Mohon tunggu...
I WayanYeremia
I WayanYeremia Mohon Tunggu... Dosen - Senang belajar dan menulis

Belajar lalu menulis lalu belajar lalu menulis lalu belajar lalu menulis lalu belajar lalu menulis lalu belajar lalu menulis begitu seterusnya sehingga merasa puas, bermanfaat bagi orang lain, dan akan menjadikan diri lebih sehat

Selanjutnya

Tutup

Money

30 Tahun JNE Berbagi Kebahagiaan, Bisnis Lancar, Masyarakat Bahagia dan Semua Senang

13 Desember 2020   14:19 Diperbarui: 13 Desember 2020   14:32 550
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apakah arti kebahagiaan menurut kita masing -- masing? Mungkin ada yang mendefinisikan kebahagiaan sebagai suatu kondisi dimana seseorang tidak merasa kesulitan, susah, atau tidak adanya masalah yang dihadapi. Mungkin ada pula orang yang mendefinisikan kebahagiaan sebagai kondisi ketika seseorang dapat tertawa lepas tanpa adanya beban masalah. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Bahagia memiliki arti keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan) serta beruntung.

Selanjutnya, dalam hal apa saja seseorang menjadi bahagia? Banyak hal yang dapat membuat seseorang menjadi bahagia, antara lain lulus sekolah, lulus kuliah, mendapat hadiah, memenangkan undian, mempunyai uang yang banyak, dan masih banyak lagi. Masing -- masing orang memiliki sumber kebahagiaan yang berbeda -- beda, misalnya seorang siswa atau mahasiswa tentu akan merasa bahagia apabila lulus sekolah atau lulus kuliah. Seorang karyawan akan merasa bahagia apabila pekerjaannya berjalan lancar dan mendapat penghargaan dari atasan. Seorang pebisnis akan merasa bahagia apabila bisnis atau perusahaannya dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan keuntungan melampaui target yang telah ditentukan.

Sumber Gambar:www.vectorstock.com
Sumber Gambar:www.vectorstock.com
 

Supaya bisnis dapat mencapai profitabilitas yang tinggi, seorang pebisnis perlu mempertimbangkan banyak faktor, misalnya faktor pemasaran, faktor operasional, faktor sumber daya manusia, dan faktor pengelolaan keuangan bisnisnya. Berbagai faktor tersebut secara simultan akan dapat mempengaruhi tingkat keuntungan dan keberhasilan bisnisnya. Selain itu, terdapat pula faktor penunjang lainnya yang juga penting dalam menunjang keberhasilan bisnis yaitu faktor pengelolaan administrasi dan kecepatan dan ketepatan dalam pendistribusian dokumen -- dokumen bisnis.

Pengelolaan administrasi yang buruk dan lambatnya pengiriman dokumen -- dokumen bisnis tentu akan dapat berdampak terhadap perkembangan bisnis tersebut. Ketika dokumen -- dokumen bisnis lambat dalam proses distribusi, maka akan dapat mengganggu aktivitas administrasi bisnis sehingga pebisnis akan menghabiskan waktu yang lebih banyak dalam hal mengurus administrasi bisnisnya. Hal ini tentu merupakan sesuatu yang tidak efisien karena seorang pebisnis perlu memikirkan hal -- hal yang lebih strategis lainnya untuk mengembangkan bisnisnya. Kondisi seperti ini akan mengakibatkan perusahaan kesulitan untuk meningkatkan profitabilitasnya. Terlebih lagi ketika pemilik bisnis sedang memiliki banyak permasalahan, maka akan dapat berdampak terhadap semakin buruknya kondisi psikologisnya sehingga akan dapat berdampak pula terhadap kestabilan lingkungan bisnisnya. Apabila situasinya sudah seperti ini, maka lingkungan bisnis tersebut menjadi tidak bahagia.

Sumber Gambar:www.vectorstock.com
Sumber Gambar:www.vectorstock.com

Kehadiran JNE sebagai Solusi

logo-jne-5fd5bdc48ede4873787f5e72.png
logo-jne-5fd5bdc48ede4873787f5e72.png

Kehadiran JNE merupakan solusi dari permasalahan -- permasalahan yang dihadapi oleh pebisnis tersebut. PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang dikenal dengan JNE didirikan pada tahun 1990 bertujuan untuk melayani masyarakat dalam urusan jasa kepabeanan terutama impor atas kiriman peka waktu melalui gudang 'Rush Handling'. Kecepatan dan kehandalan layanan yang konsisten dan bertanggung jawab membuat kredibilitas JNE semakin tinggi di mata pelanggan maupun mitra kerja. Seiring dengan peningkatan investasi asing, pertumbuhan teknologi informasi, serta beragam inovasi produk yang dikembangkan, kinerja JNE semakin tumbuh juga berkembang di kalangan dunia usaha maupun seluruh masyarakat.

Sumber Gambar:jne.co.id
Sumber Gambar:jne.co.id

Salah satu keunggulan layanan JNE adalah tersedianya pilihan paket pengiriman sesuai dengan kebutuhan yaitu YES, Reguler, dan OKE. YES adalah singkatan dari Yakin Esok Sampai, dimana JNE menjanjikan pengiriman paket akan sampai pada tempat tujuannya dalam waktu 24 jam. Reguler adalah paket dengan waktu pengiriman 3 -- 4 hari. Paket ini sering digunakan karena biaya yang relatif murah. OKE adalah paket dengan biaya paling murah, namun membutuhkan waktu sekitar satu minggu dalam proses pengirimannya. Paket ini sering dipilih bagi mereka yang ingin mengirim barang ke lokasi yang jauh. Di samping itu, JNE saat ini juga menyediakan pilihan paket JNE Trucking untuk customer yang ingin mengirim barang dalam jumlah banyak atau berat. Ketentuan dari paket ini adalah berat minimum harus 10 kg dengan waktu pengiriman 3 sampai 4 hari. Customer pun dapat mengecek status pengiriman melalui nomor resi yang terletak di bawah barcode.

Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kebutuhan masyarakat, JNE terus berupaya mengembangkan produk layanannya. Hal ini dilakukan oleh JNE untuk menebar kebahagiaan di tengah -- tengah masyarakat.

Sumber Gambar:microsite.kompasiana.com
Sumber Gambar:microsite.kompasiana.com

Pada tahun 1990, JNE tergabung dalam Group TIKI dan memulai usahanya dengan fokus pada bisnis ekspres dan logistic kepabeanan, atau impor kiriman barang dan dokumen dari luar negeri ke Indonesia. Tahun 1991, JNE bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermarkas di Hongkong. Tahun 1993, JNE membangun jaringan domestik. Tahun 1994, JNE membuka cash counter di beberapa kota. Tahun 1996, JNE membuka keagenan. Tahun 1998, JNE meluncurkan Service SS. Tahun 2000, logo JNE diperkenalkan. Tahun 2003, JNE meluncurkan layanan YES. Tahun 2005, JNE meluncurkan layanan Diplomat. Tahun 2009, JNE meluncurkan produk PESONA. Tahun 2010, JNE mengadakan kerjasama pengiriman internasional dengan UPS dan meluncurkan produk M KIOS. Tahun 2011, JNE me -- launching produk layanan pulsa elektrik semua operator (MAXINDO). Tahun 2014, JNE meluncurkan Jesika, PIPO dan JLC. Tahun 2016, JNE me -- launching program 7Magnificient, myJNE & JNE Eco Courier. Hal itu dilakukan oleh JNE untuk mencapai visi JNE yaitu "Untuk menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan di dunia" yang diimplementasikan melalui misi JNE yaitu "Untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten".

Upaya JNE untuk mewujudkan kebahagiaan terhadap customer tidak hanya sampai di situ. Pada tanggal 26 sampai dengan 27 November 2020, JNE kembali menghadirkan program Hari Bebas Ongkos Kirim atau Harbokir. Harbokir ini berlaku untuk semua pelanggan di seluruh Indonesia dengan pengiriman maksimum 2 kg per resi. Program free ongkir ini dapat digunakan pada kiriman dengan layanan, Reguler, dan OKE dengan tujuan pengiriman dalam kota yang sama, serta antar kota dalam 1 provinsi. Harbokir tahun ini juga memberikan kuota khusus kepada pelanggan setia JNE yang telah bergabung menjadi member JLC (JNE Loyalty Card). Para member akan mendapatkan kuota gratis ongkir maksimum 30 resi per hari. Sementara untuk pelanggan umum atau non-member JLC, jumlah maksimum yang didapatkan adalah 10 resi per harinya.

Sumber Gambar:Bisnis.com
Sumber Gambar:Bisnis.com

Kepedulian JNE untuk Masyarakat Bahagia

Kepedulian JNE terhadap masyarakat supaya masyarakat dapat merasakan kebahagiaan tidak hanya diwujudkan melalui layanan utama saja, namun JNE juga memiliki beberapa program CSR sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, yaitu JNE Hijau, JNE Komunitas, dan JNE Pendidikan.

csr1-5fd5bf4e8ede4855c66b43b2.jpg
csr1-5fd5bf4e8ede4855c66b43b2.jpg
csr2-5fd5bf4dd541df74da4974e2.jpg
csr2-5fd5bf4dd541df74da4974e2.jpg
csr3-5fd5bf668ede485b9a18ad52.jpg
csr3-5fd5bf668ede485b9a18ad52.jpg
JNE Hijau adalah program tanggung jawab sosial perusahaan JNE di bidang pelestarian lingkungan. Tujuan dari program CSR JNE Go Green ini diantaranya untuk mendukung gerakan pungut sampah dan pembuatan taman kota ilmu pengetahuan. JNE Komunitas merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan JNE di bidang kegiatan komunitas. Tujuan dari program CSR Go Community diantaranya untuk mendukung pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi desa, serta pelestarian budaya. JNE Pendidikan adalah program tanggung jawab sosial perusahaan JNE di bidang pendidikan. Tujuan dari program ini diantaranya adalah untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar, calistung, edukasi kesehatan, olahraga, bisnis, dan internet.

JNE juga memiliki kepedulian terhadap pandemi Covid 19 yang terjadi pada saat ini. Kepedulian JNE dalam memerangi penyebaran Covid 19 diwujudkan melalui rapid test gratis yang diadakan dalam semarak HUT JNE untuk member JLC dan pelanggan setia JNE yang datang langsung mengirimkan paket ke titik layanan atau gerai JNE di kantor pusat maupun kantor--kantor perwakilan JNE wilayah Jabodetabek dengan minimal transaksi kiriman Rp. 300.000. Periode promo rapid test gratis ini berlangsung 10 hari dari 26 November hingga 5 Desember 2020.

Melalui pengembangan produk -- produk layanan JNE secara berkelanjutan serta adanya program tanggung jawab sosial perusahaan JNE terhadap masyarakat, maka akan terwujud kebahagiaan untuk berbagai kalangan, antara lain pebisnis, pegawai, dan seluruh masyarakat. Jika bisnis lancar, pekerjaan lancar, masyarakat sejahtera, maka semuanya pun akan senang.

Sumber Gambar: www.forbesindia.com
Sumber Gambar: www.forbesindia.com

Sumber Gambar: www.freepik.com
Sumber Gambar: www.freepik.com

#jne

#jne30tahun

#connectinghappiness

#30tahunbahagiabersama

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun