Mohon tunggu...
Husnul Khotimah
Husnul Khotimah Mohon Tunggu... Akuntan - mahasiswa Akuntansi UPN "Veteran" Jawa Timur

Halo saya Husnul

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Inovasi Usaha Kecil, Menengah Dan Mikro Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Lokal

21 Desember 2024   18:58 Diperbarui: 21 Desember 2024   19:08 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

A. Pendahuluan 

      Mahasiswa adalah penerus negara dan harus mempunyai potensi perubahan. Pelaku UMKM memerlukan inovasi kreatif untuk meningkatkan daya saing produk lokal. Selain itu, mahasiswa juga memiliki peran aktif dalam peningkatan/mengembangkan UMKM agar semakin berkembang dan dikenal khalayak luar. Dengan cara ini kita bisa membangun kesuksesan produk lokal. Mahasiswa juga dapat memanfaatkan teknologi digital di era globalisasi saat ini. Era globalisasi merupakan era persaingan khususnya dalam pengembangan produk lokal. Menghadapi tantangan era digital yang mengglobal, sangat penting untuk mempertahankan nilai-nilai negara. Menghadapi tantangan tersebut, mahasiswa perlu berperan aktif dalam mengembangkan produk lokal yang lebih maju. Mahasiswa juga dapat memberikan ide dan inovasi kepada UMKM agar dapat maju dan bersaing di pasar.

B. Pembahasan

     Faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi usaha kecil, menengah dan mikro untuk meningkatkan daya saing produk lokal

      Daya saing pasar dapat disebabkan oleh banyak faktor. Selain itu, kita juga perlu fokus pada kualitas produk agar terus menarik perhatian khalayak atau konsumen. Jika produk kita mempunyai kualitas yang lebih baik dan lebih menarik dibandingkan produk lain maka konsumen akan memilih produk kita. Inovasi produk juga dapat mempengaruhi nilai jual yang unik dan khas untuk menarik perhatian konsumen pasar. Banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan inovasi usaha kecil, menengah dan mikro, antara lain faktor eksternal dan faktor internal. Berikut penjelasan beberapa faktor, antara lain:

1. Faktor internal yang mempengaruhi inovasi usaha kecil, menengah dan mikro untuk meningkatkan daya saing produk lokal 

   a) Faktor Sumber Daya Manusia (SDM)

        Sumber daya manusia adalah faktor yang sangat penting untuk inovasi dan kreativitas usaha kecil, menengah, dan mikro.                         Sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif meningkatkan produk atau jasa yang mampu bersaing dalam dunia bisnis.

   b) Faktor keuangan

          Faktor finansial atau permodalan sangat penting bagi inovasi pada UMKM karena memiliki modal yang cukup dapat                                     meningkatkan daya saing eksternal. Hal ini dapat dicapai dengan memanfaatkan pendanaan sedapat mungkin untuk                                     meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan kualitas produk, dan menjadi lebih kreatif dan inovatif. Karena dengan cara               ini kita bisa meningkatkan daya saing produk lokal.

   c) Faktor manajemen

         Faktor manajemen adalah salah satu cara untuk mengembangkan daya saing produk lokal. Dengan melalui pengelolaan yang                   terorganisir dengan baik. Karena manajemen itu sangat penting, pengelolaan sumber daya melalui perencanaan,                                             pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Dengan demikian pengelolaan sesuai tanggung jawabnya masing-masing akan           membawa kesuksesan.

   d) Faktor Teknis Teknologi

        Faktor teknis ekonomi berperan sangat penting dalam inovasi UMKM untuk meningkatkan daya saing produk lokal. Karena                      dengan menerapkan strategi digital, memungkinkan bisnis untuk beradaptasi dengan cepat dan dapat mencapat kesuksesan yang          berkelanjutan.

2. Faktor-faktor Eksternal yang mempengaruhi inovasi usaha kecil, menengah dan mikro untuk meningkatkan daya saing produk            lokal

    a) Pasar

         Pasar dapat dipahami sebagai perkumpulan orang-orang secara komersial yang melakukan transaksi kerjasama di pasar. Pasar              terkadang mengalami perubahan yang tidak menentu, sehingga berdampak pada inovasi usaha kecil, menengah, dan mikro                      seperti daya saing produk lokal. Kita juga harus menyesuaikan produk dengan perubahan pasar untuk meningkatkan daya saing              produk lokal.

    b) Persaingan Intensitas

         Persaingan pasar menuntut usaha kecil, menengah, dan mikro untuk terus meningkatkan kemampuan inovasinya guna menjaga           daya saing dan daya saing produk lokal.

    c) Kebijakan pemerintah

         Kebijakan pemerintah berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi, menyediakan lapangan kerja, meningkatkan daya saing,              dan dukungan pemerintah juga membantu meningkatkan UMKM dan inovasi dengan mendukung, mendorong inovasi, dan                      memberikan pelatihan.

Inovasi usaha kecil, menengah, dan mikro yang bisa meningkatkan daya saing 

         Inovasi merupakan kunci peningkatan daya saing usaha kecil, menengah, dan mikro. Di era digital, UMKM harus meningkatkan teknologi digital dan inovasi produk, yang bisa bersaing di pasar. Usaha kecil, menengah, dan mikro harus memiliki strategi untuk mengembangkan produk kreativ yang dapat dilihat oleh konsumen, diantaranya:

  • Pengembangan produk baru : Fokusnya adalah mengembangkan lebih lanjut produk baru atau lebih menyempurnakan produk yang sudah ada.
  • Memperbaiki proses produksi : Meningkatkan strategi produksi yang lebih efisien untuk mengurangi biaya dan meningkatkan kualitas produk.
  • Mengembangkan strategi pemasaran baru: Di era digital saat ini, kita perlu memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk melibatkan konsumen.
  • Membangun brand yang kreatif : Kita harus menciptakan merek yang kreatif dan unik untuk menarik perhatian konsumen.

C. Kesimpulan

       Penelitian ini menyimpulkan bahwa banyak berbagai faktor, termasuk faktor internal dan eksternal, yang secara signifikan mempengaruhi UMKM untuk inovasi dan peningkatan permintaan produk lokal, termasuk sumber daya manusia, keuangan, manajemen, dan teknologi.

      Dengan ini mahasiswa perlu berperan dalam mengembangkan inovasi produk, meningkatkan perubahasan pasar dan persaingan produk lokal. Pelaku UMKM juga perlu memanfaatkan teknologi digital dan media sosial untuk menarik perhatian konsumen. Strategi dan inovasi diterapkan oleh UMKM, yaitu mengembangkan produk, proses, strategi pemasaran, dan membangun merek yang unik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun