Mohon tunggu...
Deddy Huang
Deddy Huang Mohon Tunggu... Freelancer - Digital Marketing Enthusiast | Blogger | Food and Product Photographer

Memiliki minat di bidang digital marketing, traveling, dan kuliner. Selain itu dia juga menekuni bidang fotografi sebagai fotografer produk dan makanan. Saya juga menulis di https://www.deddyhuang.com

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Naikkan Visibilitas Produk dan Jasa Lewat Instagram Ads

13 Oktober 2021   07:00 Diperbarui: 13 Oktober 2021   07:01 71841
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Instagram (sumber : kompas.com)

Siapa sih yang tidak tahu Instagram? Instagam kini telah menjadi pruduk yang wajib dimiliki oleh setiap orang, bukan hanya orang dewasa, bahkan anak-anak sekalipun. Tetapi jika pengetahuan kita tentang Instagram hanya sebatas untuk pamer foto atau hiburan semata, maka kita akan sangat merugi. Karena di dalam Instagram terdapat jurus ampuh untuk menggali rupiah, yakni "Instagram Ads".

Instagram Ads, Apakah Itu?

Instagram Ads adalah metode beriklan melalui Instagram sendiri, lebih jelasnya metode mempromosikan barang atau jasa dengan menggunakan platform Instagram.

Memahami Instagram Ads memang susah-susah gampang, hal yang terpenting jika kita ingin menggunakan Instagram Ads adalah mengetahui beberapa istilah seperti:

Ads Manager

Ads manager ini adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk create dan setting baik iklan untuk Instagram atau Facebook.
FYI, Sebenarnya aplikasi ini dibuat oleh Facebook. Kalian pasti penasaran, "Apa IG nggak punya aplikasi iklan sendiri ya, kok sampai pakai buatannya FB?".

Pada tahun 2012 terjadi sebuah sejarah yakni Facebook telah mengambil alih Instagram sepenuhnya, perubahan signifikan mungkin tidak kita rasakan. Tetapi dalam Ads / Periklanan, hal ini cukup banyak berubah, karena seluruh aktifitas Instagram Ads telah diintegrasikan dengan Facebook Ads.

Power Editor

Sama halnya dengan Ads Manager, Power Editor juga merupakan aplikasi untuk mensetting iklan kita dan juga merupakan produk Facebook. Hanya saja, Power Editor ini lebih sakti karena mampu bulk setting alias creating dan setting banyak iklan dalam satu waktu atau klik.

Bussiness Manager

Jika anda memiliki banyak akun FB atau IG dan masing-masing menjalankan iklan, maka menggunakan Bussiness Manager adalah pilihan yang sangat tepat, karena Bussiness Manager mampu menampung banyak akun dalam satu tempat. Hematnya, kita bisa menjalankan iklan teman kita juga tanpa meminta akses akun FB atau IG teman kita.

Setelah kita mengetahui istilah-istilah di atas, selanjutnya yang penting diketahui adalah istilah rupa-rupa / jenis Instagram Ads. Ada 4 jenis Ads yang bisa digunakan untuk memulai sebuah iklan mulai dari :

1. Image Ads

Sesuai dengan namanya, Image Ads adalah sebuah iklan berbasis gambar (jpg or png), agaknya jenis iklan ini sangat umum digunakan oleh para pengiklan di seluruh dunia instagram, mungkin karena instagram sudah sangat terkenal dengan fitur share foto ya.

Untuk jenis iklan ini ukuran foto/gambar yang disarankan oleh Instagram sendiri adalah ratio 1:1, yakni mulai 600x600 pixel hingga 1080x1080 pixel untuk portrait, dan 1200x628 untuk lanscape.

Sedangkan untuk caption, kita bisa membuat hingga 2200 karakter. Meski begitu total karakter yang ideal digunakan untuk beriklan cuma 125 saja. Oleh karena ini kan iklan gambar bukan iklan tulisan, jadi konsentrasi keindahannya harus pada gambar yang diiklankan.

2. Video Ads

Lain halnya Image Ads, Video Ads yakni jenis iklan dengan menggunakan video (mp4) sebagai kontennya. Kita tidak bisa mengiklankan sembarang video ya, karena terdapat pembatasan durasi dari Instagram, yakni maksimal 60 detik saja. Jadi kita harus pintar-pintar memaksimalkan 60 detik untuk membuat orang tertarik terhadap jasa atau produk kita.

3. Carousel Ads

Carousel Ads ini memungkinkan kita untuk mengiklankan beberapa gambar atau video dengan menggunakan model slide. Untuk ketentuan ukuran dan durasi sama dengan yang terdapat pada Image Ads dan Video Ads.

4. Stories Ads

Hampir sama dengan jenis-jenis iklan sebelumnya, hanya saja keunikan Stories Ads ini, dia akan nongol ketika kita sedang asik geser-geser stories. Untuk durasi, Stories Ads sendiri adalah durasi paling lama 15 detik.

Bagaimana pendapat kalian tentang Instagram Ads, cukup simple untuk dipahami kan.

Saya akan jelaskan lagi lebih banyak tentang Instagram Ads buat kamu yang masih penasaran. Selamat membaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun