovasi dengan membuat e-wallet Go Pay serta GoPlay yaitu platform streaming online.

Pada saat pertama kali diluncurkan Gojek hanya memiliki 20 driver dengan sistem aplikasi yang harus banyak mengalami perubahan dan perbaikan. Selain itu, Gojek merupakan perusahaan startup pertama di Indonesia yang menyandang gelar unicorn.

4. Ferry Unardi 

Ferry Unardi merupakan pengusaha sukses dengan perusahaan startupnya Traveloka. Kisah bisnis Ferry dimulai sewaktu masih kuliah di Harvard, dimana dIa melakukan bisnis jual beli tiket pesawat terbang.

Karena hal tersebut, memberikan ide kepada Ferry untuk membangun bisnis penjualan tiket pesawat dengan membuat satu platform yang mudah diakses dan real time oleh para pengguna.

Hadirnya Traveloka adalah jalan keluar  dari permasalahan konsumen dalam membeli tiket pesawat yang tidak perlu datang ke agen penerbangan atau bandara. Dengan kesuksesannya tersebut saat ini Traveloka juga menyediakan layanan lainnya seperti tiket hotel, tiket lokasi wisata, layanan finansial, hingga pesan antar makanan.

Traveloka mencatatkan total kunjungan website nya sekitar 12,8 juta setiap bulannya. Pada tahun 2016 Ferry masuk ke dalam daftar Forbes. Lalu, pada tahun 2017 Traveloka berhasil meraih title unicorn dengan total investasi sebesar USD 1,2 miliar atau setara Rp17,7 triliun

5. Andre Soelistyo 

GoTo merupakan hasil merger dari dua startup terbesar di Indonesia yaitu Gojek dan Tokopedia. Keberhasilan GoTo tidak lepas dari kesuksesan seorang Andre Soelistyo.

Pada awalnya, Andre Soelistyo merupakan Presiden Gojek, yang memiliki peran untuk membangun pondasi perkembangan dan pertumbuhan jangka panjang pada Gojek. Lalu pada 2019, Andre diangkat sebagai Co-CEO Gojek, kemudian pada tahun 2021 didapuk sebagai CEO GoTo.

Selama Andre memimpin, GoTo berhasil memberikan kombinasi antara ecommerce, layanan on-demand serta finansial untuk para konsumen. Dengan keberhasilan tersebut membuat nilai valuasi Go To naik hingga mencapai USD 18 miliar. Sedangkan pada tahun 2020, tercatat GoTo berhasil memiliki nilai transaksi hingga mencapai USD 22 miliar atau setara dengan Rp319 triliun.

  • aktor-Faktor yang Membuat Seseorang Sukses Jadi Pengusaha

Ada banyak faktor yang berkontribusi pada kesuksesan seseorang sebagai pengusaha. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Mindset Kewirausahaan: Memiliki pola pikir yang positif, berani mengambil risiko, dan siap menghadapi tantangan.

  2. Rencana Bisnis yang Jelas: Memiliki visi dan misi yang jelas serta rencana bisnis yang terstruktur untuk mencapai tujuan.

  3. Kemampuan Adaptasi: Mampu menyesuaikan diri dengan perubahan pasar dan teknologi yang cepat.

  4. Keberanian Mengambil Risiko: Berani untuk mengambil langkah berisiko, tetapi tetap berdasarkan analisis yang matang.

  5. Keterampilan Manajemen: Kemampuan untuk mengelola sumber daya, tim, dan waktu dengan efektif.

  6. Networking: Membangun jaringan yang luas untuk mendapatkan dukungan, informasi, dan peluang baru.

  7. Pengetahuan Pasar: Memahami kebutuhan dan keinginan konsumen serta tren di industri terkait.

  8. Keterampilan Keuangan: Mampu mengelola keuangan bisnis dengan baik, termasuk budgeting dan pengendalian biaya.

  9. Inovasi: Mampu menciptakan produk atau layanan yang unik dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan.

  10. Ketahanan Mental: Kemampuan untuk tetap termotivasi dan tidak mudah menyerah meskipun menghadapi kegagalan atau rintangan.

Dengan mengembangkan faktor-faktor ini, seseorang dapat meningkatkan peluangnya untuk sukses sebagai pengusaha.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun