Mohon tunggu...
Hilda Ayu Putri Nadifa
Hilda Ayu Putri Nadifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai, aku seorang mahasiswi yang gabut. Suka menulis, kalau menyukaimu tentu tidak mungkin

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Menutup Utang Menggunakan Uang Pinjol, Bukan Solusi Terbaik

3 Maret 2023   16:25 Diperbarui: 3 Maret 2023   17:46 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Hutang adalah jalan ninja ketika kita nggak memiliki uang dan butuh banget uang atau urgent. Hutang adalah kesalahan, karena kita nggak bisa mengatur uang. 

Hutang kesana kesini sudah dilakukan dan belum mampu menyicil. Karena prinsip gali lobang tutup lobang. Sehingga ketika butuh banget uang, nggak akan ada saudara atau teman yang ingin meminjamkan uang. 

Semua orang yang hidup di dunia ini membutuhkan uang, uang digunakan sebagia alat transaksi. Nah kalau sudah banyak hutang dan penghasilan pas-pas an gimana dong mau nutup hutang? Apakah pinjol atau pinjaman online mampu memberikan solusi? 

Jika kalian pernah melakukan hal tersebut, itu salah banget woy. 

Pinjol malah memperbanyak hutang. Kok bisa sih malah membanyak hutang? bukannya malah bisa mengatasi ya? kan kita mendapatkan uang dari pinjol dan bisa membayarkan hutang-hutang kita? 

Iya memang, pinjol memberikan kita uang berapa pun, biasanya tergantung penghasilan dan umur sih. Semakin tinggi penghasilan dan umur, maka limit uang dipinjamkan bisa makin besar. 

Hal itu pernah aku lakukan, ketika itu aku disuruh daftar oleh saudara aku, dengan dalih aku bisa beli handphone baru melalui pinjol dan dibayarkan setiap bulannya. 

Namun, aku tidak tergiur, sebab aku masih bersyukur memiliki handphone dan nggak begitu tertarik dengan konsep hutang piutang karena aku belum berpenghasilan. 

Nah banyak nih saudara aku yang terjebak oleh konsep pinjol. Dia meminjam uang kepada pinjol, dan hasilnya dia nggak bisa bayar. Sehingga dikejar terus oleh si pinjol. Nggak sekali dua kali di telfon, di whatsapp, tetapi juga disamperin ke rumah. 

Bunga pinjol itu, bunga berjalan. Artinya tiap hari akan ada bunga, kalau nggak punya uang dan kita hanya membayar bunganya saja ya percuma. 

Pinjol nggak malah bikin kita kaya, malah bikin kita miskin karena harus bayar bunga berjalan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun