Dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai makhluk sosial pasti sering mengalami konflik dalam kehidupan bermasyarakat. Sebelumnya, konflik memiliki pengertian yaitu sebuah proses yang terjadi antara dua orang atau lebih yang dimana salah satu diantara mereka memiliki rasa ingin mengalahkan serta menyingkirkan orang lain. Bentuk-bentuk konflik juga bisa berupa konflik individual, konflik antar kelas, konflik rasial, konflik politik dan sebagainya.Â
Namun kita sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan, semestinya harus menghindari dengan yang namanya konflik. Tetapi, ketika kita sudah dihadapkan dengan konflik entah dengan orang lain atau kelompok lain bukan berarti kita telah mengalami sebuah kekalahan, atau hilangnya hubungan serta kontak dengan pihak tersebut. Kita hanya memiliki perbedaan pendapat dengan pihak tersebut. Oleh karena itu kita harus hadapi dengan penuh sikap positif agar semua dapat berjalan dengan baik dan dapat menemukan solusinya. Disini saya akan memberikan beberapa tips tentang bagaiamana mengelola konflik khususnya dalam sebuah organisasi.
1. Mencari Titik Awal
Mencari akar penyebab konflik merupakan suatu hal yang tidak bisa dikatakan mudah. Oleh karena itu pahamilah konflik yang sedang dihadapi, lihatlah apakah ada yang salah yang menyebabkan konflik itu terjadi.
2. Efek
Tips yang berikutnya adalah dengan menyampaikan efek nyata yang ditimbulkan serta dihasilkan dari konflik pada diri anda.
3. Mendengarkan
Disisi lain kita juga perlu mendengarkan pandangan serta pendapat orang lain. Jika konflik itu sedang kita hadapi, kita perlu untuk mendengarkan masalah tersebut dan jangan bersikap egois ingin selalu benar dan tidak ingin mendengarkan pendapat atau pandangan orang lain.
4. Berusaha Memecahkan Masalah
Berusaha menjelaskan konflik yang sedang terjadi, dan masing-masing menyampaikan ide serta jalan keluar dalam menyelesaikan konflik tersebut.
5. Menyampaikan Apa Yang Diinginkan Dan Memberikan Solusi
Dengan melakukan negosiasi yang baik akan membuat pihak lain akan lebih merasa nyaman. Jangan mencoba untuk mengasut orang lain untuk mengikuti pendapat anda, biarkan dia berpikir dan menyampaikan ide serta pendapatnya. Dengan begitu dengan segera dapat menemukan jalan keluar dan solusi terbaik.
Itulah beberapa tips tentang bagaimana mengelola sebuah konflik dalam sebuah organisasi. Dengan melakukan langkah-langkah di atas dengan mudah dapat menyelesaikan konflik yang sedang dihadapi serta diantara keduanya tidak ada yang saling dirugikan dan sama-sama mendapatkan kepuasan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H