PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi di masa sekarang semakin masif. Hampir semua manusia di dunia ini pasti memiliki teknologi. Bahkan institusi tidak terlepas teknologi, diantarannya adalah sekolah. Teknologi informasi dan komunikasi pasti dimiliki oleh sekolah karena untuk administrasi Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) atau untuk laporan keuangan yaitu Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS).
Dalam kegiatan pembelajaran pun menggunakan media yang tidak terlepas dari teknologi digital diantaranya adalah PPT, Video dan audio. Namun sangat sedikit guru yang menggunakan media pembelajaran berupa audio visual di youtube. Padahal peserta didik mampu mengakses youtube, sehingga peserta didik tidak dapat mendapatkan pengalaman baik dalam penggunaan youtube. Fasilitas sekolah pun memadai diantaranya di setiap kelas terdapat wifi, kecepatan internet pada 300mbps, serta hampir setiap siswa memiliki laptop atau notebook.
Penelitian ini berfungsi untuk mengetahui pengaruh media youtube dalam pembelajaran bahasa Arab di SMAS IT Baitul Muslim. Sehingga dapat digunakan dalam perbaikan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Sebagai informasi untuk pendidik dalam menerapkan model pembelajaran dengan permasalahan yang sama.
Â
PEMBAHASAN
Dengan menggunakan media youtube dalam dalam pembelajaran bahasa arab terdapat tantangan, yaitu
- Fokus Peserta didik
- Peserta didik mengakses video lainnya yang tidak berkaitan dengan pembelajaran
- Penilaian yang subjektif
- Dalam penilaian terdapat unsur subjektif dalam kegiatan yaitu menurut guru saja
- Gangguan jaringan atau perangkat
- Terjadi gangguan internet dan perangkat saat kegiatan pembelajaran
Untuk mengatasi tantangan tersebut berikut adalah langkah-langkah yang dapat digunakan :
- Untuk mengatur fokus peserta didik, guru dan peserta didik melakukan kontrak pembelajaran, sehingga peserta didik lebih dapat mengontrol diri dengan kesadaran mereka sendiri.
- Dalam melakukan penilaian guru harus menyesuaikan sesuai kebutuhan peserta didik, diantaranya assessment of learning, asessment as learning dan asessment for learning.
- Guru dapat membuat kelompok dalam kegiatan pembelajaran agar meminimalisir gangguan pada internet atau perangkat. Dengan bekerja sama juga menumbuhkan sifat empati dan gotong royong.
Pengaruh media youtube dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu membuat pembelajaran lebih menarik, membantu siswa dalam memahami pelajaran, memperkuat daya ingat, meningkatakan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, membantu guru dalam mengajarkan materi, serta memahamkan kegunaan dan nilai positif media youtube.
Dalam kegiatan peserta didik langsung berinterkasi dengan materi sehingga guru hanya sebagai fasilitor dalam kegiatan. Setelah menerapkan media youtube dalam pembelajaran bahasa Arab menunjukan hasil yang efektif dalam pembelajaran bahasa Arab.
Peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan media youtube. Semua fokus dalam kegiatan tersebut, tidak ada lagi yang mengantuk, suasana diskusi hidup, fasilitas yang peserta didik miliki termanfaatkan. Sehingga inilah yang menjadi tolak ukur dalam keberhasilan penggunaan media youtube.
Dalam menerapkan media youtube yang menjadi faktor keberhasilah adalah sebagai berikut :
- Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan teknologi digital,
- Memiliki rancangan pelaksanaan pembelajaran yang baik,
- Kesesuaian materi dengan media youtube,
- Melakukan evaluasi dan refleksi setelah pembelajaran.
Â
KESIMPULAN
Melalui penerapa media youtube dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Dengan mengguanakan media youtube peserta didik mendapatkan pengalaman yang bermakna terkait manfaat positif internet.
Melalui media youtube nuansa kelas dan kegiatan pembelajaran selalui aktif, karena peserta didik turut dalam menggali informasi dan memahami materi. Sehingga tujuan pembelajaran tercapai dalam kegiatan belajar dan mengajar.
DAFTAR PUSTAKA
Kisno Umbar, Hanna Tiara Lestari, Hikmad Karunia, Suharso, Muhammad Fardan Hanif Hafawah, Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Youtube : Studi di Channel Arab Podcasts, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5 (2), 917-925.
Dwi Setia Kurniawan, Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Youtube Berdasarkan Filsafat Ilmu, Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1 (1), 850-856
Hikmah Rahmasari, Penggunaan Media Youtube sebagai Solusi Media Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3 (1), 23-41
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H