Mohon tunggu...
Husnul Khatimah
Husnul Khatimah Mohon Tunggu... Guru - inclusive enthusiast

pegiat dan praktisi pendidikan inklusif dan penanganan anak spesial

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Melebihi Perbedaan Membangun Empati dan Memaafkan di Ruang Kelas

31 Agustus 2024   06:49 Diperbarui: 31 Agustus 2024   06:57 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Foto pribadi, aktivitas refleksi interaksi siswa di kelas.

"Memaafkan bukan berarti melupakan, tetapi mengingat untuk belajar dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih bijaksana dan empatik."

Banjarbaru-Null. Di sekolah saya, kelas inklusif bukan sekadar konsep; ini adalah kenyataan yang kami hadapi setiap hari. Dalam ruang kelas yang sama, ada anak-anak dengan beragam kemampuan dan tantangan dari mereka yang memiliki hambatan klinis, seperti gangguan motorik dan sensorik, hingga anak-anak yang berjuang dengan hambatan perilaku, seperti kesulitan mengontrol emosi atau kecenderungan hiperaktif. Mengelola kelas yang beragam seperti ini memerlukan strategi dan pendekatan yang lebih dari sekadar metode pengajaran konvensional.

Mengajarkan Memaafkan sebagai Kunci dalam Pendidikan Inklusif

Di ruang kelas yang penuh dengan dinamika seperti ini, memaafkan bukan hanya sebuah pilihan, tetapi kebutuhan. Namun, memaafkan di sini bukan berarti melupakan semua kesalahan atau konflik yang pernah terjadi. Sebaliknya, kami percaya pada konsep "memaafkan tetapi tidak melupakan," yang berarti mengingat hal-hal terbaik dari peristiwa tersebut untuk tumbuh dan belajar bersama. Ini adalah proses yang melibatkan banyak empati dan keinginan untuk memahami satu sama lain.

Misalnya, ada saat-saat ketika siswa di kelas merasa frustrasi atau kesal dengan perilaku seorang teman yang memiliki hambatan perilaku. Pada titik ini, peran kami sebagai pendidik adalah untuk membantu siswa mengolah perasaan mereka. Kami tidak meminta mereka untuk melupakan rasa kesal atau marah yang mereka rasakan. Sebaliknya, kami mengajak mereka untuk memaafkan teman mereka dengan melihat konteks dan tantangan yang dihadapi.

Memaafkan, Mengingat, dan Belajar dari Pengalaman

Ketika anak-anak di kelas belajar memaafkan, mereka juga belajar untuk tidak melupakan peristiwa tersebut, tetapi dengan cara yang positif. Mereka diundang untuk mengingat apa yang telah terjadi, bukan sebagai sesuatu yang buruk, tetapi sebagai pengalaman belajar. Ini mengajarkan mereka untuk menjadi lebih bijaksana dan berempati.

Contohnya, salah satu siswa kami pernah merasa sangat kesal dengan teman sekelasnya yang memiliki hambatan perilaku. Awalnya, dia merasa sulit untuk berinteraksi dan sering merasa terganggu oleh perilaku temannya itu. Setelah kami memberikan pemahaman dan mengajaknya untuk merefleksikan situasi, siswa ini mulai melihat masalah dari perspektif yang berbeda. Ia mulai menyadari bahwa temannya tidak bermaksud untuk mengganggu, tetapi sedang berjuang dengan tantangan pribadi yang tidak dia pahami sebelumnya.

Dengan memaafkan dan tidak melupakan, siswa tersebut tidak hanya menjadi lebih sabar, tetapi juga lebih bijaksana. Dia belajar untuk melihat lebih dalam, memahami perbedaan, dan bahkan menawarkan dukungan kepada temannya. Ia mengenang pengalaman ini sebagai momen penting yang membentuknya menjadi pribadi yang lebih peduli dan empatik.

Strategi Mengelola Konflik dengan Empati dan Refleksi

Di kelas kami, konflik pasti ada, tetapi ini juga merupakan kesempatan bagi kami untuk mengajarkan empati dan memaafkan. Kami menggunakan pendekatan seperti diskusi kelompok dan aktivitas refleksi untuk membantu siswa memahami dan mengolah perasaan mereka. Siswa diajak untuk memikirkan bagaimana mereka ingin diperlakukan jika berada dalam posisi yang sama, sehingga mereka belajar untuk tidak hanya memaafkan, tetapi juga melihat pelajaran berharga dari setiap interaksi.

Aktivitas refleksi ini tidak hanya mencakup kesalahan dan konflik, tetapi juga pencapaian mereka, baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Dengan mendorong refleksi, siswa menyadari perubahan positif dalam diri mereka dan belajar untuk mengapresiasi setiap kemajuan yang mereka capai. Mereka belajar untuk tidak melupakan, karena dari setiap pengalaman, mereka tumbuh menjadi pribadi yang lebih matang.

Hasil Positif dari Pendekatan Memaafkan dan Refleksi

Pendekatan ini membawa hasil yang sangat positif. Kami melihat perubahan nyata dalam cara anak-anak berinteraksi satu sama lain. Siswa yang sebelumnya merasa sulit menerima teman sekelas yang berbeda, kini lebih terbuka dan menerima. Mereka memahami bahwa memaafkan bukan berarti melupakan apa yang terjadi, tetapi memilih untuk mengingatnya sebagai pelajaran yang memperkaya hidup mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun