Mohon tunggu...
Syaiful Rohman R
Syaiful Rohman R Mohon Tunggu... Guru - SMA Negeri 1 Sampang, Madura

Praktisi Pendidikan, Penulis, Penggiat Literasi, Pemerhati Lingkungan Hidup, Sosial Budaya, dan Kemasyarakatan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Penerapan Literasi Buku Catatan Berbasis Manual dan Digital untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Sampang

26 Oktober 2024   06:24 Diperbarui: 26 Oktober 2024   07:10 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendahuluan

Pembelajaran biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang menuntut pemahaman mendalam tentang konsep/sub konsep yang kompleks, serta kemampuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut dalam situasi praktis. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh para pendidik adalah bagaimana membuat materi pelajaran tersebut dapat dipahami secara lebih baik (lagi) oleh siswa. Penulis, seorang guru biologi di SMA Negeri 1 Sampang, menyadari pentingnya literasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu inovasi yang penulis terapkan adalah perpaduan antara literasi buku catatan berbasis manual dan digital.

Literasi buku catatan merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran yang membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi. Dalam konteks ini, pencatatan manual dengan menulis tangan dan penggunaan perangkat digital seperti aplikasi catatan atau presentasi digital telah terbukti dapat membantu siswa lebih terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Penulis akan menjelaskan penerapan kedua metode tersebut dan dampaknya terhadap hasil pembelajaran biologi di kelas.

Latar Belakang

Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan buku catatan baik dalam format manual maupun digital dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Menulis secara manual memiliki manfaat khusus dalam meningkatkan kemampuan mengingat dan berpikir kritis karena proses ini melibatkan otak secara lebih intensif dibandingkan mengetik (Mueller & Oppenheimer, 2014).

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi
Di sisi lain, buku catatan digital memberikan keuntungan dalam hal aksesibilitas dan fleksibilitas. Siswa dapat dengan mudah menyimpan, mengedit, dan membagikan catatan mereka. Selain itu, integrasi teknologi dalam pembelajaran memungkinkan adanya penggunaan multimedia, yang dapat membuat konsep-konsep biologi lebih mudah dipahami melalui visualisasi (Mangen, Walgermo, & Brnnick, 2013).

Penulis melihat potensi dari kedua metode ini dan memutuskan untuk menggabungkannya dalam strategi pengajarannya. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan buku catatan manual dan digital, penulis berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan produktif.

Metode Penerapan di Kelas

1. Buku Catatan Manual:

Dalam penerapan buku catatan manual, penulis tetap memberikan kebebasan kepada siswa untuk menulis catatan selama pelajaran berlangsung. Catatan manual ini dianggap sebagai alat yang penting dalam proses internalisasi materi. Menulis secara manual melatih fokus dan pemahaman mendalam pada topik yang dibahas, terutama dalam konsep-konsep biologi yang kompleks seperti ekosistem, sistem organ manusia, dan genetika.

2. Buku Catatan Digital:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun