Kehadiran JNE merupakan solusi bagi setiap orang untuk mendapatkan layanan terbaik. JNE hadir untuk memenuhi kebutuhan layanan yang berbeda dari masing -- masing orang. Kehadiran JNE membawa harapan baru di dalam bisnis untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Kehadiran JNE juga membawa kebahagiaan bagi setiap orang karena jarak yang jauh seolah -- olah terasa dekat.
PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang dikenal dengan JNE didirikan pada tahun 1990 bertujuan untuk melayani masyarakat dalam urusan jasa kepabeanan terutama impor atas kiriman peka waktu melalui gudang 'Rush Handling'. Kecepatan dan kehandalan layanan yang konsisten dan bertanggung jawab membuat kredibilitas JNE semakin tinggi di mata pelanggan maupun mitra kerja.
 Seiring dengan peningkatan investasi asing, pertumbuhan teknologi informasi, serta beragam inovasi produk yang dikembangkan, kinerja JNE semakin tumbuh juga berkembang di kalangan dunia usaha maupun seluruh masyarakat.
Salah satu keunggulan layanan JNE adalah tersedianya pilihan paket pengiriman sesuai dengan kebutuhan yaitu YES, Reguler, dan OKE. YES adalah singkatan dari Yakin Esok Sampai, dimana JNE menjanjikan pengiriman paket akan sampai pada tempat tujuannya dalam waktu 24 jam. Reguler adalah paket dengan waktu pengiriman 3 -- 4 hari. Paket ini sering digunakan karena biaya yang relatif murah.Â
OKE adalah paket dengan biaya paling murah, namun membutuhkan waktu sekitar satu minggu dalam proses pengirimannya. Paket ini sering dipilih bagi mereka yang ingin mengirim barang ke lokasi yang jauh.Â
Di samping itu, JNE saat ini juga menyediakan pilihan paket JNE Trucking untuk customer yang ingin mengirim barang dalam jumlah banyak atau berat.Â
Ketentuan dari paket ini adalah berat minimum harus 10 kg dengan waktu pengiriman 3 sampai 4 hari. Customer pun dapat mengecek status pengiriman melalui nomor resi yang terletak di bawah barcode.
Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kebutuhan masyarakat, JNE terus berupaya mengembangkan produk layanannya. Pada tahun 1990, JNE tergabung dalam Group TIKI dan memulai usahanya dengan fokus pada bisnis ekspres dan logistic kepabeanan, atau impor kiriman barang dan dokumen dari luar negeri ke Indonesia.Â
Tahun 1991, JNE bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermarkas di Hongkong. Tahun 1993, JNE membangun jaringan domestik. Tahun 1994, JNE membuka cash counter di beberapa kota. Tahun 1996, JNE membuka keagenan. Tahun 1998, JNE meluncurkan Service SS. Tahun 2000, logo JNE diperkenalkan. Tahun 2003, JNE meluncurkan layanan YES.Â
Tahun 2005, JNE meluncurkan layanan Diplomat. Tahun 2009, JNE meluncurkan produk PESONA. Tahun 2010, JNE mengadakan kerjasama pengiriman internasional dengan UPS dan meluncurkan produk M KIOS. Tahun 2011, JNE me -- launching produk layanan pulsa elektrik semua operator (MAXINDO). Tahun 2014, JNE meluncurkan Jesika, PIPO dan JLC. Tahun 2016, JNE me -- launching program 7Magnificient, myJNE & JNE Eco Courier.
Hal itu dilakukan oleh JNE untuk mencapai visi JNE yaitu "Untuk menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan di dunia" yang diimplementasikan melalui misi JNE yaitu "Untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten".
Pengalaman Menggunakan Layanan JNE
Dengan menggunakan produk jasa atau layanan JNE, setiap orang dapat secara langsung atau tidak langsung menebar kebahagiaan. Misalnya pengalaman ketika melakukan pengiriman barang untuk keluarga di Provinsi yang jauh adalah tidak membutuhkan waktu pengiriman yang lama sehingga keluarga yang berada di daerah atau Provinsi yang jauh tersebut pun merasa bahagia karena kiriman barang dapat tiba dengan dengan cepat dengan kondisi barang yang bagus.
Berdasarkan pengalaman, JNE mengirimkan barang dengan cepat dan hampir tidak pernah terjadi permasalahan dalam proses pengiriman barang tersebut. Bahkan barang dapat tiba di tempat tujuan dengan cepat dan kondisi yang baik pula. Oleh karena itu, dengan menggunakan produk layanan JNE, maka kebahagiaan yang dirasakan pun akan bertambah banyak, baik oleh pihak pengirim barang maupun penerima barang tersebut.
JNE tidak pernah mengecewakan konsumen, namun JNE memahami bahwa kepuasan konsumen merupakan prioritas utama. JNE selalu berupaya untuk menebar kebahagiaan bagi setiap pihak -- pihak yang berkepentingan.
Ada pula pengalaman lainnya ketika perlu mengirimkan dokumen -- dokumen di kantor kepada rekanan kerja di daerah lain untuk waktu yang cepat. Langsung saja, tidak perlu berpikir lama, JNE menjadi pilihan media pengiriman dokumen -- dokumen tersebut. Hasilnya adalah dokumen -- dokumen tersebut sampai di tempat tujuan dengan tepat waktu dan dalam kondisi yang baik pula.Â
Rekanan kerja tersebut sangat senang dan segera memberi kabar bahwa dokumen -- dokumen tersebut telah diterimanya dengan tepat waktu dan dalam kondisi yang baik. Dengan pengiriman dokumen yang cepat dan baik, maka urusan pekerjaan pun dapat semakin lancar sehingga dapat mempererat kerjasama yang lebih baik lagi.
Oleh karena itu, JNE merupakan layanan yang tepat bagi setiap orang yang senang berbagi kebahagiaan dengan orang lain dalam banyak hal, misalnya senang berbagi kebahagiaan dengan saudara, keluarga, teman, maupun rekan kerja. Dengan menggunakan produk layanan JNE, maka siapa pun akan merasakan kebahagiaan.
Selamat Ulang Tahun JNE, Semoga JNE Semakin Maju dan Sukses
#jne
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H