Mohon tunggu...
Hilya Shofa Agnia
Hilya Shofa Agnia Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

nonton&membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

teori lev vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

18 Januari 2025   03:27 Diperbarui: 18 Januari 2025   03:27 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang Perkembangan Sosial dan Kognitif

Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh utama dalam psikologi perkembangan yang memiliki pandangan berbeda tentang bagaimana anak-anak berkembang secara sosial dan kognitif.

1. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget

Piaget berpendapat bahwa perkembangan kognitif terjadi secara bertahap melalui proses eksplorasi dan interaksi individu dengan lingkungannya. Ia membagi perkembangan kognitif menjadi empat tahap utama:

1. Tahap Sensorimotor (0--2 tahun)

Anak belajar melalui pengalaman langsung dan gerakan.

Konsep "objek permanen" mulai terbentuk.

2. Tahap Praoperasional (2--7 tahun)

Anak mulai menggunakan simbol dan bahasa tetapi masih egosentris.

Belum memahami konsep konservasi (misalnya, jumlah cairan yang sama bisa terlihat berbeda dalam wadah berbeda).

3. Tahap Operasional Konkret (7--11 tahun)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun