Mohon tunggu...
Higo Indonesia
Higo Indonesia Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Lebih Pilih Media sosial atau Email Marketing untuk Meningkatkan Bisnis?

27 September 2018   22:26 Diperbarui: 30 November 2019   21:47 349
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Untuk meningkatkan performa bisnis, media sosial atau email marketing memiliki peranan penting masing-masing. Tidak ada istilah yang satu lebih penting dari yang lain, tapi keberadaannya saling melengkapi. Untuk lebih jelas, simak penjelasaan singkat manfaat media sosial dan email marketing, berikut ulasannya.

Media sosial 

Penggunaan media sosial sangat baik untuk meningkatkan brand awareness. Media sosial menjadi wadah yang paling tepat untuk mejadikan bisnis yang kamu jalankan lebih dikenal oleh masyarakat. Dibutuhkan perencanaan dan konsistensi untuk medapatkan hasil yang maksimal dari media sosial. Selain itu, banyak hal yang media sosial berikan untuk perkembangan bisnismu, mulai dari:

1. Sebagai wadah interaksi yang efektif

Media sosial memungkinkan kamu sebagai pelaku bisnis untuk dapat terhubungan dengan para customers. Media sosial menjadi wadah yang paling efektif untuk saling bertukar pesan atau komentar.

2. Menjangkau customer baru

Media sosial membantu kamu untuk menjangkau target customers baru. Target  customers  yang meningkat akan menghasilkan peluang yang lebih besar untuk keuntungan bisnis yang kamu jalankan.

3. Brand identity

Bagaimana caramu untuk mengenalkan dan membangun persepsi customers terhadap bisnis yang kamu jalankan. Brand identity bisa kamu ciptakan dengan memanfaatkan media sosial.

Email marketing

Berbeda dengan media sosial, email marketing menjadi langkah yang pas untuk kamu lebih dekat dengan para customers. Selain itu email marketing memiliki manfaat seperti:

1. Ajang promosi 

Kamu bisa mengirimkan email marketing kepada para customers secara lebih pribadi. Selain itu penggunaan email marketing membuat kamu dapat menentukan segmentasi yang jelas saat melakukan promosi.

2. Menjadi customer service

Tak hanya sebagai ajang promosi, melalui email marketing kamu bisa memberikan edukasi dan juga berisi tanggapanmu perihal berbagai komentar yang ditujukan kepada bisnismu.

Jadi, media sosial dan email marketing menjadi dua hal yang sama-sama penting untuk dilakukan. Jika kamu kesulitan untuk membuat email marketing, kamu bisa bergabung bersama HIGOspot. Untuk info selengkapnya kamu bisa kunjungi http://higo.id/. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun