Mohon tunggu...
Hildawati Septiani
Hildawati Septiani Mohon Tunggu... Akuntan - Employee | Traveller | Mountaineer | Blogger

"Hidup adalah gerak" "Gerak adalah maju, berjuang, naik gunung, turun gunung, naik lagi"

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Gunung Salak, Sangat Memukau dan Menenangkan

21 Januari 2024   15:33 Diperbarui: 28 Januari 2024   12:47 1254
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gunung Salak | Dokumentasi pribadi

Ketika mendengar pendakian ke gunung salak, hal pertama apa yang terlintas di pikiran kalian?

Menurutku, hal pertama yang kupikirkan adalah medan pendakiannya. Gunung salak memang memiliki mdpl yang terbilang rendah, namun siapa sangka gunung salak memiliki medan pendakian cukup ekstrim. 

Salah satu tanjakan yang terkenal pada pendakian gunung salak adalah tanjakan wayana. Seringkali tanjakan ini yang sering muncul di fyp tiktok. 

Karena amat sangat sering tanjakan wayanan ini muncul di fyp, maka banyak orang yang sudah mental down terlebih dahulu. Contohnya tidak jauh seperti saya, sudah banyak yang mengajak untuk mencoba pendakian ke gunung salak sejak pertengahan tahun 2023. 

Namun, saya belum mempunyai mental yang kuat serta saya juga melihat dahulu siapa partner yang cocok untuk menemani saya ke gunung salak. Karena jika salah partner, mungkin setelahnya akan berakibat menjadi takut untuk ke gunung lagi. Jadi, banyak hal yang perlu aku pertimbangkan sebelum mencoba pendakian ke gunung salak ini.

Gunung Salak | Dokumentasi pribadi
Gunung Salak | Dokumentasi pribadi

Alhamdulillah, kali ini pendakian ke gunung salak, saya bersama partner-partner yang tepat. Sebelum berangkat saya sudah yakin dengan mereka, maka pendakian selama ke puncak salak pun lancar dan tidak ada kata trauma atau "kapok".

Pendakian gunung salak bersama empat orang partner saya ketika ke gunung gede minggu sebelumnya. Tiga orang laki-laki dan dua orang perempuan termasuk saya. 

Dua orang laki-laki bang Freddy dan bang Ammar, mereka sudah dibilang "suhu" lah ya dalam pendakian, karena seringkali mereka membuka open trip ke beberapa gunung. Jadi, saat itu saya juga yakin ketika pendakian ke gunung salak bersama mereka. 

Gunung Salak | Dokumentasi pribadi
Gunung Salak | Dokumentasi pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun