Pada saat ini perkembangan teknologi khususnya media digital yang melesat cukup tinggi sangat memepengaruhi persaingan bisnis. Hal ini memberikan impact terhadap UMKM sehingga pelaku UMKM dipaksa untuk berinovasi dan berkembang agar tetap dapat survive di dunia bisnis.Â
Data NielsenIQ mencatat jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 32 juta orang pada 2021 lalu, yaitu 88 persen melesat dibandingkan 2020 yang hanya 17 juta orang. Untuk itu, inovasi yang perlu dilakukan UMKM dapat dimulai dengan memaksimalkan branding pada produk mereka.
Program KKN-T MBKM UPNVJT Kelompok 18 mengusung tema Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif yang mana fokus pengabdian mengedepankan mitra UMKM di Kelurahan Gunung Anyar Tambak.Â
Pengabdian yang diberikan berupa upaya mahasiswa untuk terjun langsung membantu mitra dalam pengembangan bisnis mereka. Sebagai bentuk upaya tersebut, Mahasiswa KKN-T 18 UPNVJT melaksanakan kegitan foto produk UMKM bersama mitra Mainan Edukasi Empat Serangkai.
Foto produk merupakan salah satu komponen penting dalam proses branding dan dapat berdampak terhadap reputasi suatu bisnis. Nilai estetika dan visualisasi pada produk yang ditawarkan dapat dimaksimalkan dalam foto produk itu sendiri.Â
Semakin ciamik dan menarik produk tersebut mampu membangun identitas brand dan memberi kesan bahwa brand tersebut kredibel, profesional, dan berbeda dari kompetitor lainnya. Hal ini turut mempengaruhi psikologis customer untuk melakukan pembelian produk tersebut.
"Kegiatan foto produk ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi mitra UMKM kami untuk membangun identitas brand mereka dan supaya nantinya dapat dimanfaatkan dalam social media marketing maupun  pada platform marketplace yang ada," terang Fikhri Ahmad selaku Tim PDD KKN-T 18 UPNVJT pada Sabtu (02/04/2022).
"Kegiatan ini sangat membantu kami sekali. Karena ya, sebelumnya kami melakukan foto produk itu dengan properti dan alat yang seadanya sehingga hasilnya tidak maksimal. Kalau dilihat lagi ternyata banyak aspek yang harus diperhatikan dalam foto produk mulai dari kamera, posisi, pencahayaan, dan editing," ujar Bapak Anwar selaku mitra UMKM Mainan Edukasi Empat Serangkai.
Dengan adanya kegiatan foto produk  yang menjadi awal pengabdian mahasiswa ini masyarakat berharap kedepannya Mahasiswa KKN-T Kelompok 18 UPN "Veteran" Jawa Timur dapat terus bersinergi dan memberikan banyak kontribusi selama pengabdiannya kepada masyarakat terutama pelaku UMKM di RW 08 Kelurahan Gunung Anyar Tambak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H