"Inovasi yang berkelanjutan dari M2U adalah bentuk perwujudan brand promise Maybank - Humanising Financial Service, yaitu untuk menghadirkan solusi yang dapat menjawab kebutuhan finansial konsumen di mana pun fase kehidupannya, baik anak muda, profesional, keluarga muda, businessman/woman, paruh baya atau di usia matang/golden age. Aplikasi M2U hadir untuk mengisi dan memenuhi kehidupan finansial mereka." Michel Hamilton - Chief Strategy, Transformation & Digital Officer, Maybank Indonesia
***
Ada hubungan love and hate relationship di tahun ini. Bagi saya, tentu saja banyak hal-hal yang sudah direncanakan menjadi berantakan. Bahkan cenderung batal tidak terlaksana. Pola perilaku pun berubah drastis untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.
Namun, memaksa saya untuk belajar kembali dan adaptasi dengan teknologi. Kini, banyak hal yang dilakukan dari rumah. Selain itu seperti mantan yang memiliki cinta bersemi kembali pada Maybank setelah mengikuti webinar beberapa waktu lalu, Kopiwriting Kompasiana bersama Maybank Indonesia.
Dari acara ini saya mendapat insight baru serta cara seru menata keuangan dengan aplikasi M2U milik Maybank untuk bertransaksi.
Maka tak heran, makin banyak orang mulai terbiasa melakukan transaksi secara digital. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari interaksi yang berpotensi menjadi klaster baru dan juga mematuhi aturan pemerintah menjaga jarak sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19.
Kenalkan Aplikasi M2U, Transaksi Lebih Gampang dari Maybank Indonesia
Seperti ujar Michel menyebutkan dalam webinar minggu lalu, di Maybank sendiri sudah lebih dari 90% nasabahnya menggunakan mobile banking.
Transaksi bayar listrik, air, kartu kredit hingga top up e-wallet ada dalam satu aplikasi. Bahkan saat ini buka rekening bank pun cukup dengan sentuhan gawai dan tidak perlu ke kantor cabang.
Ya, kemudahan transaksi dengan satu aplikasi diwujudkan Maybank Indonesia dengan menghadirkan aplikasi mobile banking M2U dengan platform baru yang menawarkan 24/7, yaitu kemudahan layanan perbankan yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun sehingga memberikan customer experience yang lebih baik.
Pengalaman Mencoba Aplikasi M2U
Tentunya ada rasa ingin tahu lebih mengenai seperti apa perkembangan Maybank dalam melayani nasabahnya. Selesai mengikuti webinar kemarin, saya segera mengunduh aplikasi.
Aplikasi M2U ini sudah tersedia untuk kalian pengguna Android maupun iPhone. Sebagai langkah awal untuk menggunakan aplikasi M2U adalah membuka rekening dan transaksi online melalui aplikasi Maybank M2U di mana saja dan kapan saja.
Pada akhirnya nanti akan melakukan verifikasi dengan customer service lewat video call.
Video call sendiri dilakukan sebagai verifikasi data. Dan, apabila selesai melakukan video call dengan petugas maka tinggal menunggu 1 x 24 jam untuk mendapatkan verifikasi lewat email. Verifikasi ini diperlukan agar menjaga keamanan data nasabah.
Saat proses verifikasi gagal, maka langkah selanjutnya adalah mengunjungi cabang terdekat untuk mengurus kembali. Hal ini bisa karena data yang masuk belum otentik. Untunglah pengalaman saya dalam membuka rekening Maybank dari rumah berjalan dengan lancar.
Fitur-Fitur Unggulan Aplikasi M2U
Awalnya saya mengira kalau aplikasi M2U ini akan sama dengan aplikasi digital banking lainnya. Namun, ternyata ada beberapa fitur yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan saya.
Saya mengamati kalau di dalam aplikasi M2U ini bisa dimanfaatkan dalam perencanaan keuangan.
Selain itu, dalam aplikasi M2U juga memiliki menu MyPlan. Fitur ini akan sangat membantu bagi nasabah yang memiliki tujuan seperti membeli rumah impian, liburan keluarga, Qurban atau buat kebutuhan tidak terduga seperti dana darurat.
Menjawab Keresahan Soal Keamanan
Kekhawatiran mengenai keamanan dalam menggunakan digital banking memang paling diresahkan oleh masyarakat, termasuk saya.
Ternyata saya menemukan kalau sistem keamanan aplikasi M2U sudah mumpuni untuk menjawab keresahan. Pengamanan mulai dari saat ingin masuk ke aplikasi bisa menggunakan biometrics, lalu pada saat transaksi pun menggunakan OTP yang selalu berganti-ganti.
Penutup
Berbeda dengan sistem konvensional, digital banking sekarang ini cukup menjanjikan. Kemudahan akses finansial lengkap bisa dinikmati.
Jika melakukan dengan sistem konvensional umumnya membutuhkan waktu cukup lama. Mulai dari mengantri, mendaftarkan berkas-berkas hingga menunggu verifikasi. Sementara melalui sistem digital anda bisa duduk manis dan bersantai untuk registrasi.
Walau memang nanti pada saat pendaftaran secara online, mungkin saja oleh satu dan lain ha, terjadi gagal verifikasi, tapi hal ini bisa diselesaikan dengan mengunjungi salah satu cabang Maybank terdekat dan bertemu dengan CS-nya,.
Namun, pilihan tetap ada ditangan kamu ya? Maybank pun punya dua pilihan kan? Konvensional maupun digital. Bagi kamu yang mobilitas tinggi dan ingin transaksi dengan mudah maka bisa manfaatkan aplikasi M2U ini.
Selamat men-download ya!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H