Mohon tunggu...
Geraldo Horios
Geraldo Horios Mohon Tunggu... Lainnya - 没有人 v ホセ

menulis saat banyak pikiran

Selanjutnya

Tutup

Money

Mengenal Kapal Api Global, Raja Kopi Instan di Indonesia

17 Desember 2022   11:24 Diperbarui: 9 Januari 2023   15:07 4176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
kapal api/kapalapistore.com

Mengonsumsi kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Anak muda sebagai konsumen merupakan pendorong peningkatan konsumsi kopi lokal yang berpengaruh ke kopi instan. Kapal Api Global atau dikenal Kapal Api Group sebagai salah satu produsen kopi instan menjadi pemenang dalam persaingan ini. 

Sesuai slogan Kapal Api "Jelas Lebih Enak", perusahaan ini berhasil menangkap hati masyarakat untuk memilih Kapal Api dibandingkan produsen kopi instan yang lain. Bagaimana cara kapal api menjadi pemenang persaingan ini?

Kapal Api Group (Santos Jaya Abadi)

santosjayaabadi.co.id
santosjayaabadi.co.id

Kapal Api Group sebagai salah satu produsen makanan dan minuman di Indonesia memegang pangsa pasar terbesar di bidang kopi instan. Kapal Api Global yang berdiri pada tahun 2008 berhasil mendapatkan posisi tersebut melalui anak usahanya, PT Santos Jaya Abadi. 

Mengutip dari website perusahaan, PT Santos Jaya Abadi didirikan pada tahun 1979, merupakan salah satu perusahaan pemanggangan kopi terbesar di Asia Tenggara. Perusahaan tidak sungkan menggunakan kata terbesar di Asia Tenggara. Santos Jaya Abadi memiliki tiga pabrik yang tersebar di Sidoarjo, Karawang, dan Sukodono. Melalui anak usahanya, Kapal Api memiliki kapasitas produksi hingga 5 ton/jam.

Produk Kapal Api

kopi-kopi-63bbcb14141bec489c1dcd32.jpg
kopi-kopi-63bbcb14141bec489c1dcd32.jpg
website kapalapiglobal.comMenurut riset profil konsumen Indonesia tahun 2022, ada 5 merek kopi instan yang menjadi favorit konsumen Indonesia antara lain Good Day, Kapal Api, Luwak White Cofee, ABC, dan Indocafe. Kapal Api Group mengenggam pangsa pasar terbesar di Indonesia dengan beragam produknya. 

Sesuai namanya, Kopi Kapal Api menjadi salah satu produk unggulan perseroan di pasar Indonesia. Selain Kapal Api, perusahaan juga produsen Good Day dan ABC. Terdapat 3 merek yang digenggam perusahaan dari 5 merek teratas. Merek yang dikeluarkan memiliki harga yang tidak terlalu jauh berbeda. Salah satunya adalah kopi Kapal Api dengan kopi ABC. 

Selain memproduksi 3 merek tersebut, Santos Jaya juga memproduksi Kopi Ya, Kapten, dan Ceremix. Perusahaan juga memperlebar varian Kapal Api menjadi Kapal Api Grande dan Kapal Api Fresco. Dengan berbagai varian produk, Kapal Api Group menjadi salah satu produsen kopi instan terbesar di Indonesia.

Daya Saing Kapal Api

Kapal Api Global sebagai perusahaan holding memiliki keunggulan khusus dalam penetrasi pasar. Keunggulan khusus Kapal Api terletak pada rantai pasok dan branding mereknya. Selain itu, perusahaan juga unggul dalam variasi produk.

Kapal Api memiliki keunggulan rantai pasok yang kompetitif. Kapal Api melalui anak usahanya, PT Sulotco Jaya Abadi memiliki perkebunan khusus kopi yang terletak di Toraja dengan luas 1.200 hektar. Kopi yang telah dipanen, akan diolah PT Santos Jaya Abadi menjadi kopi instan kemasan. Setelah itu, PT Fastrata Buana sebagai perusahaan distributor akan menyebarkan produk Kapal Api ke konsumen. 

Sinergi antar anak usaha membuat rantai pasok yang kompetitif sehingga harga produk dapat ditekan. Kapal Api juga membuat produk untuk mengisi berbagai pasar. Kapal Api dan turunannya (Grande dan Fresco) untuk pasar menengah atas, ABC dan Good Day untuk menengah ke bawah, Kopi Ya dan Kapten untuk bawah. Perusahaan mengoptimalkan kapasitas produksinya untuk mengisi setiap pasar. Branding perusahaan yang sangat baik membuat masyarakat tidak menyadari bahwa ABC, Good Day, dan Kapal Api berasal dari perusahaan yang sama. 

Kapal Api Global sebagai pemegang merek kopi Kapal Api, ABC, dan Good Day memiliki keunggulan kompetitif di kapasitas produksi, rantai pasok, dan branding. Jarangkali masyarakat menyadari ketiga merek ini berasal dari perusahaan yang sama. Kemampuan branding perusahaan membuat produk ini dapat berdiri sendiri. Tidak heran Kapal Api memiliki pangsa pasar yang besar di Indonesia 

17 Desember 2022

Geraldo Horios

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun