A. PendahuluanÂ
   Mahasiswa adalah penerus negara dan harus mempunyai potensi perubahan. Pelaku UMKM memerlukan inovasi kreatif untuk meningkatkan daya saing produk lokal. Selain itu, mahasiswa juga memiliki peran aktif dalam peningkatan/mengembangkan UMKM agar semakin berkembang dan dikenal khalayak luar. Dengan cara ini kita bisa membangun kesuksesan produk lokal. Mahasiswa juga dapat memanfaatkan teknologi digital di era globalisasi saat ini. Era globalisasi merupakan era persaingan khususnya dalam pengembangan produk lokal. Menghadapi tantangan era digital yang mengglobal, sangat penting untuk mempertahankan nilai-nilai negara. Menghadapi tantangan tersebut, mahasiswa perlu berperan aktif dalam mengembangkan produk lokal yang lebih maju. Mahasiswa juga dapat memberikan ide dan inovasi kepada UMKM agar dapat maju dan bersaing di pasar.
B. Pembahasan
   Faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi usaha kecil, menengah dan mikro untuk meningkatkan daya saing produk lokal
   Daya saing pasar dapat disebabkan oleh banyak faktor. Selain itu, kita juga perlu fokus pada kualitas produk agar terus menarik perhatian khalayak atau konsumen. Jika produk kita mempunyai kualitas yang lebih baik dan lebih menarik dibandingkan produk lain maka konsumen akan memilih produk kita. Inovasi produk juga dapat mempengaruhi nilai jual yang unik dan khas untuk menarik perhatian konsumen pasar. Banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan inovasi usaha kecil, menengah dan mikro, antara lain faktor eksternal dan faktor internal. Berikut penjelasan beberapa faktor, antara lain:
1. Faktor internal yang mempengaruhi inovasi usaha kecil, menengah dan mikro untuk meningkatkan daya saing produk lokalÂ
  a) Faktor Sumber Daya Manusia (SDM)
    Sumber daya manusia adalah faktor yang sangat penting untuk inovasi dan kreativitas usaha kecil, menengah, dan mikro.             Sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif meningkatkan produk atau jasa yang mampu bersaing dalam dunia bisnis.
  b) Faktor keuangan
     Faktor finansial atau permodalan sangat penting bagi inovasi pada UMKM karena memiliki modal yang cukup dapat                   meningkatkan daya saing eksternal. Hal ini dapat dicapai dengan memanfaatkan pendanaan sedapat mungkin untuk                   meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan kualitas produk, dan menjadi lebih kreatif dan inovatif. Karena dengan cara        ini kita bisa meningkatkan daya saing produk lokal.
  c) Faktor manajemen
     Faktor manajemen adalah salah satu cara untuk mengembangkan daya saing produk lokal. Dengan melalui pengelolaan yang          terorganisir dengan baik. Karena manajemen itu sangat penting, pengelolaan sumber daya melalui perencanaan,                       pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Dengan demikian pengelolaan sesuai tanggung jawabnya masing-masing akan      membawa kesuksesan.
  d) Faktor Teknis Teknologi
    Faktor teknis ekonomi berperan sangat penting dalam inovasi UMKM untuk meningkatkan daya saing produk lokal. Karena           dengan menerapkan strategi digital, memungkinkan bisnis untuk beradaptasi dengan cepat dan dapat mencapat kesuksesan yang     berkelanjutan.
2. Faktor-faktor Eksternal yang mempengaruhi inovasi usaha kecil, menengah dan mikro untuk meningkatkan daya saing produk       lokal
  a) Pasar
     Pasar dapat dipahami sebagai perkumpulan orang-orang secara komersial yang melakukan transaksi kerjasama di pasar. Pasar        terkadang mengalami perubahan yang tidak menentu, sehingga berdampak pada inovasi usaha kecil, menengah, dan mikro            seperti daya saing produk lokal. Kita juga harus menyesuaikan produk dengan perubahan pasar untuk meningkatkan daya saing        produk lokal.
  b) Persaingan Intensitas
     Persaingan pasar menuntut usaha kecil, menengah, dan mikro untuk terus meningkatkan kemampuan inovasinya guna menjaga      daya saing dan daya saing produk lokal.
  c) Kebijakan pemerintah
     Kebijakan pemerintah berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi, menyediakan lapangan kerja, meningkatkan daya saing,        dan dukungan pemerintah juga membantu meningkatkan UMKM dan inovasi dengan mendukung, mendorong inovasi, dan            memberikan pelatihan.
Inovasi usaha kecil, menengah, dan mikro yang bisa meningkatkan daya saingÂ
     Inovasi merupakan kunci peningkatan daya saing usaha kecil, menengah, dan mikro. Di era digital, UMKM harus meningkatkan teknologi digital dan inovasi produk, yang bisa bersaing di pasar. Usaha kecil, menengah, dan mikro harus memiliki strategi untuk mengembangkan produk kreativ yang dapat dilihat oleh konsumen, diantaranya:
- Pengembangan produk baru : Fokusnya adalah mengembangkan lebih lanjut produk baru atau lebih menyempurnakan produk yang sudah ada.
- Memperbaiki proses produksi : Meningkatkan strategi produksi yang lebih efisien untuk mengurangi biaya dan meningkatkan kualitas produk.
- Mengembangkan strategi pemasaran baru: Di era digital saat ini, kita perlu memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk melibatkan konsumen.
- Membangun brand yang kreatif : Kita harus menciptakan merek yang kreatif dan unik untuk menarik perhatian konsumen.
C. Kesimpulan
    Penelitian ini menyimpulkan bahwa banyak berbagai faktor, termasuk faktor internal dan eksternal, yang secara signifikan mempengaruhi UMKM untuk inovasi dan peningkatan permintaan produk lokal, termasuk sumber daya manusia, keuangan, manajemen, dan teknologi.
   Dengan ini mahasiswa perlu berperan dalam mengembangkan inovasi produk, meningkatkan perubahasan pasar dan persaingan produk lokal. Pelaku UMKM juga perlu memanfaatkan teknologi digital dan media sosial untuk menarik perhatian konsumen. Strategi dan inovasi diterapkan oleh UMKM, yaitu mengembangkan produk, proses, strategi pemasaran, dan membangun merek yang unik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H