Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kita banyak yang berkualitas dan tidak kalah dengan produk luar. Pemerintah pun mendukung UMKM unggulan yang ada di daerah di seluruh Indonesia.
Salah satunya produk unggulan UMKM yang ada di NTT juga ikut meramaikan pasar produk-produk lokal. Pemerintah dalam hal ini BUMN seperti Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Jasa Raharja, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia / ITDC menjalin sinergi kolaboratif bersama Kementerian BUMN dan para stakeholders seperti Bank Indonesia dan IFG Group membantu membina dan mengembangkan produk UMKM.
Pada tanggal 8-10 November 2024 berlangsung event "Pesona Timur Indonesia" yang diselenggarakan di Marina Plaza Hotel Merourah Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Event ini juga nantinya akan dilanjutkan di Sarinah, Jakarta dari tanggal 21 hingga 24 November 2024 mendatang.
Acara ini diadakan sebagai wujud dari implementasi program strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di sektor UMKM dan pariwisata di Kawasan Timur Indonesia. Hal ini tentu berjalan selaras dengan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI).
Melalui Gerakan BBI, diharapkan masyarakat kita lebih mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri serta meningkatkan daya saing produk lokal. Juga sejalan dengan kampanye BBWI yang bertujuan mempromosikan potensi wisata Indonesia, baik itu kekayaan alam, budaya, sejarah dan mendorong masyarakat untuk berlibur serta mendapatkan pengalaman berwisata di dalam negeri.
Event bazar "Pesona Timur Indonesia" ini menariknya secara simbolis peresmian pembukaannya ditandai dengan momen sangrai kopi. Simbolis sangrai kopi dimana api dan asap cukup divisualkan secara digital menjadi representasi semangat para pelaku usaha dan petani kopi setempat menjadikan wilayah Indonesia timur sebagai destinasi unggulan wisata, budaya, kuliner dan kriya.
"Pesona Timur Indonesia" dikemas sebagai wahana yang menampilkan keindahan dan keunikan desa-desa yang telah berhasil mengolah dan memanfaatkan potensi mereka secara mandiri. Adapun fokus utamanya yaitu pada salah satu hubungan erat antara desa dan kopi, yang menjadi komoditas penting sekaligus simbol kekuatan desa di kawasan timur Indonesia.
Bukan hanya simbolis saja tapi juga diperkuat dengan pelaksanaan workshop mengenai kopi Latte Art sebagai seni menghias di atas secangkir espresso dengan bahan dasar minuman cappucino dan cafe latte dengan hasil bentuk desain motif hati, bunga tulip, rosetta, dan inovasi lainnya.Â
Pada kesempatan pembukaan tersebut hadir Kepala Urusan ESG PT. Jasa Raharja, Khawarid Pasaribu, yang menyampaikan bahwa acara "Pesona Timur Indonesia" diharapkan dapat menjadi wadah untuk masyarakat destinasi wisata dalam mengolah potensi lokal menjadi produk bernilai jual, dan para peserta juga akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan di platform PaDi UMKM Marketplace dan program Go Online, yang difasilitasi oleh Rumah BUMN PLN Ende, Rumah BUMN PLN Bajawa, dan Rumah BUMN Labuan Bajo.
Sebanyak 121 UMKM yang terdiri dari 80 UMKM offline dan 41 UMKM online yang terbagi menjadi 67 mitra binaan BUMN Penyelenggara, 21 mitra binaan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, 15 mitra binaan Rumah BUMN Labuan Bajo, 17 mitra binaan Bank Indonesia dan 1 mitra binaan dari Dekranasda.Â
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Drs. Ady Endezon Mandala, M.Si, mengutarakan apresiasinya atas event ini. Bagaimanapun kolaborasi Kementerian BUMN dengan PT. PLN (Persero), menjadi bagian dari perluasan pasar dan promosi dagang dari Pelaku UMKM, dimana produk-produk yang ditampilkan betul-betul dikurasi dengan baik, kemasan juga sudah bagus, branding-nya juga bagus-bagus, dan yang paling penting di sini adalah memang bagaimana caranya agar mempertemukan para pembeli dengan para pelaku UMKM.
Event yang berlangsung tiga hari ini diharapkan dapat menggaet bukan hanya turis mancanegara tapi juga peluang bisnis dan kerjasama. Kemudahan bertransaksi juga diberikan kepada para pengunjung melalui non tunai atau online di www.padiumkm.id, karena semua peserta dalam bazar tersebut telah terdaftar atau onboard di marketplace PaDi UMKM Ajang Belanja, Edukasi, Hiburan dan Hadiah Menarik.
Aneka suguhan kegiatan juga diberikan kepada pengunjung mulai dari talksho, workshop, demo produk, peragaan busana juga hiburan. Diskusi panel berjudul "Sinergi Stakeholder dalam mendukung UMKM, workshop Digital Konten Promosi, workshop Kain Tenun, dan Workshop - Olahan kopi juga dihadirkan.
Para peserta yang mengikuti pembelajaran, pelatihan juga ga mendapatkan pendampingan dalam PaDi UMKM Marketplace dan Go Online bersama Rumah BUMN PLN Ende, Rumah BUMN PLN Bajawa, dan Rumah BUMN Labuan Bajo. Salah satu pelatihannya adalah materi digitalisasi dari PT Telkom Indonesia Tbk, dan transaksi penjualan dari Bank Indonesia NTT.
Ada juga program edukatif yang membagikan informasi berkaitan dengan tumbuh kembang produk UMKM pada saat ini bersama pakar dan influencer terkait bidang desa wisata. Selain itu juga  workshop mengenai pembuatan kain tenun khas NTT yang terdiri dari 4 jenis yaitu tenun ikat, tenun buna, tenun lotis, dan tenun naisa dengan menggunakan pewarna alami. Tak kalah serunya, para pengunjung yang telah bertransaksi juga berkesempatan untuk memenangkan hadiah menarik.
Untuk yang di Jakarta, bersiaplah untuk hadir di "Pesona Timur Indonesia" di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat pada 21-24 November mendatang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H