Nah apa sih itu Organisasi dan perlukah itu ? Pertanyaan yang sering ditanyakan. Nah mari kita bahas pengertian organisasi. Organisasi adalah tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Beberapa pengertian yaituÂ
1. Robbins Pada tahun 1994 Â Organisasi adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relative dapat diidentifikasi, yang bekerja .
2. James D. Mooney, Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mewujudkan tujuan bersama.Â
Ciri ciri organisasi :
- Â Adanya Komponen ( contohnya dalam perusahaan pastinya ada Atasan dan Bawahan )
- Adanya kerja sama ( Kerja sama sangat Penting untuk meningkatkan sebuah organisasi menjadi lebih baik )
- Adanya Tujuan ( Sebuah Organisasi harus memiliki tujuan , jika tidak ada organisasi itu tidak berjalan lancar )Â
- Adanya sasaranÂ
- Â Adanya keterkaitan format dan tata tertib yang harus dilaksanakan
Komponen Organisasi :
- Â MakroÂ
  di dalamnya memiliki komponen :
- Â Struktur OrganisasiÂ
- Â Lingkungan Organisasi
- Strategi Organisasi
- Budaya Organisasi
   2.  Mikro :
  di dalamnya memiliki komponen :
- Perilaku Individu
- Motivasi
- Kepemimpinan
- KekuasaanÂ
- konflik
- Komunikasi
Tujuan OrganisasiÂ
- Jangka Pendek
- Jangka Menengah
- Jangka Panjang
Fungsi Organisasi :
- Planning ( Perencanaan )
- Organizing ( pengorganisasian )
- Actualing ( Â Aktual )
- Controling ( Mengontrol )
Bentuk Bentuk Organisasi :
 1. Organisasi Politik
2. Organisasi Sosial
3. Organisasi Mahasiswa
4. Organisasi Sekolah
5. Organisasi Negara
dst..
terimakasih
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H