Mohon tunggu...
Hilmy Ibrahim
Hilmy Ibrahim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa Universitas Brawijaya, jurusan Bisnis Digital & E-Commerce

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengenal Public Relation: Pengertian, Tugas, Tantangan, Keahlian yang Perlu Dikuasai

24 Januari 2023   10:30 Diperbarui: 24 Januari 2023   15:14 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mengenal Public Relation - Apakah diantara kalian ada yang ingin mengejar karir sebagai profesional public relation atau humas? Bicara tentang PR atau humas, pasti akan muncul pertanyaan, apasih public relation itu? Profesi ini merupakan salah satu jenis pekerjaan yang sedang banyak diminati. Bukan hanya karena profesi ini terlihat keren, namun juga memiliki prospek yang menjanjikan serta menantang. Dengan bermunculnya berbagai perusahaan humas atau corporate consulting, profesi ini semakin dikenal lantaran fungsi dan manfaatnya yang makin populer.

Saat ini, memiliki tim public relations merupakan hal yang penting bagi perusahaan modern untuk menjaga hubungan dengan masyarakat luas. Banyak orang yang memilih untuk mengejar karir di bidang ini, meskipun background pendidikan yang berbeda-beda, namun biasanya orang yang menjadi public relation berasal dari pendidikan komunikasi dan pemasaran. Mau tahu lebih lanjut tentang public relation? Mari simak informasi berikut yang tentunya dapat menambah wawasan Anda tentang public relation.

A.    Apasih Pubic Relation?

Public relations (PR) adalah proses membangun hubungan yang baik antara organisasi atau perusahaan dengan masyarakat. Ini termasuk mengelola hubungan dengan media, mengelola krisis komunikasi, menyampaikan informasi dan pesan yang tepat kepada audiens yang tepat pula. Tujuan dari PR adalah untuk membuat citra positif tentang organisasi atau perusahaan tersebut dan untuk membantu dalam mencapai tujuan bisnisnya.

B.     Apasih Tugas Public Relation?

Tugas utama public relations (PR) adalah membantu organisasi atau perusahaan dalam membuat dan menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat. Beberapa tugas utama PR meliputi:

1. Menyusun dan mengeksekusi strategi komunikasi

PR akan bekerja sama dengan tim lain dalam organisasi untuk menyusun dan mengeksekusi strategi komunikasi yang efektif.

2. Menyediakan informasi kepada media

PR akan menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh media dan menjaga hubungan yang baik dengan wartawan.

3. Menangani krisis komunikasi

PR harus siap untuk menangani situasi yang mungkin menyebabkan masalah reputasi bagi organisasi atau perusahaan.

4. Menyampaikan pesan yang tepat

PR akan menyampaikan pesan yang tepat kepada audiens yang tepat melalui berbagai kanal, seperti media sosial, konferensi pers, dan acara-acara lainnya.

5. Membuat citra positif

PR akan berusaha untuk membuat citra positif tentang organisasi atau perusahaan dan membantu dalam mencapai tujuan bisnisnya.

6. Mengelola hubungan dengan stakeholders

PR akan membuat dan menjaga hubungan yang baik dengan berbagai pihak yang terkait dengan organisasi atau perusahaan, seperti investor, karyawan, pelanggan, dan pemerintah.

7. Melakukan riset dan evaluasi

PR akan melakukan riset dan evaluasi untuk mengevaluasi efektivitas strategi komunikasi yang digunakan dan membuat perubahan yang diperlukan.

C.    Apasih tantangan menjadi seorang public relation?

Ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh seorang profesional public relations (PR), diantaranya:

1. Menjaga reputasi

Salah satu tantangan utama dari PR adalah menjaga reputasi organisasi atau perusahaan yang mereka wakili. Ini dapat menjadi sulit ketika ada situasi krisis atau peristiwa negatif yang terjadi.

2. Menjaga komunikasi yang efektif

PR harus mampu menjaga komunikasi yang efektif dengan berbagai audiens, termasuk media, karyawan, pelanggan, dan pemerintah.

3.  Menangani berbagai perspektif

PR harus mampu menangani berbagai perspektif dan kepentingan yang berbeda dari berbagai pihak yang terkait dengan organisasi atau perusahaan yang mereka wakili.

4. Menyampaikan pesan yang tepat

PR harus mampu menyampaikan pesan yang tepat kepada audiens yang tepat melalui berbagai kanal komunikasi yang berbeda.

5. Membuat citra positif

PR harus berusaha untuk membuat citra positif tentang organisasi atau perusahaan yang mereka wakili, meskipun situasi yang tidak menguntungkan.

6. Membuat hubungan dengan stakeholders

PR harus mampu membuat dan menjaga hubungan yang baik dengan berbagai pihak yang terkait dengan organisasi atau perusahaan yang mereka wakili.

7. Merespon perubahan media

PR harus mampu merespon perubahan yang terjadi dalam media dan menyesuaikan strategi komunikasi mereka sesuai dengan perubahan tersebut.

D.    Keahlian yang perlu dikuasai untuk menjadi seorang Public Relation

Untuk menjadi seorang profesional public relations (PR) yang sukses, beberapa keahlian yang perlu dikuasai meliputi:

1. Kemampuan komunikasi yang baik

PR harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan berbagai audiens, termasuk media, karyawan, pelanggan, dan pemerintah.

2. Kemampuan menulis yang baik

PR harus mampu menulis dengan baik dan menyusun berbagai jenis dokumen, seperti komunikasi media, rilis pers, dan laporan.

3. Kemampuan negosiasi

PR harus mampu negosiasi dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan yang mereka wakili.


4. Kemampuan analisis

PR harus mampu menganalisis situasi dan menyusun strategi yang tepat untuk mengatasinya.

5. Kemampuan manajemen krisis

PR harus mampu menangani situasi krisis dan merencanakan dan mengeksekusi tindakan yang diperlukan untuk mengatasinya.

6. Kemampuan dalam media sosial

PR harus mampu menggunakan berbagai platform media sosial untuk menyampaikan pesan dan menjaga hubungan dengan audiens.

7. Kemampuan dalam riset

PR harus mampu melakukan riset dan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk menyusun strategi komunikasi yang efektif.

8. Kemampuan dalam event management

PR harus mampu merencanakan dan mengelola acara-acara yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dan membuat hubungan dengan audiens.

Nah, setelah membaca artikel diatas, Anda pasti mulai sadar kan akan pentingnya PR bagi sebuah perusahaan?, Jika anda tertarik untuk memakai jasa public relation untuk mengembangkan bisnis anda, Casakreatif adalah solusinya, selain memiliki tim yang profesional, casakreatif juga sudah terbukti sangat berpengalaman dibidang public relation ini.

Jadi tunggu apa lagi? yuk kembangkan bisnis anda bersama Casakreatif

ref : dreambox.id

Artikel ini ditulis oleh Hilmy Ibrahim, Mahasiswa Vokasi Universitas Brawijaya yang sedang magang di Casakreatif

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun