Mohon tunggu...
Hikmah Indah
Hikmah Indah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

friendly

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Sertifikasi Halal Terhadap Mainan Edukasi Motorik Anak

20 Desember 2022   13:34 Diperbarui: 20 Desember 2022   13:37 399
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Abstrak

Kehalalan suatu produk yang merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslim dalam berkonsumsi. Kehalalan produk mengharuskan seluruh produk makanan yang dijajakan halal, tetapi harus ada kejelasan produk makanan yang benar-benar halal dengan adanya tanda yang jelas sehingga memudahkan masyarakat untuk mengenalinya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh sertifikasi halal dalam produk mainan edukasi motorik anak. Berdasarkan hasil penelitian bahwa produk Smart ressa telah memiliki sertifikasi halal dan berlogo halal. Produk ini juga telah diuji dari segi bahan yang aman untuk digunakan anak-anak. Kemudian dari segi kemasan produk menggunakan kemasan yang ramah lingkungan dan aman tidak mudah untuk rusak.Selain itu, minat beli konsumen dari adanya kehalalan produk dapat memberi ketenangan dalam mengkonsumsi maupun menggunakan suatu produk.

Pendahuluan

Kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan atau minuman, kosmetik dan mainan yang dijamin kehalalannya cukup tinggi. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia memiliki kewajiban untuk melindungi masyarakatnya dalam mengkonsumsi produk Halal. Dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) memberikan landasan konstitusional kepada setiap warga negara Indonesia untuk kehidupannya di dunia ini dan di dunia yang akan datang. menyadari hubungan antara orang dan orang lain, setiap orang tidak dapat sekaligus menghindari pengaruh Tuhannya.

Pertumbuhan penduduk muslim dunia yang berkembang positif, serta pertumbuhan pendapatan di negara-negara mayoritas muslim telah meningkatkan permintaan produk halal secara signifikan di seluruh dunia. Produk halal itu wajib bagi umat Islam. Sebagai negara mayoritas Muslim, Indonesia dapat dikatakan sebagai pasar potensial bagi produk Halal. Konsumen muslim meyakini bahwa perbuatan yang bertentangan dengan agama, seperti mengkonsumsi produk yang tidak halal, akan berdampak buruk bagi kehidupan di dunia dan akhirat.

Produk halal adalah produk yang memenuhi syarat syar'i mencegah perbuatan melawan hukum baik materiil maupun immateriil (Burhanuddin 2011). Menurut Al-Ghazal (2007), yang mengakibatkan makanan (Benda) bisa karena najisnya seperti khamr, babi dan dll, termasuk produk turunannya (alkohol, gelatin,dll) dan ilegal karena menyangkut cara perolehannya Ini adalah harta untuk diperoleh dan proses pembuatannya. 

Lihat rincian PT Sofian Hospitality International, pada tahun 2016 tingkat konsumsi muslim sama 1,8 triliun dolar di seluruh dunia, sedangkan di Indonesia sebesar 225,7 miliar dolar.Dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan industri mengusung konsep Halal Indonesia mencapai 40% yang terdiri dari sandang, pangan, hotel dan kosmetik Keuangan Syariah (Perpaduan 2017). Balai Evaluasi Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) adalah satu-satunya lembaga yang berwenang Hingga tahun 2014, sebanyak 26.979 sertifikat Halal telah diterbitkan 8.636 perusahaan dengan total 53.383 produk bersertifikat halal 231.851 produk yang beredar (Kemenag 2015).

Kehalalan produk mengharuskan seluruh produk makanan yang dijajakan halal, tetapi harus ada kejelasan produk makanan yang benar-benar halal dengan adanya tanda yang jelas sehingga memudahkan masyarakat untuk mengenalinya. Dalam penelitian ini akan berfokus pada pengaruh label halal di suatu mainan untuk mengasah motorik anak.

Pembahasan

Pengertian Sertifikasi Halal

Halal (Arab: , all; "diperbolehkan") adalah segala objek atau kegiatan yang diizinkan untuk digunakan atau dilaksanakan, dalam agama Islam. Secara etimologi, halal berarti hal-hal yang boleh dan dapat dilakukan karena bebas atau tidak terikat dengan ketentuan-ketentuan yang melarangnya. Istilah halal dalam kehidupan sehari-hari sering digunakan untuk makanan ataupun minuman yang diperolehkan untuk dikonsumsi menurut syariat Islam. Sedangkan dalam konteks luas istilah halal merujuk kepada segala sesuatu baik itu tingkah laku, aktifitas, maupun cara berpakaian dan lain sebagainya yang diperbolehkan atau diizinkan oleh hukum Islam. (Qardawi 2007).

Sertifikasi halal dapat didefinisikan sebagai pengakuan kehalalan suatu Produk yang dikeluarkan oleh BPJPH berdasarkan fatwa halal tertulis yang dikeluarkan oleh MUI. Dalam indikatior sertifikasi halal yaitu logo halal penting dalam memilih sebuah produk. Dengan cara mengenali perbedaan logo halal yang asli dan palsu.

Manfaat dari Adanya Sertifikasi Halal 

1. Memberikan kketenangan bagi konsumen

Dengan adanya label halal yang terdapat pada produk, maka konsumen akan mendapat ketenagan akan produk yang dikonsumsi. Dengan hal ini, dapat meningkatkan penjualan produk dan meningkatnya daya beli masyarakat terhadap suatu produk. Sehingga omset penjualan menjadi meningkat karena hal ini sertifikasi halal sangat diperlkukan oleh setiap perusahaan terhadap produk yang diproduksi.

2. Produk yang dihasilkan akan memiliki Unique Selling Point

Manfaat memiliki sertifikasi halal bagi perusahaan adalah produk yang dihasilkan akan memiliki Unique Selling Point. Memiliki sertifikasi halal dapat menjadi daya USP karena memiliki kelebihan yang tidak memiliki kompetitor lain. Jika memiliki sertifikasi halal maka produk akan menjadi pilihan utama bagi konsumen.

3. Dapat memperluas jangkauan pasar global

Setiap perusahaan pastinya ingin perusahaannya terus berkembang dan mengembangkan pemasarannya hingga menembus pasar global. Dengan memiliki sertifikasi halal maka, produk akan dapat di ekspor dan dengan mudah diterima oleh negara-negara lain terutama negara yang mayoritas penduduknya muslim. Dengan meningkatnya produk hingga ke luar negeri maka akan memberikan dampak tinggi pada omset penjuala produk.

Bahan Produk

Bahan produk dapat menentukan kehalalan dari suatu produk. Dalam tahap mengajukan sertifikasi halal maka akan di check bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Pada produk Smart Ressa ini menggunakan bahan plastik ABS. Plastik ABS ini merupakan jenis plastic yang di gunakan dalam pembuatan semua airsof yang bukan metal.sejenis polimer yang memiliki banyak aplikasi, karena kekuatan, mudahnya di bentuk dan harga yang murah. Kelebihan dari bahan ini yaitu memiliki tingkat kekuatan yang tinggi, tahan terhadap benturan dan memiliki sifat isolasi yang baik. Selain itu memiliki batrei dengan kapasitas Li-ion 1800 Mah yang dapat digunakan selama 6-8 jam.

Minat Beli

Salah satu bentuk perilaku konsumen adalah minat beli atau keinginan untuk membeli Produk atau layanan. Bentuk minat beli konsumen adalah konsumen potensial, d. H. Konsumen yang belum melakukan tindakan apapun sedang berbelanja dan dapat digambarkan sebagai calon pembeli.

Kotler dan Keller (Adi, 2015) menunjukkan ketertarikan konsumen dalam berbelanjaadalah perilaku konsumen dimana konsumen memiliki keinginan selama pemilihan, penggunaan dan konsumsi atau juga berdasarkan permintaan produk yang diusulkan.Menurut Kotler dan Keller (2009), pengertian tingkat pembelian adalah tingkat pembelian adalah perilaku yang terjadi sebagai respons terhadap objek ini menunjukkan apa yang ingin dibeli oleh konsumen.


Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian barang

Terdapat  faktor yang mempengaruhi seorang konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian antara lain :

1. Akses yang mudah

Dalam membeli suatu produk kita memerlukan banyak pertimbangan. Banyak hal yang menjadi pertimbangan yakni dari penilaian dan kebutuhan pribadi, faktor budaya, dan sosial dan masih banyak lagi

2. Tampilan toko dan produk

Kesan yang didapatkan konsumen saat melihat produk akan menentukan konsumen akan tertarik pada produk untuk berbelanja atau tidak. Dalam produk smart ressa ini mengupayakan mendesain produk sebaik mungkin utnuk menarik konsumen dengan menambahkan fitur-fitur yang maksimal dan positif bagi anak.

3. Informasi, ketersediaan, dan kualitas Produk

Bukan hanya dari sisi tampilan saja, akan tetapi keseluruhan dari produk juga akan mempengaruhi keputusan dalam pembelian, mulai dari informasi, ketersediaan, hingga kualitas. Dalam perusahaan smart ressa ini memberikan kualitas yang baik dan pelayanan yang sebaik mungkin untuk konsumen agar tidak mengecewakan konsumen.

4. Harga yang terjangkau

Dalam hal ini harga yang terjangkau bukan berarti harus terlampau murah. Jika ada barang yang berkualitas baik maka ada harga yang cukup seimbang degan kualitas tersebut.

5. Pemasaran dan promosi yang menarik

Dalam hal ini promosi menajdi kunci utama dalam menarik konsumen. Dalam memperomosikan produk smart ressa ini dilakukan melalui media sosial dengan beberapa aplikasi online salah satunya melalui live. Dengan cara pemasaran melalui live di beberapa media sosial konsumen dapat lebih semangat dalam melihat review produk yang asli bukan hanya sekedar melalui promosi di gambar saja, dan dapat langsung mempraktikkan cara pemakaian dan memperlihatkan pemakaian produk terbaik yang dijual.

6. Komunikasi yang mudah dimengerti

Saat berkomunikasi dengan konsumen makalebih baik menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami untuk menarik minat beli konsumen.

7. Review dari pembeli

Adanya review dari pembeli sangat mempengaruh konsumen lain untuk dapat tertarik pada produk yang akan dibeli

8. Pelayanan yang berkualitas

Pelayanan ini sangat berpengaruh sekali terhadap minat konsumen. Apabila pelayanan lama atau respon admin tidak rama membuat komsumen engganmembeeli produk tersebut. Pada hal ini yang dilakukan oleh admin smart ressa ini dengan cara mencantumkan jam operasional kerja sehingga konsumen tau kapan waktu yang tepat dalam menghubungi admin.

9. Waktu pengiriman

Waktu pengiriman menjadi pertimbangan dalam membeli suaatu barang. Apalagi konsumen biasanya ingin sesegera mungkin untuk membutuhkan produk yang dibeli. Maka dari itu dari hasil wawancara saya dengan admin smart ressa ini mereka menggunakan ekspedisi pengiriman baarang dan menjadwalkan pengiriman secepat mungkin meskipun biasanya mengirimkan ke berbagai luar kota maupun hingga ke luar ngeri.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa sertifikasi halal sangat mempengaruhi terhadap daya beli konsumen. Selain itu memberikan dampak yang positif bagi perusahaan. Karena dengan adanya sertifikasi halal konsumen dapat tenang dalam mengkonsumsi maupun menggunakan suatu produk.

Referensi

Ihatec. "Manfaat Sertifikasi Halal Bagi Perusahaan".2020

Jaminan Produk Halal

https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/1615.pdf

Joesyiana Kiky. "Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan ".2018.Vol 6 No 2 : PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR

Lalamove,"Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen  dalam Membeli Barang".2021: lalamove Indonesia

M. Ni'matul,"Gerak Kuasa Negara Dalam Perdagangan Komoditas Bersertifikasi Halal Di Indonesia": ACIEH Amanual Conference On Islam Education, and Humanities

M. Ni'matul,"Study of Halal Food Export Policy in Indonesia".(1-10)

M. Ni'matul,"The Competitiveness Of Indonesian Halal Food Exports in Global Market Competition Industry".2020. Vol 11 No.1. Economica. Jurnal Ekonomi Islam.

M. Ni'matul, "Kontestasi Agama, Pasar dan Negara Dalam Membangkitkan Daya Saing EkonomI Umat Melalui Sertifikasi Halal"2022. Vol 6. No.430.

M. Ni'matul, "Pola Konsumsi Beras Petani Desa Rowotengah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember".2016. Vol.9 No.1(115-171)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun