Mohon tunggu...
I NyomanTriyanuartha
I NyomanTriyanuartha Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Saya senang mendengarkan musik, membaca buku dan olahraga.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ulasan Jurnal The Role of Sport and Music in Public Diplomacy: The Case of Kosovo

10 Maret 2023   14:50 Diperbarui: 10 Maret 2023   15:25 233
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh Labinot Hajdari, University of Warsaw, University of 

Prishtina ORCID ID: 0000-0002-3568-0320

Disebutkan di sini bahwa negara selalu menggunakan budayanya untuk menyampaikan nilai-nilai politik, sosial dan ekonomi. Pengembangan dari teknik informasi, baik kekuasaan dan pengaruh dari opini publik dalam menciptakan dan membentuk prioritas politik, juga merupakan hal baru dalam kebijakan luar negeri. Tetapi diplomasi publik menjadi penting, menimbang hal tersebut merupakan sebuah alat yang kuat dan cara yang manjur untuk mewakili kepentingan nasional mereka dan mencapai perhatian dalam hubungan internasional. Kosovo sebagai negara termuda di Eropa, untuk menerima bantuan negara tersebut berusaha memperoleh pengakuan internasional. Diplomasi telah berkembang dalam faham klasik dengan membangun hubungan melalui saluran diplomasi, sementara diplomasi publik, budaya dan olahraga diabaikan.

Dijelaskan bahwa terdapat penelitian terbatas mengenai bagaimana diplomasi publik dalam membangun citra sebuah negara kecil. Pencapaian warganegara perseorangan sebagai alat untuk promosi negara kecil dibiarkan tidak tergali. Artikel ini bertujuan membenarkan bahwa olahraga  dan musik, sebagai  alat diplomasi publik, menolong negara  kecil karena membangun citra dan reputasi negara tersebut di tingkat internasional. Olahraga dan musik juga melengkapi diplomasi tradisional serta melampaui batas diplomasi klasik.

Dipaparkan bahwa tulisan ini terdiri dari tiga bagian, pertama pertanyaan mengenai diplomasi publik dan branding bangsa secara umum dengan mempertimbangkan aksi Kosovo, kedua persoalan mengenai diplomasi olahraga dan seni, dan terakhir beberapa kejadian olahraga, budaya dan musik di Kososvo yang berhasil antara tahun 2008 dan 2018. Istilah diplomasi publik digunakan untuk menggantikan kata propaganda. Jozef Batora berpendapat bahwa diplomasi publik merupakan sebuah kesempatan bagi negara kecil untuk mempengaruhi agenda internasional. Gareth Evans mengatakan bahwa persuasi dan pengaruh dari diplomasi  publik mengangkat sisi dalam dan sisi luar pemerintahan. 

Gifford Malone mengemukakan bahwa diplomasi publik mempengaruhi persepsi sebuah pemerintahan dengan menyediakan pemahaman mengenai ide, budaya, institusi, tujuan dan kebijakan negara tersebut. Menurut Niholas J. Cull, diplomasi publik berbentuk hubungan antara pemerintahan dan publik negara yang berbeda. Jan Mellisen berpendapat bahwa diplomasi publik bertujuan untuk mempengaruhi audiensi luar negeri, masyarakat dan pemegang kekuasaan untuk menciptakan citra positif negara dan untuk memenangkan hati dan pikiran dari audiensi luar negeri. Salah satu alat dari diplomasi publik ialah branding bangsa, diplomasi publik dan branding bangsa adalah konsep yang sama dan memiliki tujuan yang sama  untuk mempromosikan citra dan kepentingan bangsa, untuk menggantikan citra yang lama dengan citra yang baru.

Disebutkan juga setelah kemerdekaan Kosovo, negara tersebut memperdalam hubungan dengan negara-negara yang mendukung kemerdekaannya. Kosovo juga memiliki prioritas   kebijakan luar negeri. Branding   bangsa dan diplomasi publik bertujuan untuk membangun reputasi baru dengan mengatasi citra negatif negara pasca perang. Pemerintah Kosovo mengembangkan kampanye branding bangsa dengan slogan "Kosovo - Young Europeans" yang berdasarkan keadaan Republik Kosovo sebenarnya yaitu sebagai negara termuda di dunia dan rumah bagi populasi termuda di Eropa. Iklan televisi ditayangkan di saluran televisi internasional. Dijelaskan di sini bahwa aktivitas diplomasi publik ialah proyek "Communiation with Europe through diplomacy" sebagai sebuah alat untuk memperkuat hubungan antara Kosovo dengan negara-negara yang belum mengenalnya. Bidang yang memiliki pengaruh berarti dalam mengatasi batasan komunikasi dengan negara demokrasi dan bangsa lain adalah olahraga dan musik melalui upaya perorangan. Peran olahraga dan budaya telah tumbuh selama bertahun-tahun sebagai sebuah alat diplomasi.

Di dalam tulisan ini jelaskan juga bahwa melalui olahraga, kota-kota dan negara-negara dapat berkenalan dan berkomunikasi dengan rekanannya, membuka jalan untuk hubungan berkelanjutan. Olahraga juga sering diartikan sebagai bahasa universal yang memungkinkan perorangan dari budaya berbeda berkomunikasi satu sama lain. Pertemuan dengan pihak lawan dapat memperkuat identitas nasional masing-masing pihak atau negara. Terdapat pertandingan olahraga dengan tujuan untuk meredakan ketegangan antara negara yang tidak dapat mencapai kesepakatan damai melalui jalur diplomasi tradisional, contohnya ialah "the diplomacy of ping-pong", dipertimbangkan sebagai sebuah hal unik dari penggunaan olahraga dalam diplomasi. "Sport diplomacy" merupakan kemajuan dalam diplomasi kontemporer. Menurut Stuart Murray para seniman, guru, siswa, pengelana, ahli dan orang muda sebagai diplomat publik yang berdampingan dengan diplomat tradisional. Bagi Olivier Urbain "musik memiliki kekuatan untuk menggerakkan orang ke arah perdamaian dan tujuan mulia, atau ke arah yang merusak". Dan lagi Felicity Laurence berfikir bahwa musik berguna sebagai alat yang kuat dan ada di mana-mana dalam   propaganda, juga memfasilitasi peningkatan rasa solidaritas   melampaui batas budaya dan nasional, akhirnya menuju rasa kesadaran universal dan saling terhubung. Secara historis musik   telah digunakan oleh perorangan dan pemerintahan untuk mengurangi hubungan yang tegang dalam kurun waktu tertentu, atau dalam hubungan dengan negara tertentu.

Dijelaskan di sini bahwa bentuk diplomasi seperti ini tidak direncanakan, tidak direncanakan untuk menanamkan dasar diplomasi publik pada pencapaian global perorangan. Disebutkan juga bahwa blokade politik menjadi halangan berarti untuk generasi muda Kosovo seperti pencegahan terhadap Kosovo untuk mengikuti kontes kecantikan, Federasi Karate Kosovo tidak diijinkan memasuki wilayah Serbia dalam perjalanan menuju kejuaraan Karate Eropa.

Disebutkan pula bahwa perilaku politik yang keras terhadap Kosovo memadamkan usaha negara tersebut untuk pengembangan dan integrasi seni dan olahraga guna memberi perubahan kepada atlet muda di negara tersebut. Menurut Grant Jarvie bahwa tak mungkin untuksepenuhnya memahami masyarakat dan budaya kontemporer tanpa mengakui olahraga. Halangan terhadap olahraga sebuah negara merupakan usaha untuk menghalang-halangi promosi dan pengakuan budayanya.

Dipaparkan bahwa bukan rencana dalam kebijakan luar negeri Kosovo bahwa pencapaian perorangan   dalam olahraga dan musik akan   mewakili Kosovo dan kenegaraannya, orang-orang yang berbakat dalam olahraga dan musik memutuskan untuk terlibat secara aktif dalam diplomasi negaranya. Keberhasilan perorangan dalam diplomasi publik Kosovo telah   membuka kesempatan untuk   banyak generasi yang akan datang. Penerimaan Kosovo sebagai   anggota UEFA dan FIFA merupakan   simbol kemenangan kebijakan luar negeri Kosovo. Petrit Selimi mengatakan diakui pada lapangan olahraga dan daring memiliki gaung yang lebih besar daripada dalam ruangan belakang di Brussels.

Disebutkan juga bahwa para atlet,   aktor, musisi, seniman profesional dan lain sebagainya berperan sebagai duta untuk mempengaruhi   publik luar negeri. Seperti yang didefinisikan oleh Joseph Nye sebagai menarik orang lain dan mendapatkan mereka, melalui daya tarik nilai dan budaya bangsa. Seperti yang diutarakan oleh Murray bahwa olahraga yang kuat menarik elite politik. Olahraga Kosovo membuka pertempuran politik.

Dijelaskan di sini bahwa perorangan yang memiliki pengaruh kuat dalam mempromosikan olahraga Kosovo ialah Majlinda Kelmendi. Ia memenangkan emas dalam pertandingan Judo wanita 52 kg di Rio. Kelmendi menjadi "wajah negara" dan panutan untuk orang muda, ia menjadi juara Judo dunia pada tahun 2013 dan 2014, dan menjadi juara Eropa pada tahun 2014, 2016 dan 2017. Pada tahun 2017 Majlinda memenangkan Gran Slam di Paris  untuk  ke  empat kalinya, ia menjadi berita utama di berbagai media global. Partisipasinya secara perorangan mewakili sebuah peristiwa kemenangan diplomasi. Disebutkan bahwa bendera Kosovo dan lagu kebangsaan masih disiarkan dan dihormati oleh pasukan kehormatan Russia setelah Majlinda Kelmendi   menjadi juara pertama. Pertandingan olahraga yang dimenangkan oleh seseorang mengatasi situasi politik yang mustahil di mana sang atlet masih dapat mewakili negaranya. Kemenangan Kosovo di UEFA menjadi sorotan di banyak media internasional dan Radio Free Europe. Para atlet Kosovo menjadi duta terbaik dan memperbaiki citra negara di arena internasional.

Dijelaskan bahwa tujuan diplomasi budaya sebagai sebuah alat diplomasi publik ialah untuk memudahkan pertukaran ide dan budaya di antara negara-negara. Seni dan khususnya pencapaian artis-artis Kosovo dalam musik, merupakan hasil yang diciptakan oleh media dan sosial media.   Seperti yang disebutkan oleh Jessica Gienow - Hecht bahwa peran dari diplomasi budaya dalam informasi budaya merupakan sebuah tanda dari kerjasama dan menjangkau orang. Menurut Nye diplomasi publik lebih mengenai membangun hubungan jangka panjang daripada mengaktifkan lingkungan untuk kebijakan pemerintah. Dipaparkan bahwa keberhasilan global dari artis-artis Kosovo merubah citra negara tersebut. Rame Lahaj di Mexico mewakili Kosovo dalam Operalia dan menerima medali peringkat ke tiga. Banyak orang mengetahui lokasi geografis Kosovo melalui video lagu "Shine ya light" oleh Rita Ora. Ia mempromosikan citra Kosovo ke seluruh dunia. Melalui wawancaranya di seluruh dunia, ia berbicara mengenai kekejaman manusia terhadap Albania Kosovo di akhir tahun 90-an dan kebanggaan atas latar belakangnya.

Disebutkan di sini bahwa Rita mengadakan konser gratis yang menarik lebih dari 300ribu orang dari seluruh dunia. Presiden Atifete Jahjaga menyebutnya sebagai "artis paling sukses" di negara tersebut. Dua Lipa tampil bersama artis-artis Kosovo dan internasional di festival amal Sunny Hill. Lagu dari Era Istrefi yang dirilis pada tahun 2016 memiliki 608.570.444 penonton di youtube, ia juga memenangkan penghargaan European Border Breakers. Kemudian ia tampil sebagai salah satu penyanyi : Lagu official - "Live It Up" 2018 FIFA World Cup Russia. Dijelaskan juga bahwa media berita Amerika, Politico telah mencantumkan Era Istrefi Sebagai duta Kosovo. Peristiwa penting yang telah mempromosikan Kosovo ialah "Dokufest"(International Documentary and Short Film Festival), yang membuat Prizren menjadi kota film dan seni, dan Kosovo sebagai pertemuan ide-ide dan pertukaran budaya. Film pendek "Shok" dinominasikan untuk Oscar. Kosovo juga berpartisipasi dalam   Venice Biennale International Architecture Exhibition. 

Sebagai kesimpulan dituliskan bahwa negara-negara telah menggunakan olahraga dan musik untuk menyampaikan pesan, khususnya pesan diplomatik. Untuk mempengaruhi opini publik dan mempromosikan kepentingan   negara kepada orang-orang dan   masyarakat luar negeri. Sebagian besar negara-negara kecil menemukan diplomasi publik sebagai sebuah kemudahan dan mengambil manfaat dari hal tersebut. Peran diplomasi publik secara umum dan peran olahraga dan seni belum tergali secara luas untuk negara kecil. 

Artikel ini memaparkan diplomasi publik dari negara kecil dan bagaimana mereka menggunakan olahraga dan musik menjadi arena internasional. Membentuk dan membangun kembali citra negara melalui pencapaian perorangan demi kepentingan nasional. Disebutkan bahwa hal ini merupakan pencapaian besar untuk sebuah negara. Perorangan yang telah mempromosikan dan melindungi identitas Kosovo mereka menjadi pemain politik publik dan diplomasi budaya negara asalnya. Dikatakan juga bahwa diplomasi publik bukan hanya alat tambahan namun lebih sebagai alat pelengkap dan sama penting, karena memiliki peluang komunikasi langsung dengan para audien luar negeri tanpa melalui jalur pemerintahan. 

Dijelaskan bahwa pencapaian perorangan orang muda Kosovo telah memungkinkan negara muda dan kenegaraannya dipromosikan secara langsung kepada publik luar negeri, hal ini menunjukkan hubungan langsung antara citra sebuah negara di arena, olahraga dan musik internasional sebagai alat diplomasi publik. Pencapaian para perorangan tersebut telah membantu promosi   dan pembentukan citra Kosovo.   Bagaimana seharusnya negara kecil mengambil manfaat dari diplomasi publik dan pencapaian perorangan untuk kepentingan citra negara membuka kesempatan untuk penelitian lebih lanjut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun