by : Nazwa Febriani e!23
Startup adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada perusahaan yang baru saja dirintis dan masih dalam tahap pengembangan. Definisi lain menurut Blank dan Dorf (2012), startup adalah perusahaan yang bersifat sementara dengan tujuan untuk mengidentifikasi model bisnis dalam situasi yang belum pasti. Dalam kata lain, startup adalah langkah awal dalam menemukan model bisnis baru. Startup sendiri identik dengan inovasinya dalam teknologi digital berdasarkan perkembangan zaman sebagai keunggulannya.
Perusahaan startup sangat eksis dalam sektor perekonomian Indonesia dan mencapai titik puncaknya pada saat pandemi covid-19 yang juga didorong oleh kecerdikannya dalam mencari celah, peluang, serta strategi untuk beradaptasi dengan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia pada saat itu. Meskipun sering dikaitkan dengan sektor teknologi, perusahaan startup juga dapat ditemukan di berbagai sektor lain.
Karakteristik Perusahaan StartupÂ
1. Inovasi
Startup sangat perlu untuk berinovasi dalam perkembangannya karena melalui inovasi produk yang mereka hasilkan itulah yang nantinya akan membuat dampak dan manfaat untuk pemecahan masalah dalam pasar.
2. Pertumbuhannya yang cepat
Perusahaan rintisan satu ini memiliki potensi pertumbuhan cepat sangat besar yang ditunjang juga oleh faktor perubahan perilaku konsumen yang sudah mulai paham dengan pemanfaatan teknologi.
3. Fleksibilitas
Perusahaan startup cenderung lebih fleksibel dan mampu beradaptasi terhadap perubahan pasar dan kondisi eksternal.
4. Risiko tinggi
Walaupun fleksibel dan mudah beradaptasi, startup sebenarnya memiliki risiko yang sangat tinggi mengingat perusahaan ini masih dalam tahap pengembangan dan rentan terhadap kegagalan jika tidak melakukan riset pasar dengan benar.
5. Sumber daya terbatas
Sudah menjadi ciri khas startup juga untuk mempunyai sumber daya dalam skala kecil, termasuk anggaran, sumber daya manusia, dan infrastruktur.
6. Keterlibatan teknologi
Teknologi memainkan peran sentral dalam operasional, produk, dan layanan yang dikembangkan oleh startup.
Transformasi digital ikut andil dalam peningkatan startup teknologi. Transformasi digital memberi peluang untuk startup teknologi untuk mengembangkan inovasinya secara revolusioner. Startup teknologi dapat mencapai keuntungan yang lebih besar, keunggulan kompetitif, dan kondisi efisien dengan apa yang teknologi digital sediakan. Dengan memanfaatkan teknologi digital seperti kecerdasan buatan, big data, Internet of Things, dan platform digital, startup juga bisa menambahkan nilai tambah yang unik di mata pelanggan. Melalui media sosial dan platform digital, startup dapat melakukan riset pasar dan pengumpulan data mengenai preferensi dan perilaku pelanggan, sehingga startup dapat mengoptimalkan model bisnis mereka.Â
Reference
Suwarno, D. J., & Silvianita, A. (2017). Knowledge sharing dan inovasi pada industri startup. Jurnal Ecodemica, 1(1), 98-106.
Hidayat, T., Sari, D. Y., & Azzery, Y. (2020). Analisa Prediksi Pertumbuhan Start-up Di Era Industri 4.0 Menggunakan Metode Markov Chain. Teknokom, 3(2), 1-7.
Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 3(2), 140-153.
Marpaung, S. F., Siregar, H. Z., Abdillah, F., Fadilla, H., & Manurung, M. A. P. (2023). Dampak Transformasi Digital terhadap Inovasi Model Bisnis dalam Start-up Teknologi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6111-6122.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H