Mohon tunggu...
Tomy Saputra
Tomy Saputra Mohon Tunggu... Lainnya - Marketers

Hello world

Selanjutnya

Tutup

Financial

(2023) Cara Meningkatkan Penjualan Online dari YouTube

24 November 2023   21:27 Diperbarui: 25 November 2023   00:21 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : canva.com

Ketika Anda memikirkan pemasaran online, kemungkinan besar, Anda memikirkan email, menulis konten, dan iklan. Yang benar adalah, ada dunia pemasaran video (Video Marketing) yang dapat membantu Anda meningkatkan penjualan online Anda.

Namun saat ini sangat sedikit perusahaan yang membawa iklan mereka ke YouTube. Pintunya terbuka, apakah Anda akan mengambil kesempatan?

Saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara Anda meningkatkan  penjualan di halaman YouTube Anda. Kiat-kiat ini dirancang untuk membantu mengarahkan Anda ke arah yang benar, membuat lebih banyak orang melihat konten Anda, dan tentu saja, mendapatkan lebih banyak penjualan.

Tingkatkan SEO YouTube

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa Youtube adalah mesin pencari paling populer kedua di internet. Lebih dari 1 miliar - ya, miliar dengan rekaman video yang ditonton di YouTube setiap hari.

Orang-orang menggunakan situs web ini untuk mencari "panduan cara", mendengar tentang berita terbaru, dan mempelajari tentang produk di pasar. Sama seperti pemasaran Search Engine Optimization tradisional, webmaster dapat menargetkan kata kunci yang menarik khalayak berdasarkan pencarian browser mereka.

Percaya atau tidak, Anda dapat mengikuti proses yang sama persis ini dengan Youtube. Ketika seseorang datang ke YouTube, mereka biasanya mencari informasi tertentu. Anda dapat memanfaatkan informasi ini untuk mendapatkan lebih banyak konversi di situs web Anda.

Sama seperti varian halaman web Google, Perencana Kata Kunci Youtube memungkinkan Anda untuk mencari kata kunci dan frasa tertentu untuk melihat apa yang populer di platform. Cari istilah dalam niche Anda dan cobalah untuk menemukan kata-kata dengan persaingan rendah dan hasil pencarian tinggi.

Kunci untuk berhasil menerapkan SEO di YouTube Anda melibatkan penggunaan kata kunci yang Anda pilih dengan hati-hati dalam judul video Anda, serta di kata-kata di deskripsi. Pastikan juga judul video YouTube Anda kurang dari 180 karakter.

Rencanakan Strategi Click-Through

Setelah seseorang menemukan video Anda, apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya?

Ini adalah pertanyaan penting yang harus dipertimbangkan oleh setiap orang yang memasarkan melalui YouTube. Jelas, dalam hal ini, tujuan Anda adalah untuk akhirnya mendapatkan penjualan online dari pemirsa.

Tapi itu tidak sesederhana mendapatkan konversi video. Anda harus memiliki strategi "Click-Through" untuk mengarahkan pengunjung ke tempat yang Anda inginkan.

Salah satu cara untuk menyelesaikan tugas ini adalah dengan mengiklankan toko atau produk Anda di akhir video. Dorong audiens Anda untuk "mengklik" dan pergi ke toko Anda melalui link di kotak deskripsi. Ini juga disebut Call to Action, atau CTO.

Jika Anda tidak memiliki CTO, hampir tidak ada kemungkinan bahwa pemirsa akan berakhir di etalase toko Anda. Anda harus memberi tahu mereka bahwa "ini" adalah apa yang harus mereka lakukan selanjutnya.

Biarkan pelanggan tahu bahwa siapa pun yang mengikuti link ini akan langsung mendapat diskon 10% dari pembelian mereka, tetapi dorong mereka untuk pergi sekarang karena itu adalah penawaran waktu terbatas.

Metode ini dengan lembut mengarahkan mereka ke arah yang benar dan mendorong mereka untuk membuat keputusan yang "benar" dan membeli produk atau layanan Anda.

Gunakan Gambar Khusus

Tidak masalah siapa Anda, jika Anda menggunakan YouTube, Anda tahu semua saluran favorit Anda mereka mempunyai gaya thumbnail mereka sendiri. Ketika Anda online dan melihat thumbnail dari pelanggan favorit Anda, Anda mungkin terburu-buru mengkliknya untuk melihat konten baru seperti apa yang diunggah YouTuber favorit Anda.

Saat membuat thumbnail untuk video Anda, Anda dapat meningkatkan penjualan dengan mengikuti beberapa aturan sederhana.

Pastikan semua thumbnail Anda dibuat khusus dan konsisten. Bahkan, Anda dapat meningkatkan keterlibatan menggunakan thumbnail khusus yang sederhana untuk semua video YouTube kamu.

Juga pastikan Anda mengikuti formula yang sama untuk setiap gambar. Ini membantu orang mengenali video Anda secara instan dan dapat membantu menarik pelanggan berulang atau mendatangkan orang baru yang tertarik dengan gambar Anda.

Seiring waktu, thumbnail Anda akan menjadi branding Anda.

Kesimpulan

Tiga tips ini akan membantu Anda meningkatkan konversi ke situs web Anda dengan menggunakan YouTube.

Jika Anda menggunakan kata kunci untuk membuat konten YouTube Anda, akan ada lebih banyak trafik yang tumbuh.

Karena semakin banyak orang melihat konten Anda, mereka lebih mungkin tertarik dengan kebiasaan Anda dan ditambah dengan gambar khusus yang Anda buat. Akhirnya, Anda dapat membawanya kembali ke situs web Anda dengan mendorong mereka untuk "mengklik" dan pergi ke halaman web Anda  dan membeli produk Anda.

Terus tampilkan konten yang hebat dan bermakna, dorong pemirsa untuk mengikuti Anda, berlangganan, sukai video Anda.

Saya yakin, Anda akan dapat meningkatkan konversi Anda hanya dengan menggunakan YouTube sebagai platform pemasaran lainnya.

Saya harap artikel ini membantu Anda meningkatkan penjualan online dan konversi Anda, jika Anda baru memulai menggunakan pemasaran video, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk membaca artikel saya tentang mengubah postingan blog menjadi video YouTube.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun