Nama: Humairah Azzahara
NIM : 23010400125
Matkul: Filsafat Dan Etika Komunikasi
Dosen Pengampu: Dr. Nani Nurani Muksin, S.Sos, M.Si
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kampus : Universitas Muhammadiyah Jakarta
Filsafat dan Etika Komunikasi Dalam Dunia Pekerjaan/Bisnis
Bisnis dipahami sabagai seluruh kegiatan komersial dan industri yang menghasilkan barang dan jasa untuk meningkatkan dan memelihara kualitas hidup. Bisnis bukan semata-mata kegiatan yang berorientasi mencari keuntungan, namun menitikberatkan pada pelaksanaan tanggung jawab sosial dengan meyediakan kebutuhan bahan dan jasa untuk meningkatkan dan menjaga taraf hidup. Dalam kegiatan bisnis, dikelola sumber daya manusia, sumber daya alam, teknologi, dan sumber daya finansial untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut diperoleh dengan mengantisipasi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan masyarakat ( Stead eel al : 1994)Â Â Â
Bisnis dan komunikasi merupakan dua hal yang tidak dapat terpisah. Suatu kegiatan bisnis tidak dapat berjalan dengan baik tanpa komunikasi yang berlangsung dengan baik. Intensitas kegiatan komunikasi dalam sebuah organisasi bisnis juga akan berhubungan langsung dengan tingkat perkembangan organisasi tersebut. Â
Pada era modern seperti saat ini, kita kita perlu memiliki keterampilan komunikasi bisnis karna diyakini dapat menjadi alat untuk membentuk dan mengubah opini, sikap, dan perilaku. Oleh karena itu, peranya sangat penting dalam dunia bisnis. Hal ini didasari oleh kondisi sat ini Dimana perkembangan dan persaingan antar pelaku bisnis semakin ketat, sehingga terbentuk pandangan bahwa perusahan atau dunia bisnislah yang membutuhkan konsumen, bukan sebaliknya. Salah satu contoh komunikasi sangat berpengaruh pada dunia bisnis saat ini adalah, banyaknya platform yang menyelenggarakan Live Sale, misalnya pada aplikasi TikTok, Shopee, Instagram, bahkan Facebook. Keterampilan komunikasi dapat sangat mempengaruhi konsumen untuk memesan barang/jasa yang kita tawarkan. (Thian Alexander 2022 : 5)
Dalam komunikasi dunia pekerjaan atau bisnis, teori komunikasi yang cocok adalah teori komunikasi organisasi. Teori komunikasi organisasi membahas bagaimana komunikasi memebgaruhi organisasi, termasuk bagaimana informasi disampaikan, diterima, dan diproses didalam suaru Perusahaan atau lingkungan kerja.
Melakukan komunikasi adalah hal yang sangat diperlukan dalam internal sebuah organisasi. Melalui komunikasi akan dihasilkan hubungan dan pengertian yang lebih baik antara atasan dan bawahan, kolega, dan orang-orang didalam maupun daluar organisasi. Komunikasi akan membantu setiap orang yang terlibat untuk menegrti perubahan, bagaimana seharusnya mereka mengelola perubahan itu dan bagaimana mengurangi penolakan terhadap perubahan. (Dani:2019)
Selain itu, komunikasi dalam dunia kerja sangat berkaitan erat dengan hakikat manusia yang ingin tahu karna manusia secara semula ingin memahami konteks, arah, dan makna disebalik informasi yang mereka terima. Dalam konteks dunia pekerjaan komunikasi yang jelas dan terbuka membantu memenuhi kebutuhan manusia untuk mengerti peran mereka, tujuan Perusahaan dan bagaimana mereka dapat berkontrubusi dengan efektif.Â
Hakikatnya terdapat dua cara manusia untuk tahu, yaitu bertanya kepada manusia lain atau bertanya kepada diri sendiri dan melakukan penyelidikan sendiri. Biasanya, semakin lanjut usia seseorang maka semakin banyak pengalama hidupnya dikarnakan kemampuan menyeledikinya semakin besar, yang membuat hasil pengetauannya semakin banyak, lebih luas, dan lebih mendalam. (Dani V. 2005 : 2)
Daftar Pustaka
Vardiansyah Dani, 2018. "Filsafat komunikasi" Jakarta. Indeks Jakarta hal 02
Indah Yatri, 2009. "Komunikasi Bisnis". PT Gramedia Indonesia
Thian Alexander, 2022 "Komunikasi Bisnis". Yogyakarta, Andi Yogyakarta
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H