Mohon tunggu...
Hifdzi Ulil Azmi
Hifdzi Ulil Azmi Mohon Tunggu... PNS -

seorang Apoteker muslim, penulis lepas di surat kabar, bekerja untuk negeri. Tim Penyusun Laporan Kinerja dan Renstra Instansi Pemerintah. more info at hifdziua.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Wujud Inovasi Honda Tiada Henti : Sempurnanya Berkendara dengan Vario 150 eSP

5 Mei 2016   19:12 Diperbarui: 5 Mei 2016   19:30 629
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Honda Vario 150 eSP  (www.welovehonda.com)

Siapa sih yang tidak kenal Honda? Produsen kendaraan bermotor ini selalu konsisten dalam menerapkan inovasi teknologi, fitur dan desain untuk menciptakan kendaraan roda dua yang semakin baik dari masa ke masa. Performa mesin yang tinggi, emisi buangan rendah, dan hemat energi dalam penggunaan bahan bakar selalu menjadi parameter yang masuk dalam prioritas inovasi teknologi. Selain itu, Honda juga senantiasa mengembangkan teknologi plus untuk tujuan safety, fitur yang serba mengagumkan dan desain yang semakin menawan.

gambar-1-penghargaan-5729cca86f7a617b0588712f.jpg
gambar-1-penghargaan-5729cca86f7a617b0588712f.jpg
Penghargaan eSP (enhanced Smart Power) sebagai teknologi mesin sepeda motor terbaik kategori best engine pada Otomotif Awards 2015  (http://bintangmotor.com)

Inilah yang menjadi kekuatan tersendiri bagi pabrikan asal Jepang tersebut hingga hampir selalu memenangi persaingan dengan produk kendaraan bermotor merek lain. Wujud dari berbagai inovasi yang telah dikembangkan adalah begitu banyaknya penghargaan yang telah diraih Honda terutama dalam hal teknologi yang dihasilkan. Salah satu penghargaan yang sungguh sangat berkelas diantaranya adalah dinobatkannya teknologi eSP (enhanced Smart Power) sebagai teknologi mesin sepeda motor terbaik kategori best engine dalam ajang Otomotif Awards 2015. Pada kategori ini, Best Engine eSP unggul terhadap para pesaingnya dalam hal perfoma yang dihasilkan, durabilitas atau daya tahan mesin, konsumsi bahan bakar, serta fleksibilitas platform mesin untuk diadaptasi pada berbagai tipe sepeda motor. Luar biasa bukan ?

Kesempurnaan Teknologi eSP dalam Vario 150

Buah dari inovasi teknologi eSP dapat anda lihat pada beberapa varian motor Honda yang telah dihasilkan, salah satunya Honda Vario 150 eSP. Penulis memilih Vario 150 eSP karena varian ini merupakan varian yang terlengkap dari segi teknologi, fitur, desain dan tentunya telah memenuhi standar minimal matic Honda.

Teknologi eSP dalam Vario 150 eSP memiliki berbagai macam penyempurnaan terhadap mesin skuter matic konvensional. Untuk memudahkan pembaca, Penulis telah mencoba merangkum berbagai inovasi teknologi eSP yang terdapat dalam Vario 150 eSP dalam tabel di bawah.

gambar-2-esp-10-5729cd3291fdfd4d052052cd.jpg
gambar-2-esp-10-5729cd3291fdfd4d052052cd.jpg
10 keunggulan engine eSP dan output yang dihasilkan (desain pribadi)

Melalui tabel tersebut, teknologi eSP dalam Vario 150 eSP merupakan teknologi mesin skuter matic yang memiliki banyak keunggulan dibanding mesin lain. Beberapa keunggulan tersebut meliputi :

  • Teknologi eSP merupakan teknologi yang mampu meminimalisir secara maksimal terjadinya gesekan antara part mesin. Teknologi Rocker Rock Arm, Offset cylinder, Spinny Sleeve dan Light Weight Piston mampu mengurangi gesekan secara signifikan antara piston dan dinding silinder sehingga performa mesin meningkat. Selain itu, kruk as yang digunakan pada teknologi ini juga lebih kuat dan mampu menurunkan frekuensi getaran.
  • Teknologi eSP mampu meringankan kerja mesin. Adanya teknologi Breather passage dan Built in Liquid Cooling System secara sinergis dapat lebih mengoptimalkan proses pendinginan terhadap panas yang datang dari dinding silinder dan bak mesin (crankcase). Inilah yang menyebabkan mesin tidak cepat panas.
  • Teknologi eSP mampu melakukan pembakaran lebih sempurna dan mengurangi energi terbuang percuma. Teknologi Compact Combustion Chamber merupakan buah dari penyempurnaan ruang bakar yang menghasilkan aliran kabut bahan bakar yang semakin lancar tanpa hambatan berarti.
  • Teknologi eSP mampu menghidupkan mesin tanpa suara. Teknologi ACG Starter yang merupakan hasil tandem starter dan generator ini terbukti mampu mengurangi gesekan saat menghidupkan mesin

Buah dari keunggulan-keunggulan di atas menghasilkan berbagai parameter unggul yang dapat diukur (measurable) dan secara nyata dapat kita rasakan kualitasnya. Lalu apa saja dampak positif dari keunggulan mesin ESP tersebut? Berikut diantaranya :

gambar-3-keunggulan-1-1-5729cdb5907e610f0559c300.jpg
gambar-3-keunggulan-1-1-5729cdb5907e610f0559c300.jpg
Keunggulan Teknologi Honda eSP dalam Vario 150 eSP  (desain pribadi)

1.  Hemat Bahan Bakar.

Honda Vario 150 eSP hanya butuh 1 liter BBM untuk menempuh jarak 52,9 km (EURO 2) dan 48 km (EURO 3). Artinya, perjalanan jauh antar kota sudah cukup aman jika menggunakan Vario 150 eSP yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar mencapai 5,5 Liter.   

2.  Ramah Lingkungan.

Tidak perlu disangkal lagi, kendaraan bermotor memiliki andil terbesar dalam polusi udara. Oleh karenanya, pengendalian emisi kendaraan bermotor merupakan suatu hal yang sangat penting dalam melindungi bumi ini. Emisi buangan Vario 150 eSP telah memenuhi ketentuan EURO 3 sebagaimana peraturan terbaru dari pemerintah. EURO merupakan standar yang dipakai Uni Eropa dan telah diasopsi oleh berbagai negara di dunia dalam membatasi emisi gas buang kendaraan bermotor untuk menurunkan kadar cemaran ke dalam lingkungan. Adapun ketentuan EURO 3 telah diatur jauh lebih ketat dibandingkan EURO 2.  Dengan telah terpenuhinya standar EURO 3, emisi gas buang Vario 150 eSP seluruhnya tidak lebih dari 2,0 gram/km Karbonmonoksida (CO);  0,3 gram/km Hidrokarbon (HC) dan  0,15 gram/km Nitrogen Oksida (NOx).

3. Performa yang tinggi.

Performa motor dapat diukur melalui kecepatan maksimum dan akselerasi yang dihasilkan. Vario 150 eSP mampu menghasilkan top speed (kecepatan maksimum) 102 km/jam dan akselerasi 0-200 m dalam waktu yang cukup singkat 11,94 detik (menggunakan alat ukur performa). Kecepatan maksimum Vario 150 eSP yang tinggi ini akan membuat pengendara merasa diuntungkan di jalan lurus dan lancar untuk mencapai tujuan dalam waktu yang singkat. Sedangkan akselerasi yang reSPonsif akan sangat berguna saat beranjak dari jalanan macet atau lampu merah sehingga tidak membuat pengendara Vario 150 eSP merasa lelah karena tarikan yang lambat.

Teknologi Honda yang tak kalah keren

Selain eSP, Honda Vario 150 juga dilengkapi dengan teknologi yang canggih lainnya, diantaranya Programmable Fuel Injection (PGM FI), Idling Stop System (ISS), Combi Brake System (CBS), Answer Back System (ABS), dan LED Highlight.    

PGM FI dan ISS : Membuat Honda kian irit bahan bakar

Selain eSP, PGM FI juga memberikan andil yang sangat besar dalam efisiensi penggunaan bahan bakar. PGM FI yang tertanam dalam Vario 150 eSP merupakan sistem terintegrasi yang dikendalikan secara elektronik untuk memasok bahan bakar dan oksigen dalam kombinasi yang tepat dan akurat sesuai kebutuhan mesin di setiap keadaan melalui mekanisme injeksi. 

Sistem ini mengandalkan peran berbagai komponen sensor yang mengirimkan sinyal informasi ke pusat control mesin ECM (Engine Control Module), yang kemudian memberikan sinyal perintah ke komponen keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga optimal secara efisien dengan emisi yang ramah lingkungan.

pgm-fi-fix-572b07d44f7a616f079f9882.jpg
pgm-fi-fix-572b07d44f7a616f079f9882.jpg
Skema Kerja PGM FI dan Perbandingan dimensi Partikel Bahan Bakar-Udara hasil PGM-FI dengan Karburator (http://hondanusantarajayapurwokerto.blogspot.co.id)

Sedangkan Idling Stop System (ISS) adalah teknologi yang dirancang mampu mematikan mesin pada  saat berhenti lebih dari 3 detik atau dalam keadaan lampu merah. Untuk menghidupkan kembali, tidak perlu melakukan starter ulang, cukup dengan memutar tuas gas. Teknologi ini sangat membantu mencegah bahan bakar terbuang percuma, Lebih irit dan ramah lingkungan. Dengan demikian, performa mesin semakin optimal dan menjaga aki tetap awet.

iss-fix-572b0761709773f50b75bef7.jpg
iss-fix-572b0761709773f50b75bef7.jpg
Skema Kerja ISS pada Vario 150 eSP saat berkendara (www.welovehonda.com)

Agar ISS dapat bekerja optimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengendara, yaitu :

1. Lakukan starter dengan electric starter, bukan dengan kick starter (engkol)

2. Tekan tombol Idling Stop pada posisi “Idling Stop” (bagian bawah), ditandai dengan lampu hijau yang terdapat pada speedometer menyala secara otomatis

3. Putaran mesin standar 1700 rpm +/- 100

4. Temperatur mesin telah melebihi 60 derajat celcius

5. Motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 kilometer/jam

6. Handle gas (throttle) dalam posisi tertutup penuh

7. Motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik, maka lampu indikator akan otomatis berkedip, dan mesin akan mati secara otomatis

Combi Brake System (CBS) : Inovasi Pengereman maksimal, Hindari kejadian tak diinginkan

Sistem rem merupakan sistem yang sangat penting untuk sebuah kendaraan bermotor dalam mengurangi laju kendaraan. Tidak dapat disangkal, keselamatan seorang pengemudi maupun penumpang juga sangat bergantung pada keefektifan kerja sistem rem.  Salah satu permasalahan dalam motor matic adalah pengendara kerap terjatuh karena salah menekan tuas rem pada setang. Pada beberapa kasus, saat kecepatan tinggi justru menggunakan rem depan, bukan belakang. 

Hal ini akan dapat membahayakan si pengendara karena tergelincirnya ban depan, sementara si pengendara terpelanting ke depan.  Padahal pada kondisi ini seharusnya menggunakan rem belakang sedangkan rem depan sekedar bantuan saja. Selain itu, jika hanya mengandalkan rem ban belakang saja, akan sangat memungkinkan ban belakang terseret. Ini tentu akan merugikan ban belakang karena semakin tipis dan cepat rusak. 

Honda Vario 150 eSP hadir untuk menjawab permasalahan dan tantangan di atas ! Kejadian sebagaimana yang telah disebutkan itu dapat diminimalisir secara baik berkat adanya Teknologi Combi Brake System (CBS). Teknologi ini merupakan perpaduan yang seimbang antara rem depan dan belakang secara optimal dengan cara menarik tuas rem kiri. Rem kombinasi yang dioperasikan oleh tangan kiri ini dapat mendistribusikan energi rem roda belakang dan depan secara bersamaan. Hasilnya ? Tentu saja kerja rem menjadi lebih reSPonsif.

Selain menghindarkan ban terseret, proses pengereman dengan CBS menjadi lebih “pakem”dan mengurangi resiko bahaya akibat mengandalkan rem pada satu ban. Hal ini tentu memberikan efek yang sangat baik dalam memperlambat laju kecepatan motor akibat kejadian yang tidak diinginkan. Manfaat lain dari CBS adalah adanya perasaan nyaman dalam proses pengereman oleh si pengendara oleh sebab jatuh atau pengereman yang tidak maksimal. Selain itu, inovasi CBS juga mendorong si pengendara secara tidak langsung untuk melakukan pengereman.   

cbs-fix-fix-572b06dc8623bd5e0d44eb90.jpg
cbs-fix-fix-572b06dc8623bd5e0d44eb90.jpg
Perbandingan karakterisitik CBS dengan Penggunaan Rem depan dan atau belakang saja (modifikasi sendiri)

Tidak lupa penulis perlu sampaikan, terdapat hal-hal yang perlu diketahui pada penggunaan teknologi ini. CBS tidak akan bekerja jika pengendara turut menekan tuas rem kanan (rem ban depan). Artinya, rem belakang menjadi tidak berjalan. Walau demikian, bukan berarti tuas rem kanan tidak digunakan. 

