UMKMÂ
Usaha Menengah, Kecil, Mikro merupakan jenis usaha yang diukur berdasarkan skala yang berbeda-beda baik dari modal, pendapatan maupun jumlah tenaga kerja suatu usaha, seperti yang kita ketahui di Indonesia UMKM sangat berperan penting dalam membantu perekonomian negara dengan menciptakan lapangan kerja. Namun dalam menjalankan usaha tentu ada persaingan bisnis didalamnya, beberapa hal perlu di perhatikan baik dalam meningkatkan kualitas maupun layanan.Â
Biasanya, persaingan dapat terjadi karena banyaknya usaha yang serupa, atau keterbatasan pasar, persaingan bisnis menjadi suatu tantangan yang serius, namun dengan strategi yang tepat suatu usaha UMKM dapat bertahan dan berkembang.Â
Lalu apa saja yang harus pendiri UMKM perhatikan dalam menjalankan usaha nya? Selain kualitas produk yang dijual atau layanan yang diberikan suatu UMKM kepada pelanggan berikut beberapa hal yang harus diperhatikan guna menghadapi persaingan UMKM.Â
Apa itu Segmentasi Pasar? Mengapa hal ini penting untuk dilakukan pemilik suatu usaha? jadi, segmentasi pasar adalah kegiatan dimana pemilik atau pendiri usaha dapat menganalisis lalu membagi atau mengelompokan suatu pasar ke dalam kategori konsumen yang berbeda. hal ini dilakukan agar kita mengetahui karakteristik suatu pasar baik dari segi kebutuhan,umur,lokasi, gaya hidup dsb.Â
Setelah mengetahui segmen pasar yang dituju suatu usaha dapat dengan mudah mengetahui apa yang pelanggan mau, hal ini membuat usaha dapat menyesuaikan produk mereka, layanan atau pun strategi pemasaran. Segmentasi Pasar sangat penting dilakukan karena dapat meningkatkan efisiensi pemasaran dengan memahami kebutuhan pelanggan secara spesifik suatu usaha dapat membuat strategi pemasaran yang lebih berfokus dan tentunya menghemat biaya pemasaran. Â
Hal ini juga dapat memaksimalkan rasa kepuasan pelanggan dengan menyediakan suatu produk, atau layanan yang tepat dan tentu dapat meningkatkan keunggulan kompetitif.Â
Selanjutnya ada inovasi produk atau layanan, apa itu inovasi? Inovasi adalah suatu proses menciptakan hal yang baru, hal yang berbeda untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas suatu usaha yang dijalankan, baik menciptakan inovasi produk yang baru, yang berbeda ataupun mengembangkan suatu layanan, atau dapat berupa strategi promosi yang unik dan kreatif. Hal ini tentu sangat berperan penting dalam  menjaga daya saing. Suatu usaha dapat dibedakan dengan usaha yang lain karena inovasi yang dimiliki, keuntungan lainnya yaitu dapat memperluas jangkauan pasar.Â
Promosi Â
Promosi adalah suatu kegiatan mengenalkan suatu produk atau layanan kepada pelanggan, promosi yang efektif sangat membantu suatu usaha dalam menambah jumlah penjualan dan pelanggan. dalam mempromosikan suatu usaha tentunya terdapat strategi yang harus di tetapkan promosi sendiri ada banyak jenis nya diantaranya :Â
1. promosi online
2. promosi offlineÂ