UMKMÂ
Usaha Menengah, Kecil, Mikro merupakan jenis usaha yang diukur berdasarkan skala yang berbeda-beda baik dari modal, pendapatan maupun jumlah tenaga kerja suatu usaha, seperti yang kita ketahui di Indonesia UMKM sangat berperan penting dalam membantu perekonomian negara dengan menciptakan lapangan kerja. Namun dalam menjalankan usaha tentu ada persaingan bisnis didalamnya, beberapa hal perlu di perhatikan baik dalam meningkatkan kualitas maupun layanan.Â
Biasanya, persaingan dapat terjadi karena banyaknya usaha yang serupa, atau keterbatasan pasar, persaingan bisnis menjadi suatu tantangan yang serius, namun dengan strategi yang tepat suatu usaha UMKM dapat bertahan dan berkembang.Â
Lalu apa saja yang harus pendiri UMKM perhatikan dalam menjalankan usaha nya? Selain kualitas produk yang dijual atau layanan yang diberikan suatu UMKM kepada pelanggan berikut beberapa hal yang harus diperhatikan guna menghadapi persaingan UMKM.Â
Apa itu Segmentasi Pasar? Mengapa hal ini penting untuk dilakukan pemilik suatu usaha? jadi, segmentasi pasar adalah kegiatan dimana pemilik atau pendiri usaha dapat menganalisis lalu membagi atau mengelompokan suatu pasar ke dalam kategori konsumen yang berbeda. hal ini dilakukan agar kita mengetahui karakteristik suatu pasar baik dari segi kebutuhan,umur,lokasi, gaya hidup dsb.Â
Setelah mengetahui segmen pasar yang dituju suatu usaha dapat dengan mudah mengetahui apa yang pelanggan mau, hal ini membuat usaha dapat menyesuaikan produk mereka, layanan atau pun strategi pemasaran. Segmentasi Pasar sangat penting dilakukan karena dapat meningkatkan efisiensi pemasaran dengan memahami kebutuhan pelanggan secara spesifik suatu usaha dapat membuat strategi pemasaran yang lebih berfokus dan tentunya menghemat biaya pemasaran. Â
Hal ini juga dapat memaksimalkan rasa kepuasan pelanggan dengan menyediakan suatu produk, atau layanan yang tepat dan tentu dapat meningkatkan keunggulan kompetitif.Â
Selanjutnya ada inovasi produk atau layanan, apa itu inovasi? Inovasi adalah suatu proses menciptakan hal yang baru, hal yang berbeda untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas suatu usaha yang dijalankan, baik menciptakan inovasi produk yang baru, yang berbeda ataupun mengembangkan suatu layanan, atau dapat berupa strategi promosi yang unik dan kreatif. Hal ini tentu sangat berperan penting dalam  menjaga daya saing. Suatu usaha dapat dibedakan dengan usaha yang lain karena inovasi yang dimiliki, keuntungan lainnya yaitu dapat memperluas jangkauan pasar.Â
Promosi Â
Promosi adalah suatu kegiatan mengenalkan suatu produk atau layanan kepada pelanggan, promosi yang efektif sangat membantu suatu usaha dalam menambah jumlah penjualan dan pelanggan. dalam mempromosikan suatu usaha tentunya terdapat strategi yang harus di tetapkan promosi sendiri ada banyak jenis nya diantaranya :Â
1. promosi online
2. promosi offlineÂ
3. promosi dari mulut ke mulutÂ
4. membuat konten video, blog menarikÂ
contoh : sebuah UMKM mengundang influencer dalam mempromosikan produk mereka, masyarakat yang mengenal influencer tersebut jadi tau produk nya dan ikut mencoba karena melihat dan menonton rekomendasi dari influencer tersebut.Â
berkaca dari UMKM Mie Jebew teh emil yang didirikan oleh pasangan suami istri, usaha kecil rumahan dan terletak ditempat yang cukup susah untuk dijangkau pasar karena terletak di gang sempit, namun dengan strategi dan perencanaan bisnis yang matang UMKM tersebut memiliki keunikan atau inovasi juga strategi pemasaran yang mengundang influencer banyak masyarakat yang ingin mencoba bahkan dari luar kota. Hal itu menunjukan betapa berpengaruhnya inovasi dan keunikan maupun ciri khas suatu usaha agar pelanggan dapat mengingat dan meningkatkan daya saing
KesimpulanÂ
Inovasi, Segmentasi dan Promosi merupakan kunci kesuksesan sebuah UMKM agar dapat bertahan dan bersaing dengan UMKM yang lain, bersaing secara cerdas inovasi membantu usaha mempunyai value atau nilai suatu produk maupun layanan yang dapat diingat oleh pelanggan menciptakan hal yang berbeda dan unik membuat nilai suatu usaha menjadi naik, segmentasi pasar membantu suatu usaha UMKM dalam menjangkau pasar yang tepat dan memenuhi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, promosi salah satu aspek penting dalam menjalankan usaha mengenalkan produk dan layanan tidak akan efektif dan berhasil jika tidak memiliki strategi promosi yang  matang dan baik. Promosi menjadi peran penting dalam senjata persaingan suatu usaha UMKM.Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI