Mohon tunggu...
Anis YuniAstuti
Anis YuniAstuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Masih menjadi seorang Mahasiswa Di STKIP PGRI TRENGGALEK

Gemini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Resensi Buku Filsafat Pendidikan

3 Januari 2022   14:03 Diperbarui: 3 Januari 2022   14:06 4561
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Judul               : Filsafat Pendidikan

Penulis            : Muhammad Anwar

Penerbit         : Kencana Divisi Dari Predana Media Group

Tebal               : 176 Halaman

Terbit              : 2015

ISBN                :  978-602-1186-52-7 370.1            

Ringkasan

Buku ini membahas filsafat pendidikan yang lahir dari pendidikan sebagai ilmu praktis, dan pendidikan sebagai aspek budaya yang menyampaikan nilai kehidupan, antara lain, dan filosofi dan/atau kearifan orang tua dan keluarga berasal. Filsafat selalu memberi kesan menarik dalam buku "Filsafat Pendidikan dalam Karya Muhammad Anwar". Topik ini berbicara kuat kepada semua orang, buku ini menampilkan aliran filsafat yang dapat menambah pengetahuan pembaca. Buku ini juga bertujuan untuk menjelaskan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan filsafat pendidikan. Filsafat pendidikan lahir dari ilmu pendidikan sebagai ilmu praktis. Dua pendekatan biasanya digunakan untuk memahami pendidikan: pendekatan tradisional dan pendekatan penting. Pendekatan tradisional untuk memecahkan masalah kehidupan dan manusia melalui perkembangannya. Dan pendekatan penting digunakan untuk memecahkan masalah pendidikan saat ini. Mata kuliah utama Filsafat Pendidikan menyajikan dan membahas secara luas tema-tema utama filsafat, antara lain: (1) Pengertian dan letak filsafat dalam ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia. (2) Pengertian pendidikan dan filsafat pendidikan serta perannya. (3) Isu-isu utama filsafat dan pendidikan. (4) Proses kehidupan sebagai landasan filsafat pendidikan. (5) Tujuan hidup dan tujuan pendidikan. (6) Peranan pendidikan dalam kehidupan manusia sebagai entitas biologis. (7) Demokrasi pendidikan, (8) Sekolah filsafat pendidikan.

Kelebihan 

Kelebihan-kelebihan yang terkandung dalam buku ini adalah pembahasan dimulai dengan teori-teori, kemudian dari teori-teori tersebut penulis menarik kesimpulan yang mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu buku ini juga membahas teori-teori yang dapat membawa pembaca menyimpulkan teorinya sendiri tentang pembahasan dalam setiap bab buku ini.

Kekurangan 

Dari segi aspek tata bahasa dalam buku utama banyak menggunakan pendapat para ahli dengan dilengkapi dengan bahasa inggris namun dia menggunakan bahasa-bahasa yang kurang dipahami oleh orang awam sehingga kurang paham dengan materi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun