Bagai kendaraan memerlukan bahan bakar, setiap jenis bisnis yang muncul tentunya membutuhkan bahan bakar agar kehadiran bisnisnya bisa terlihat.
Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan social media marketing sebagai salah satu aktivitas pemasaran yang sering digunakan saat ini. Tidak hanya karena biaya yang digunakan lebih terujur, tapi juga bisa menjangkau potensi yang lebih luas.
Sayang sekali bukan kalau tidak dimanfaatkan.
Mau tahu bagaimana supaya kalian bisa mengaktifkan social media marketing yang efektif?
Riset, Riset!
Sebelum kamu hendak mengeluarkan promosi, maka hal yang perlu dilakukan adalah riset.
Ketika hasil riset sudah didapatkan maka bisa dilanjutkan dengan penyusunan strategi dan langkah-langkah.
Dengan riset, baik riset pasar, riset kompetitor, dan riset pelanggan, maka kita bisa mendapatkan data riil mengenai bagaimana kondisi terkini dari ketiga hal tersebut.
Tujuannya agar bisa menghasilkan rekomendasi mengenai pemilih media sosial yang digunakan, jadwal posting, jenis konten yang diunggah, tone dari konten, persona akun yang digunakan, serta hubungan yang akan dibentuk dengan pelanggan atau segmen pasar bisnis kita.
Tujuan Jelas
Tujuan yang jelas akan memudahkan bisnis baru untuk mengoptimalkan media sosial milik mereka.
Langkah awal biasanya tujuan ini bisa digunakan untuk mencari pelanggan baru, meningkatkan loyalitas pelanggan, meningkatkan trafik kunjungan ke profil atau kita ingin agar pelanggan sadar dengan kehadiran brand milik kamu.
Sehingga kamu wajib tahu dulu tujuan yang ingin didapat. Setidaknya bisa menjadi prioritas yang dikejar.
Untuk bisnis baru tahap awal, saran saya cukup tentukan satu tujuan saja sudah cukup. Satu tujuan untuk satu waktu sehingga kamu bisa lebih fokus dan hasilnya lebih optimal.
Konten yang Pas
Menjalankan social media marketing tidak akan jah dari urusan konten. Suka atau tidak, kamu tentu akan berurusan dengan konten. Konten yang seperti apa yang disarankan?
Jawabannya adalah konten yang relevan dan menarik. Relevan terhadap menyelesaikan masalah pembaca, tidak hanya berdasarkan imajinasi tapi juga dengan data dan fakta.
Bagaimana cara kita bisa menemukan konten relevan? Tentunya harus dilakukan seperti cara pertama yaitu riset.
Ketika hasil riset kita cocok, maka kita bisa membuat konten yang bermanfaat termasuk untuk melihat kompetitor.
Waktu yang Tepat
Bermain di media sosial memiliki atmosfer yang berbeda. Masing-masing platform media sosial masing-masing memerlukan treatment yang berbeda. Bukan hanya mengenai materi konten yang diupload, tapi juga mengukur kapan waktu yang tepat.
Pemanfaatan media sosial dalam aktivitas pemasaran memang terus meningkat trennya. Penikmat konten merasa perlu mendapatkan nilai dari setiap konten yang dilihat.
Penerapan social media marketing untuk aktivitas pemasaran bisnis baru memang sangat menggiurkan, terlebih jika bisa benar-benar dioptimalkan.
Makanya tujuan dari mengoptimalkan social media marketing ini harapannya bisa juga memberikan dampak yang cepat dengan budget yang lebih masuk akal untuk bisnis yang baru dibangun.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H