Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang Perkembangan Sosial dan Kognitif
Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh utama dalam psikologi perkembangan yang memiliki pandangan berbeda tentang bagaimana anak-anak berkembang secara sosial dan kognitif.
1. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget
Piaget berpendapat bahwa perkembangan kognitif terjadi secara bertahap melalui proses eksplorasi dan interaksi individu dengan lingkungannya. Ia membagi perkembangan kognitif menjadi empat tahap utama:
1. Tahap Sensorimotor (0--2 tahun)
Anak belajar melalui pengalaman langsung dan gerakan.
Konsep "objek permanen" mulai terbentuk.
2. Tahap Praoperasional (2--7 tahun)
Anak mulai menggunakan simbol dan bahasa tetapi masih egosentris.
Belum memahami konsep konservasi (misalnya, jumlah cairan yang sama bisa terlihat berbeda dalam wadah berbeda).
3. Tahap Operasional Konkret (7--11 tahun)