Pengendara tetap dapat memanfaatkan rem ban depan pada kondisi pengereman yang paling memungkinkan, yaitu saat kecepatan ringan.  Pengendara juga dapat mengkombinasikan kedua tuas rem secara bergantian dari system ABS pada kecepatan yang cukup tinggi atau sedang lalu beralih menggunakan rem depan saat kecepatan sudah mulai melambat atau akan berhenti. Prinsipnya, rem depan hanya digunakan sebagai pembantu agar perlambatan laju motor berjalan optimal.

Answer Back System (ABS) : Tidak perlu bingung saat parkir !

Ya, tidak perlu bingung saat memarkir motor. Teknologi Answer Back System (ABS) memungkinkan pengendara dengan mudah menemukan posisi motor di tempat parkir. Dengan menekan tombol pada remote yang terintegrasi dengan kunci, motor akan memberi reSPon suara “bip” diiringi seluruh lampu sein yang berkelip. Dengan fitur ini maka pengguna akan terbantu dalam mendeteksi keberadaan motor secara otomatis seperti halnya feedback alarm pada mobil.

Hal yang menarik pada sistem ABS ini adalah kita dapat mengatur volume reSPon/alarm ABS, memilih jenis nada alarm, dan menonaktifkan alarm (hanya respon lampu sein). Menarik bukan ?

abs-5729cfa18c7e611c052b95f2.jpg
abs-5729cfa18c7e611c052b95f2.jpg
Aplikasi Fitur Answer Back System (ABS) (www.bintangmotor.com)

Lampu LED Highlight :  Terang maksimal, tahan lama, ramah lingkungan

Hal yang tidak kalah penting dalam kendaraan roda dua adalah intensitas pencahayaan pada lampu depan. Banyaknya ruas jalan yang masih belum seluruhnya mendapatkan penerangan di Indonesia semakin menjadikan pencahayaan lampu depan motor kian dibutuhkan. Belum lagi ditambah permasalahan lampu depan motor yang kadang terdistorsi dan sifatnya yang cepat panas sehingga dapat memperpendek usia lampu.

Namun kini pengendara tidak perlu khawatir. Aplikasi lampu LED pada bagian depan skutik ini terbukti mampu memberikan penerangan yang lebih maksimal hingga 80 persen dengan efisiensi listrik yang juga lebih hemat hingga 80 persen disebabkan oleh daya lampu yang sedikit. Selain itu, LED pada Vario juga tidak cepat panas sehingga makin menambah usia lampu.

LED pada Vario varian terbaru ini juga mampu menghasilkan cahaya yang tidak mendistorsi warna sekitar sehingga aman digunakan malam hari. Tidak hanya itu, penggunaan LED memiliki dampak yang ramah lingkungan karena tidak mengandung zat berbahaya seperti sinar UV dan merkuri (Hg) yang membahayakan. So, tidak perlu risau berkendara pada malam hari.. ^^ 

led-fix-572b0658f1927344079f6b79.jpg
led-fix-572b0658f1927344079f6b79.jpg
LED Highlight Vario 150 eSP dan keunggulannya (www.welovehonda.com)

Fitur dan Desain Menarik Vario 150 eSP

Selain didukung 6 (enam) teknologi canggih, Vario 150 ESP juga dilengkapi dengan berbagai fitur dan desain yang menawan.

fitur-1-desain-572b2adab69373cd0c069979.jpg
fitur-1-desain-572b2adab69373cd0c069979.jpg
Fitur Panel meter, Muffler and Air Fan, Tubeless Tires, dan Side Stand pada Vario 150 eSP  (www.welovehonda.com)

Improved Brake Lock : Rem Parkir yang memudahkan

Fungsi fitur ini adalah sebagai rem parkir, hanya saja bedanya rem parkir atau fitur Improved Brake Lock pada All-New Honda Vario 150 eSP ini di letakkan di atas tuas rem belakang yang membuatnya lebih mudah untuk digunakan bahkan dengan menggunakan satu jari sekalipun.

Integrated Key Shutter with Seat Opener : Memberi Keamanan Motor anda

Kunci kontak All-New Honda Vario 150 eSP juga tetap dibekali dengan fitur pelindung magnet yang sudah terintegrasi dengan tombol pembuka jok. Selain memberikan keamanan lebih pada motor Anda, fitur ini juga memudahkan Anda untuk membuka jok tanpa harus melepas kunci kontak.

Standar Samping : Tak perlu khawatir karena Lupa
Fitur ini sebenarnya merupakan fitur lama yang telah digunakan pada varian sebelumnya. Namun adanya fitur ini pada varian terbaru Vario telah menegaskan bahwa Honda komitmen mengusung safety riding. Fitur ini membuat mesin tidak akan hidup saat standar samping masih terbuka. Hasilnya, Anda pun bisa berkendara dengan aman mengingat tak jarang dari kita biasanya lupa menaikkan lagi standar samping saat berkendara yang tentunya bisa membahayakan.

fitur-2-desain-572b2b5f7097731f0e75beb9.jpg
fitur-2-desain-572b2b5f7097731f0e75beb9.jpg
Fitur U-Box dan 3d Emblem pada Vario 150 eSP (www.welovehonda.com)

Roda yang menawan : Berkendara penuh gaya

Penggunaan ban tubeless (tanpa ban dalam) menjadi salah satu keunggulan skutik terbaru Honda ini. Dengan ban tubeless, kehabisan angin saat tertancap paku tidak akan segera terjadi  sebagaimana pada ban biasa. Selain itu, desain pelek baru yang lebih simpel dengan model sepasang jari-jari yang lebih indah dipandang membuat berkendara semakin penuh gaya.  

Pijakan Kaki lebih lapang

Pijakan kaki yang lapang dalam Vario 150 eSP juga menjadi keunggulan tersendiri. Kenyamanan berkendara menjadi lebih terasa terutama saat berkendara untuk perjalanan yang cukup jauh.

U-Box 18 Liter : Jok serbaguna yang besar

Tempat penyimpanan di bawah jok yang mencapai 18 liter pada Vario 150 eSP ini mampu menyimpan cukup banyak barang-barang bawaan. Hal ini tentunya dapat bermanfaat bagi pengendara dalam membawa sekaligus mengamankan barang bawaan.

Double Inner Rack multifungsi

Rak kanan dan kiri di bawah setang ini tetap diaplikasikan pada Vario 150 eSP. Keberadaan double inner rack ini memberikan manfaat bagi pengendara dalam menyimpan barang bawaan yang lebih kecil tanpa perlu menyimpan di dalam jok.

Dynamic Panel Meter yang Informatif

Panel meter pada setang Vario 150 ESP menghadirkan desain yang cantik. Selain itu, tampilan panel meter juga sangat Informatif dan memudahkan pengendara memperoleh informasi dengan mudah.

New Muffler and Air Fan Design : Mewah dan Elegan

Fungsi Knalpot pada motor sejatinya memang digunakan untuk meredam suara, mengurangi emisi gas buang dan meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Namun pada Vario 150 ESP, tampilan knalpot turut menjadi prioritas penting dalam mendukung desain Vario 150 ESP yang sempurna. Knalpot hitam dibalut garnish penutup knalpot yang futuristic membuat tampilan Vario semakin menawan. Belum lagi ditambah garnish penutup air fan radiator yang keren juga mendukung kesan mewah pada vario yang satu ini.

Wing Mark 3D Emblem

Kesan mewah juga terlihat dengan adanya Wing Mark Logo Honda. Berbeda dengan varian sebelumnya, wing mark logo Honda pada Vario 150 ESP menampilkan logo tiga dimensi yang bisa dirasakan dengan sentuhan.

New Dual Keen Eyes LED Highlight

Selain mewah, Dua mata elang yang tajam pada desain lampu depan Vario 150 ESP menjadikan motor ini terlihat lebih agresif. Mengendarai Vario 150 ESP menjadi tidak kalah “berani” dibanding motor Sport.

Pilihan Warna Vario 150 eSP

Selain dipenuhi dengan berbagai fitur menarik, Honda Vario 150 eSP menawarkan beragam pilihan warna yang tak kalah menarik sesuai selera

pilihan-warna-572b3628c0afbd01093c732d.jpg
pilihan-warna-572b3628c0afbd01093c732d.jpg
Pilihan Warna Vario 150 eSP (www.welovehonda.com)

Penutup

Setelah mengetahui berbagai inovasi teknologi, fitur dan desain pada Honda Vario 150 eSP, rasanya tidak berlebihan jika menyatakan Vario 150 sempurna. Bersama Vario 150 eSP, rasa percaya diri dalam berkendara akan lebih terasa berkat segudang keunggulan yang tidak didapat pada motor matic lain. Maka jangan coba-coba pilih-pilih matic sebelum dibandingkan dengan seluruh fitur Vario 150 eSP ya...   

Referensi :

http://www.welovehonda.com

http://www.iotomotif.com/

http://www.astramotor.co.id/

https://www.semisena.com

http://www.motorsterbaru.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun