Mohon tunggu...
WINDA WATI
WINDA WATI Mohon Tunggu... Guru - GURU SD

Saya adalah seorang guru SD di salah satu SD Negeri Di Kota Surakarta. Hobi saya membaca. Selain membaca saya juga punya hobi berkeliling di tempat yang mengandung nilai sejarah seperti candi, dantempat-tempat bersejarah lainnya. Saya memiliki kepribadian yang cenderung ceria , tapi mudah tersinggung. Saya juga orang yang pemaaf.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Parctices PPL 1

6 Juni 2023   21:59 Diperbarui: 6 Juni 2023   22:01 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pemanfaatan Video Pembelajaran dan Media Permainan Dakon

Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Konsep Pembagian Bilangan Bersisa

Pada Peserta Didik Kelas IV Tunagrahita di SD Negeri Petoran Surakarta

Tahun 2022/ 2023

Oleh : Winda Wati, S.Pd

 

Tunagrahita atau disabilitas intelektual merupakan istilah resmi yang digunakan di Indonesia untuk menyebut suatu keadaan yang terjadi pada individu dengan kemampuan intelektual yang mengalami gangguan karena tingkat kecerdasan yang berada di bawah rata-rata (Panzilion et al., 2021; Rojabtiyah, 2019; Wulandari, 2016).

Berdasarkan tingkatannya, tunagrahita dibagi menjadi 4 kategori, yaitu: tunagrahita ringan (dengan IQ: 51-70), tunagrahita sedang (dengan IQ: 36- 51), tunagrahita berat (dengan IQ: 20- 35), tunagrahita sangat berat (dengan IQ di bawah 20) (Rojabtiyah, 2019).

Meskipun mereka mengalami banyak hambatan  dalam kemampuan literasi, bina diri, kemampuan untuk mengendalikan diri, ketrampilan berkomunikasi, bersosialisasi serta kemampuan dalam berhitung (matematika), tetapi mereka mempunyai hak yang sama mendapatkan pendidikan yang layak.

Kemampuan berhitung pada anak tunagrahita memiliki manfaat untuk aktifitas sehari-hari, misalnya pada saat membeli bahan makanan atau membeli perlengkapan, mengelola keuangan secara sederhana, membeli obat-obatan, menggunakan transportasi umum. Selain itu kemampuan berhitung juga merupakan dasar kesiapan anak tunagrahita untuk mengikuti pendidikan.

Anak tuna grahita mengalami kesulitan di dalam berhitung. Anak tunagrahita juga memiliki kekurangan dalam mempelajari konsep berhitung misalnya penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun