Mohon tunggu...
HIGOspot
HIGOspot Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Let's Make Your WiFi Smart | Everyone like free wifi

Let's Make Your WiFi Smart | WiFi Advertising Platform yang membantu pelaku usaha untuk mengenal pengunjung secara dekat layaknya teman, membantu advertiser untuk beriklan serta melakukan human-based marketing dengan data analitik. http://higo.id/higospot-social-wifi

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Mengukur Seberapa Efektif Peran Billboard untuk Bisnis Kecil

26 Maret 2019   22:53 Diperbarui: 26 Maret 2019   22:59 450
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menemukan billboard di sepanjang jalan tentu bukanlah hal yang sulit. Banyak brand-brand besar dengan mudah bisa kamu lihat dengan berbagai visual dan desain yang menarik. Jika ditanya apakah peran billboard masih terbilang efektif sebagai sebuah iklan di tengah menjamurnya penggunaan smartphone, maka jawaban yang didapatkan akan sangat beragam. 

Sama seperti TV, beriklan di billboard tentunya akan menghabiskan dana yang tidak sedikit namun cukup untuk menimbulkan awareness dari sebuah brand atau produk secara luas. Bagi brand besar yang tentunya memiliki dana yang banyak, kehadiran bilboard masih menjadi pilihan untuk melakukan iklan tapi bagi brand kecil melakukan iklan lewat billboard hanya akan menjadi ajang bakar-bakar duit. Lantas apa yang harus dilakukan oleh bisnis kecil untuk beriklan? 

1. Tidak memilih billboard sebagai media iklan

Meski akan banyak yang melihat iklan yang terpampang kemungkinan untuk membuat audiens tertarik untuk melakukan pembelian sangatlah kecil. Sebagai brand kecil, kamu hanya akan mendapat awareness yang pastinya tetap bisa terukur dan hasil dari iklan yang dilakukan sangatlah bias.

2. Tidak bisa terukur

Siapa yang bisa memastikan dalam sehari iklan kamu akan dilihat oleh 1000 orang? Tentunya tidak ada hitungan pasti apakah 1000 orang benar-benar melihat iklan yang tepampang besar di pinggir jalan, karena dari awal publisher billboard hanya akan memberikan angka kemungkinan orang yang melihat, bukan angka orang yang pasti melihat.

3. Tidak adanya interaksi yang terjalin

Billboard tentunya menjadi media yang sangat tidak mungkin untuk menciptakan interaksi dari iklan yang kamu buat. Pemilihan media sosial atau email blast lebih sangat disarankan dan tentunya akan sangat memangkas budget iklan yang harus dikeluarkan.

4. Mudah dilupakan

Karena tidak terjalin interaksi antara iklan dengan audiensnya tentu hal tersebut tidaklah menimbulkan kesan yang mendalam dan hasilnya mudah dilupakan. Berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk beriklan di billboard sangatlah dianjurkan untuk kamu yang memiliki bisnis yang masih kecil.

5. Sulit menjangkau audiens

Saat berkendara atau berjalan pasti kamu sedang terburu-buru untuk sampai di tempat tujuan, sehingga pikiran hanya akan fokus terhadap jalan di depan bukan iklan di billboard yang pada akhirnya akan sangat sulit untuk menjangkau lebih banyak audiens.

Untuk brand atau usaha kecil, memilih media lain sebagai iklan tentunya sangat disarankan. Memilih media digital menjadi langkah yang bijak untuk beriklan dan mengjangkau lebih banyak audiens. Kamu bisa menggunakan Facebook ads, WiFi advertising, atau Instagram ads. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun