Mohon tunggu...
Aya Sophie
Aya Sophie Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

I like to design things, write, read and hear music.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

For Your Package: Solusi Praktis Penerimaan Paket Berbasis Aplikasi Untuk Mahasiswa UNIDA

10 Februari 2023   08:46 Diperbarui: 10 Februari 2023   08:55 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi di dunia pendidikan telah merubah pola piker dan perilaku individu serta masyarakat dalam melakukan proses pembelajaran. Sumber daya pembelajaran yang dahulu hanya berada dalam sekat-sekat lembaga pendidikan formal, kini tersedia luas tak terbatas dan bebas diakses oleh siapa saja, dari mana saja, kapan saja, dan menggunakan apa saja. Keberadaan internet yang menghubungkan titik-titik sumber materi dan pusat pembelajaran telah mengakibatkan  terjadinya transformasi besar di dunia pendidikan.

Sebagaimana UNESCO menyatakan bahwa kehadiran teknologi informasi dalam dunia pendidikan adalah "to meet the unmet educational needs", maka diperlukan Kerjasama yang erat antara seluruh pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan dalam bentuk komunikasi dan kolaborasi lintas fungsi serta lintas generasi. Hal ini sungguh penting karena kunci keberhasilan adopsi sungguh terletak pada perkawinan antara kearifan masa lalu dan kemajuan masa kini.

Revolusi informasi telah mengubah system komunikasi dunia dewasa ini, sebuah jaringan informasi yang tersimpan dalam internet membuktikan bahwa kini dunia kian sempit, tidak ada lagi batas-batas geografis yang menghalangi kita untuk berinterasksi dengan dunia global. Akses ke dunia global pun menjadi lebih mudah. Kemudahan itu merupakan salah satu manfaat yang didapatkan dari globalisasi yang melibatkan integrase di berbagai bidang di antaranya pendidikan dan teknologi. Sumbangsih pemikiran dari dunia pendidikan telah melahirkan modernisasi di segala bidang kehidupan masyarakat dunia saat ini. Berhubungan dengan hal itu, kehadiran teknologi telah meningkatkan kualitas dan keampuhan pendidikan itu sendiri. Sebagaimana empat pilar pendidikan yang dicetuskan oleh UNESCO  antara lain learning to know, learning to do, dan learning together.

Saat ini system penerimaan paket di Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri masih menggunakan cara pencatatan data-data paket mahasiswi yang masuk dengan Microsoft Excel dan diberi kode pada masing-masing paket dengan manual. Adapun data-data paket yang tiba di hari tersebut masih menggunaka data yang dicetak pada kertas yang ditempel di papan pengumuman yang terletak di samping kantor administrasi. Dengan cara tersebutt, kegiatan penerimaan paket UNIDA ini masih belum praktis karena mahasiswi yang ingin mengambil paketnya harus mebcari kode paket terlebih dahulu. Sehingga proses tersebut menjadi tidak efisien dan memakan waktu. Selain itu, staf yang berasal dari mahasiswi itu sendiri bertanggung jawab atas paket pun kesulitan untuk mencari paket-paket yang jenisnya berbeda-beda.

Universitas atau perguruan tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian. Perguruan Tinggi di Indonesia terbagi atas perguruan tinggi Negeri dan Swasta yang dibagi dalam beberapa kategori antara lain akademik, politeknik, sekolah tinggi, institute dan universitas. Dalam laman PDDikti, jumlah perguruan tinggi di Indonesia mencapai 4.683 unit dengan rincian sebagai berikut: Akademik 997 unit, Politeknik 296 unit, Sekolah Tinggi 2.546 unit, Institut 230, dan Universitas 614 unit. Perguruan tinggi ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan jumlah perguruan tinggi yang cukup besar tentunya harus memiliki kualitas yang baik juga, agar dapat menarik minat calon mahasiswa. Untuk itu, perguruan tinggi harus bisa memberikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa maupun calon mahasiswa. Salah satunya adalah pemilihan system pengolahan yang baik.

Perkembangan system informasi adalah suatu sistem yang dibuat untuk mempermudah kegiatan administrasi akademik di kampus, yang mana semuanya diatur secara daring (online). Beberapa contoh kegiatan yang bersifat administratif di kampus UNIDA adalah penerimaan, pengelolaan, dan pendataan paket yang masuk ke gudang penyimpanan paket. Dan hal ini masih dilakukan dengan cara manual. Sehingga pendataan paket memakan waktu dan kurang efisien.

Saat ini penerimaan paket masih menggunakan papan pengumuman untuk memberikan informasi data-data paket pada mahasiswa, sehingga mahasiswa yang ingin mengetahui informasi keberadaan paketnya harus berjalan terlebih dahulu ke tempat penerimaan paket yang terletak di gedung Mesir, jauh dari jangkauan rayon mereka. Selain itu dampak dari bekas kertas pengumuman tersebut adalah banyaknya kertas yang terbuang, bekas kertas yang menempel pun mengotori papan pengumuman. Selain itu, klasifikasi jenis paket masih belum terkontrol dengan rapi, seperti tata letak yang terdapat di gudang paket masih belum tersusun. Banyaknya keluhan mahasiswa yang kehilangan paket termasuk salah satu masalah yang sering dialami, entah paket tersebut salah alamat atau ada oknum yang sengaja mengambil barang bukan hak miliknya. Sehingga staf kewalahan dan banyak waktu yang terbuang dalam mengelola penerimaan paket tersebut.

Tenaga kerja yang masih terbatas pun membuat sistem ini tidak berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Sementara paket mahasiswa yang sering membeludak dikarenakan angka konsumtif yang tinggi terhadap barang jual beli online pun memenuhi gudang paket yang sempit, sehingga pekerjaan staf menjadi kurang maksimal. Pemeriksaan paket pun juga menjadi masalah karena paket yang sudah tersusun rapi di dalam kardus menjadi berantakan dan sulit bagi mahasiswa untuk membawanya ke rayon mereka yang letaknya jauh dari penerimaan paket.

Karena kompleksitas sistem informasi yang makin meningkat, maka diperlukan sebuah metodologi perancangan dan pengembangan sistem informasi yang lebih baik dari pada cara konvensional. Metodologi berorientasi objek (object oriented) adalah salah satu alternatif untuk keperluan ini karena kelebihan- kelebihan yang dimilikinya. Spesifikasi sistem berorientasi ke objek, mampu secara tepat merepresentasikan sebuah sistem sebagai sebuah set dari ekspresi matematika sehingga dengan mudah dapat dibuktikan validitas dari sistem tersebut sebelum sistem di implementasikan.

A. Software Development Life Cycle (SDLC)

Metode SDLC yang pertama adalah waterfall. Metode waterfall adalah metode kerja yang menekankan fase-fase yang berurutan dan sistematis. Disebut waterfall karena proses mengalir satu arah "ke bawah" seperti air terjun. Metode waterfall ini harus dilakukan secara berurutan sesuai dengan tahap yang ada.

Berikut adalah tahap-tahap pengembangan dalam metode waterfall.

  • Requirement gathering and analysis

Mengumpulkan kebutuhan secara lengkap untuk dianalisis dan mendefinisikan kebutuhan apa saja yang harus dicapai oleh program. Informasi dapat diperoleh melalui wawancara, diskusi, atau survey.

  • Design

Melakukan perancangan desain perangkat lunak sebagai perkiraan sebelum dibuatnya kode. Desain sistem dapat dibuat menggunakan Flowchart, Mind Map, atau Entity Relationship Diagram (ERD).

  • Implementasi

Implementasi ini adalah tahap dimana seluruh desain yang sebelumnya sudah dibuat diubah menjadi kode-kode program. Kode yang dihasilkan masih berbentuk modul-modul yang harus digabungkan di tahap selanjutnya.

  • Integration & testing

Di tahap ini dilakukan penggabungan modul-modul yang sudah dibuat sebelumnya dan melakukan pengujian untuk mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat telah sesuai dengan desain dan fungsinya atau tidak.

  • Verification

Di tahap ini, pengguna atau klien yang langsung melakukan pengujian pada sistem, apakah sistem telah sesuai dengan tang disetujui atau belum sesuai.

  • Operation & maintenance

Tahap ini merupakan tahap terakhir dari model waterfall. Sistem yang sudah selesai dijalankan serta dilakukan pemeliharaan. Pemeliharaan berupa memperbaiki kesalahan yang tidak ditemukan pada langkah sebelumnya.

B. Hyper Text Markup Language

Sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Spesifikasi HTML dikelola dan dikembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C). Berdasarkan HTML Element Reference milik Mozilla Developer Network, saat ini ada 140 tag HTML, meskipun sebagiannya sudah tidak lagi didukung oleh beberapa versi terbaru browser.

C. Java Script

JavaScript adalah bahasa skrip yang digunakan untuk membuat konten halaman web dinamis, berfungsi untuk membuat elemen yang mampu meningkatkan interaksi pengunjung seperti menu drop-down, animasi, dan warna background dinamis.

Sejarah JavaScript dimulai pada tahun 1995, diciptakan oleh Brendan Eich di Netscape Communications. Awalnya, JavaScript hanya digunakan untuk keperluan internal dengan web browser perusahaan tersebut, Netscape Navigator.

