Mohon tunggu...
I Made Samuel Raharja
I Made Samuel Raharja Mohon Tunggu... Wiraswasta - A Proud Father

Edukasi menjadi faktor yang sangat lekat dengan kebutuhan hidup dan selalu beradaptasi sesuai kebutuhan zaman sehingga penting untuk mengingat norma norma dasarnya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Teori Piaget dan Teknologi bagi Pendidikan Anak Usia Dini

30 Oktober 2022   00:07 Diperbarui: 30 Oktober 2022   00:09 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: https://arpost.co/2020/01/07/pickplay-introduces-children-to-ar-technology/

Penggunaan perangkat teknologi merupakan suatu kegiatan yang sudah lekat dengan keseharian kita saat ini. Sudah menjadi pemandangan yang lumrah jika kita berpapasan dengan orang yang tetap menggunakan gadget sambil berjalan ataupun anak - anak usia dini yang sudah sangat fasih menggunakan gadget. Sebagaimana penelitian yang dilakukan oleh Luthfatun Nisa (2020) hampir 55% dari penduduk Indonesia adalah pengguna gadget. Didalamnya termasuk anak yang masih tergolong kelompok umur di usia dini. Sehingga sangat penting untuk mengarahkan kegiatan penggunaan gadget ini ke penggunaan yang lebih positif dan dapat mendukung perkembangan anak.

Penggunaan gadget dalam pendidikan anak usia dini bisa dirancang untuk mengembangkan pendidikan yang interaktif dan kreatif. Dari sudut pandang teori Piaget, kelompok usia dini dengan range 2 - 7 tahun termasuk dalam tahap praoperasional. Anak - anak yang berada di tahapan ini menggunakan pengamatannya dan mengaitkannya dengan suatu ide ataupun kegiatan. 

Berikut adalah aspek - aspek dari tahap perkembangan ini (Sanghvi, 2019):

  • Conservation

Pengertian anak akan sesuatu dalam jumlah tertentu adalah sama tanpa memperhatikan perubahan pengaturan ataupun tampilan fisiknya.

  • Centration

Anak akan lebih cenderung fokus pada satu aspek stimulus.

  • Egocentrism

Anak belum mampu untuk melihat dari sudut pandang orang lain.

Pengaplikasian teknologi ke dalam rancangan pendidikan bagi anak usia dini bisa didasarkan pada aspek kunci tersebut diatas. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah Augmented Reality atau lebih dikenal dengan AR. Penggunaan teknologi AR menjadi pilihan untuk penunjang sarana pembelajaran karena:

  • Teknologi AR lebih mudah dalam penggunaannya karena hanya memerlukan kelengkapan gadget dan alat pendukung yang sederhana yaitu handphone, aplikasi pendukung dan kartu materi. Sehingga dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah maupun dirumah.

  • Teknologi AR meningkatkan kreativitas dalam proses pembelajaran sehingga lebih menjadi lebih menarik sebagaimana merupakan salah satu aspek dari teori Piaget.

  • Teknologi AR membantu meningkatkan interaksi anak dalam proses pembelajaran.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Austin, Texas (Pan, 2021), anak - anak menunjukkan sikap yang positif dalam penggunaan AR, dimana materi pembelajarannya disesuaikan dengan tingkat kognitif anak tersebut. Aktivitas yang digunakan adalah gadget berupa handphone atau tablet untuk melakukan camera scan pada kartu materi menggunakan aplikasi AR. Tampilan 3 dimensi dari object pada kartu, warna yang menarik dan kemampuan untuk mengontrol ukuran maupun sudut pandang object memberikan daya tarik bagi anak untuk berkonsentrasi,  merangsang pemikiran untuk berdiskusi dengan teman atau guru sehingga juga mengasah kemampuan bersosialisasi. 

Jadi penggunaan teknologi AR sebagai salah satu metode dalam pembelajaran anak usia dini berdasarkan teori Piaget, dapat memegang peranan yang positif untuk mengubah mindset gadget hanya sebagai hiburan bagi anak, namun juga dapat berupa sumber pengetahuan dan media pembelajaran yang interaktif serta kreatif dibawah bimbingan tenaga pengajar dan orangtua. 

Referensi:

Nisa, Luthfatun. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Thufula: Vol. 8 No. 1 

Pan, Zilong. Lopez, Mary Frances. Li, Chenglu. Liu, Min. (2021). Introducing Augmented Reality in Early Childhood Literacy Learning. Research in Learning Technology: Vol. 29. 

Sanghvi, P. (2020). Piaget's theory of cognitive development: a review. Indian Journal of Mental Health, 7(2), 90-96.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun