Konsep dasar manajemen komunikasi yaitu adaÂ
* Manajemen
* TujuanÂ
* Art center sciense
* Proses
* SumberdayaÂ
Beberapa konsep dasar manajement komunikasi  ada beberapa proses manajemen komunikasi yakni planing, organizing,actuating, dan kontroling. Jadi tujuan dasar tujuan organisasinya adalahÂ
* menetapkan sasaran atau tujuan, merumuskan strategi,.mengembangkan subrencana
* Menentukan apa yang perlu dilaksanakan, cara pelaksanaan, dan siapa yang melakukanÂ
* Mengarahkan dan memotivasi semua pihak yang terlibat dan memecahkan pertentanganÂ
* Mamantau kegiatan untuk memastikan semua kegiatan sesuai rencana
Konsep dasar komunikasi secara etimologi komunikasi memiliki akar kata dari bahasa latin Communicare yang bermakna to share atau make common berbagai atau menjadikan bersifat umum sedangkan secara terminologi definisi komunikasi menurut Pearson dan Nelson komunikasi didefinisikan sebagai the proses of understanding and sharing mearning artinya proses memahami dan berbagai makna dalam hal ini komunikasi menekankan pada proses untuk memahami dan membagikan sudut pandang lain secara efektif . Definisi komunikasi dalam buku-buku teks menajemen pada awalnya merujuk pada sebuah model yang disebut teori matematika komunikasi yang terpopuler pada tahun 1950 an . Model ini memandang model komunikasi sebagai sebuah proses satu arah ( one way proses) yaitu informasi yang disampaikan dari pengirim kepada penerima, perkembangan konsep dasar komunikasi pada perkembangannya model komunikasi tidak lagi berbentuk satu arah tetapi mengandung putaran umpan balik yang mengacu pada signal yang diterima oleh pengirim dan model komunikasi interaktif ini disebut model sistem system' model
✓Hubungan manajemen dan komunikasi
Agar komunikasi dapat mencapai tujuan secara efektif maka unsur yang ada dalam proses komunikasi perlu dikelola sedemikian rupa dengan mengaitkan. Beberapa fungsi menajemen yakni fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian. Berdasarkan matrik tersebut, sangat jelas bagaimana mengelola aktivitas komunikasi agar mampu mencapai sasaran dan tujuan diselenggarakan kegiatan komunikasi.Â
✓ fungsi komunikasi
Proses pemindahan informasi dan pengertian antara dua orang atau lebih dimana masing- masing berusaha untuk membeli arti pada pesan yang dikirim melalui suatu media
1. Mengontrol prilaku anggotaÂ
2. Menyediakan informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan
3. Membantu perkembangan motivasi mengenai apa yang harus dilakukan
4. Bentuk ungkapan emosional Â
Model proses komunikasi
Berikut tahapan antara suatu sumber dengan penerima yang menghasilkan pengertian mengenai suatu makna. Konteks manajemen komunikasiÂ
* Konteks intrapersonal merupakan awal proses komunikasi yang terfokus pada mengamati mendengarkan,membaca, berpikir dan mencari inspirasi. Kegiatan terbanyak dalam konteks komunikasi yaitu mencari informasi untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan
* Konteks interpersonal yakni proses yang melibatkan orang lain dalam membentuk makna bersama, melalui sharing of information, memberi umpan balik dan memelihara hubungan sosial dalam konteks manajemen jaringan interpersonal merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk penyaluran informasi, bahkan argumentasinya dan persuasi lebih mudah dilakukan melalui konteks ini.
* Konteks organisasional yaitu proses komunikasi terjadi dalam jenjang organisasi lebih bersifat formal melalui komunikasi organisasi individu terlibat dalam menjalin hubungan secara bersama-sama dan mencapai tujuan bersama
Teknologi komunikasi meliputi aspek perangkat keras seperti : telepon, intercom, mesin copy, komputer , jaringan internal LAN
Kompetensi manajemen komunikasi
Ada beberapa untuk kompetensi manajemen komunikasi yaitu penguasaan teori, riset , bahasa , teknologi komunikasi, dan spesialisasi. Individu dalam manajemen komunikasi diri sebagai agen perubahan individu adalah manajer- manajer komunikasi yang commited untuk mempelajari tentang berbagai cara mengingatkan kompetensi yang berkaitan dengan dirinya. Agar mampu mengetahui arti manajemen komunikasi dengan baik, maka kita harus memahami pengertian dari setiap kata tersebut yaitu manajemen dan komunikasi. Manajemen komunikasi pada dasarnya suatu perpaduan ilmu komunikasi dengan teori manajemen untuk bisa diterapkan dalam berbagai latar tempat belakang suatu komunikasi. Jadi disini manajemen komunikasi ini yakni cara setiap individu dalam mengelola proses komunikasi yang berhubungan dengan pihak lain dalam hal berkomunikasi. Manajemen komunikasi juga akan membentuk suatu alur komunikasi agar nantinya bisa melahirkan koordinasi yang tidak saling berbenturan dan untuk menghasilkan solusi jika nantinya ada perbedaan pendapat. Selain itu manajemen komunikasi ini juga bermanfaat untuk menjaga hubungan baik pada tiap anggota didalam  perusahaan. Tanpa adanya komunikasi yang baik, kemungkinan akan terjadi konflik internal yang bisa berpengaruh pada kerjasama yan tidak maksimal.Â
Kesimpulan
Tanpa adanya komunikasi yang baik, maka segala sesuatunya pasti akan menjadi lebih rumit, terlebih lagi dalam mencapai kesuksesan suatu bisnis. Berdasarkan penjelasan diatas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa manjeman komunikasi adalah suatu proses timbal balik dalam menginformasikan suatu hal pada orang lain. Bentuk pengelolaan komunikasi ini adalah kunci utama keberhasilan dalam setiap jenis hubungan, baik itu hubungan persahabatan maupun kerjasama.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H