Dulunya, JavaScript bernama LiveScript, yang kemudian diubah menjadi JavaScript agar bisa menjadi "teman" bagi bahasa pemrograman Java milik mitra mereka, Sun Microsystems. Kami akan menjelaskan perbedaan Java dan JavaScript nanti.

JavaScript terus berkembang bersama browser web baru seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome sejak saat itu. Bahkan, saat ini sedang dikembangkan mesin JavaScript modern pertama, yaitu V8, yang bertugas untuk mengompilasi bytecode menjadi kode mesin asli.

D. Cascading Style Sheet

Cascading Style Sheets, atau yang disingkat CSS ini adalah bahasa dalam pemrograman untuk menentukan bagaimana dokumen itu disajikan. CSS berfungsi untuk menjelaskan dan menata tampilan elemen yang tertulis pada bahasa markup, salah satunya adalah HTML. Dalam arti lain, CSS-lah yang menjelaskan bagaimana elemen HTML di balik layar ditampilkan sedemikian rupa di layar website nanti. Baik HTML maupun CSS, keduanya saling melengkapi.

Dewasa ini perkembangan teknologi informasi yang semakin hari semakin pesat berdampak pada perilaku informasi kebanyakan orang, kebutuhan informasi yang lebih cepat dan murah tentunya menuntut para pemberi informasi untuk memiliki sebuah media online, dimana informasi yang disajikan bisa dengan mudah dan cepat di dapatkan oleh konsumen informasi.

Media informasi online ini tidak lain adalah sebuah website, di dalam website kita bisa menempatkan banyak informasi yang ingin kita publikasikan. Dengan demikian akan banyak orang menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Di Amerika (USA) saat ini terjadi penurunan minat yang sangat besar pada media cetak, orang lebih menyukai membaca informasi secara online selain dikarenakan kemudahannya, informasi online lebih disukai karena bersifat up-to- date, setiap saat bisa berubah dan bisa bertambah informasi yang dibutuhkannya.

Saat ini kebutuhan akan website sudah bukan menjadi kebutuhan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang informasi saja, tetapi kepemilikian website sudah menjadi kebutuhan semua orang, bahkan dalam hal ini para pelajar, karena melalui website lah setiap individu akan bisa berinteraksi dengan siapapun yang dia inginkan, baik dengan komunitasnya ataupun dengan orang lain yang menjadi target informasinya.

Aplikasi website merupakan sebuah program perangkat lunak yang bisa diakses melalui internet dengan menggunakan web browser. For Your Package bisa diakses dari mana saja tanpa perlu menginstal karena aplikasi telah terpasang di server. Multi platform bisa digunakan pada sistem operasi apapun baik menggunakan sistem operasi Linux, Windows atau Mac OS, yang terpenting pada komputer tersebut telah terpasang web browser dan terhubung ke internet.

Perancangan konseptual aplikasi For Your Package ini, sebagai implementasi, aplikasi web dapat dikoneksikan ke basis data sehingga perubahan informasi dapat dilakukan oleh operator dan tidak menjadi tanggung jawab dari webmaster. Arsitektur aplikasi web meliputi klien, web server, middleware dan basis data. Klien berinteraksi dengan web server. Secara internal, web server berkomunikasi dengan middleware dan middleware yang berkomunikasi dengan basis data. Pada aplikasi web dinamis, terjadi tambahan proses yaitu server menerjemahkan kode PHP ataupun ASP menjadi kode HTML. Kode PHP diterjemahkan oleh mesin PHP yang akan diterima oleh klien melalui sebuah perangkat komputer.

Aplikasi berbasis web memiliki beberapa fungsi dan kegunaan yang berbeda. Berbeda dengan fungsi pada divisi HRD, aplikasi berbasis web akan digunakan untuk mengolah data. Selain itu, beberapa keunggulan kompetitifnya adalah kecepatan aplikasi, sangat ringan, sedikit sumber data, dan juga dapat diakses dengan cepat melalui browser dan koneksi internet ataupun intranet menuju server. Sehingga hal tersebut mmungkinkan para mahasiswa untuk bisa mengakses data atau informasi data paket mereka hanya dengan menggunakan laptop dengan mudah.

Sistem ini secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan mahasiswi yang menginginkan layanan praktis yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas layanan, daya saing serta kualitas SDM yang dihasilkan. Pengembangan sistem informasi dilakukan secara kontinu dan intensif, mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan mendasar perguruan tinggi berbasis pesantren, sehingga kemampuan sistem informasi akan terus meningkat. Sistem For Your Package ini dapat memuat data-data, di antaranya Data paket mahasiswi yang sudah datang, data jenis paket, kode yang diberikan pada setiap paket untuk memudahkan dalam mendata, data paket yang lulus sensor, data paket yang tidak memiliki nama pemilik, dan data paket yang salah alamat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun